Digital Marketing Untuk Bisnis UKM

https://undercover.co.id – Digital Marketing Untuk Bisnis UKM , Istilah UKM akhir-akhir ini sering diperdengarkan. Setiap negara menetapkan definisi sendiri tentang UKM, jadi tidak ada definisi UKM yang berlaku secara global.

Di indonesia sendiri, UKM (Usaha Kecil dan Menengah) merupakan suatu istilah yang mengacu kepada jenias usaha kecil dengan kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000 tidak termasuk tanah dan tempat bangunan usaha dengan usaha yang berdiri sendiri.

Pentingnya Bisnis UKM

UKM di suatu negara memang memiliki peranan penting, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mendukung fleksibilitas ekonomi. Perusahaan besar cenderung berfokus pada peningkatan produk lama untuk menghasilkan jumlah yang lebih banyak dan mendapat manfaat umum dari dimensi ekonomi sehingga tidak fleksibel. Sedangkan UKM memiliki fleksibilitas ekonomi dengan penciptaan produk atau layanan baru, sehingga mampu beradaptasi lebih cepat dengan kebutuhan pasar.
  2. Menciptakan perekonomian yang lebih kompetitif dan sehat. Hal ini dikarenakan UKM merangsang persaingan untuk desain produk, harga dan efisiensi. Tanpa UKM maka dimungkinkan perusahaan besar akan memonopoli hampir semua bidang kegiatan.
  3. Membantu perusahaan besar. Di beberapa area operasi yang lebih mampu di suplai UKM dapat membantu perusahaan besar.

Pentingnya UKM juga telah diakui oleh pemerintah. Oleh karena itu, pemerintah menawarkan intensif reguler kepada UKM, seperti akses yang lebih mudah kepinjaman, perlakuan pajak yang lebih baik, bahkan di masa pandemi ini para pelaku UKM mendapat bantuan dari pemerintah.

image size-full">
Digital Marketing Untuk Bisnis UKM

Mendirikan Bisnis UKM

Saat akan mendirikan bisnis UKM, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut.

  1. Rencana Bisnis UKM
  2. Manajemen yang Jelas

Manajemen usaha merupakan langkah awal yang perlu diperhatikan. Meski kegiatan bisnis yang dilakoni terasa sederhana, namun manajemen bisnis ini harus kuat. Misalnya dengan mengelola keuangan dengan baik serta melakukan pembukuan yang diatur sebaik mungkin dan merekrut karyawan. Sehingga kelangsungan usaha dapat berjalan dengan baik karena manajemen yang jelas.

Analisis Pasar

Anda mungkin bukan satu-satunya yang ingin menawarkan produk di pasar. Tidak hanya investor, tetapi pelanggan potensial juga ingin tahu apa yang ada dalam rencana bisnis anda dan bagaimana pasar akan bereaksi terhadap produk atau layanan anda. Anda harus menyajikan riset untuk target pasar yang sesuai dengan bisnis yang akan dijalankan.

Dengan menunjukkan memahami target market anda dan apa yang membuat produk anda cocok dengan pasar, pelanggan potensial akan melihat manfaat menggunakan produk atau layanan Anda. Karena semua orang ingin tahu apa untungnya bagi mereka, ketika memutuskan untuk mengikuti bisnis atau membeli sesuatu.

Rencana Distribusi

Anda harus memilih dengan tepat tentang bagaimana bisnis anda dapat menjual dan mendistribusikan produk atau layanannya.

Metode yang Anda rencanakan untuk digunakan harus dijelaskan secara komprehensif dalam rencana bisnis Anda. Selain itu, jelaskan semua jumlah biaya yang diperlukan, misalnya logistik ke pergudangan dan pengaturan proses pengiriman. Kemudian pilihlah lokasi yang strategis dan relevan dengan produk bisnis UKM anda.

Digital Marketing Untuk Bisnis UKM

Keunggulan Kompetitif yang Unik

Keunggulan kompetitif adalah salah satu bahan utama rencana bisnis UKM yang kuat. Anda dapat memposisikan diri dengan menghadirkan beberapa ciri khas. Misalnya dengan memiliki paten unik, hak cipta atau teknologi baru yang ingin anda pamerkan kepada dunia.

Kekuatan Tim

Agar dapat memberi anda keuntungan besar saat mengajukan ide bisnis kecil kepada investor. Juga agar semakin memperkuat kepercayaan yang dimiliki klien potensial untuk bisnis anda.

Maka jika UKM termasuk tim manajemen atau pekerja terampil lainnya yang berkualifikasi tinggi, maka hal ini dapat dipamerkan. Karena semua orang ingin bekerja dengan para ahli yang berpengalaman di bidangnya. Itulah mengapa penting untuk menunjukkan kualitas apa yang dimiliki tim manajemen anda.

Tujuan Realistis

Sebagai pelaku bisnis harus selalu bertujuan untuk melihat gambaran nyata dari bisnis agar rencana bisnis UKM kuat. Perlu untuk realistis dalam mengartikulasikan beberapa asumsi yang masuk akal. Tetapi sekali lagi, asumsi tersebut harus dilakukan melalui riset pasar yang baik sejak awal.

Digital Marketing Untuk Bisnis UKM

Administrasi

Agar terdaftar secara resmi maka suatu bidang usaha harus memenuhi administrasi dengan melengkapi beberapa dokumen.

  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). Sebagai bukti legalitas usahanya, UKM sekalipun wajib memiliki dokumen SIUP.
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak). NPWP wajib dimiliki dengan memakai nama pemilik/penanggung jawab perusahaan.
  • Izin Gangguan. Sebagai bentuk izin pendirian usaha di lokasi tertentu maka izin gangguan perlu dikeluarkan. Karena bisa jadi bisnis UKM yang dijalankan menimbulkan bahaya, gangguan atau kerugian.
  • Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Sebenarnya usaha yang masih bertaraf UKM tidak perlu mengajukan permintaan pembuatan TDP. Namun jika memang diperlukan, dokumen ini tetap bisa diurus.

Syarat Mendapat Bantuan UKM

Di masa pandemi seperti ini, tidak sedikit berdampak pada para pelaku UKM. Jika bisnis UKM yang anda jalankan membutuhkan bantuan, maka bisa mendaftar dengan mengumpulkan beberapa syarat, yaitu.

  • Merupakan WNI dan memiliki KTP.
  • Memiliki usaha dengan bukti surat BPUM (BantuaN Produktif Usaha Mikro) dan lampirannya.
  • Tidak menerima Kredit Usaha (KUR) dari Koperasi.
  • Bukan ASN, Pegawai BUMN/BUMD atau anggota TNI/Polri.

Cara Mengembangkan Bisnis UKM

Setelah rencana bisnis UKM dapat terwujud, maka hal yang juga perlu diperhatikan cara mengembangkan bisnis UKM yaitu sebagai berikut.

  1. Menarik Bakat dan Menempatkan Karyawan Pada Posisi yang Tepat

Dengan berfokus pada setiap individu karyawan, UKM dapat menciptakan budaya tempat kerjayang lebih kohesif. Sehingga mendorong hubungan pribadi yang lebih erat. Pergeseran ini terjadi bersamaan dengan terobosan teknologi yang meningkatkan konektivitas lintas jarak dan memudahkan tim untuk berkolaborasi secara efisien.

  • Memanfaatkan Potensi Teknologi Digital Terkini

UKM dapat maju dengan mengembangkan kemitraan strategis dengan perusahaan data besar. Masa depan akan mengharuskan mereka untuk menghasilkan wawasan klien yang mendalam yang melampaui basis mereka saat ini. Banyak platform digital yang dapat dimanfaatkan, misalnya Alibaba bahkan menawarkan Platform Bisnis Kecil yang dapat membantu UKM menghadapi tantangan paling mendesak saat ini sambil mempersiapkan kesuksesan di masa depan.

Digital Marketing Untuk Bisnis UKM

Bisnis UKM Via Digital Marketing

Migrasi digital yang didorong oleh pandemi menghadirkan peluang besar bagi UKM untuk memanfaatkan teknologi pemasaran digital. Terdapat beberapa platform yang dapat digunakan yang masing-masing memiliki manfaat dan tips nya masing-masing, yaitu sebagai berikut.

Website sebagai Rumah

Jika bisnis UKM yang dijalankan dengan pemasaran offline, maka biasanya memiliki tempat atau toko. Saat produk bisnis UKM dipasarkan via digital marketing juga harus memiliki rumah melalui website. Sehingga website ini dapat digunakan untuk memperkenalkan bisnis UKM anda. Berikut beberapa tips penggunaan website untuk sebagai bagian dari promosi bisnis UKM.

  • Nama yang menarik dan mudah diingat pelanggan potensial.
  • Logo dan packaging yang unik.
  • Foto dan video yang bagus secara kualitas.
  • Manfaatkan SEO untuk membantu memastika traffic bisnis dalam jangka waktu yang panjang dan membantu website lebih optimal.
  • Media Sosial

Media sosial dapat dijadikan platform dalam mempromosikan sebuah produk. Media sosial ini seperti Facebook, Instagram dan Tiktok. Dengan media sosial ini bisnis UKM berpeluang mendapatkan banyak pelanggan potensial. Beberapa tips yang perlu diperhatikan sebagai berikut.

  • Buatlah akun bisnis khusus di media sosial jangan akun pribadi.
  • Foto profil dapat menggunakan logo dan lengkapi profil produk.
  • Maksimalkan fitur di setiap media sosial.
  • Buat konten yang menarik minat dan tepat sasaran.
  • Untuk mempromosikan bisnis, buatlah diskon eksklusif media sosial, penawaran kilat dan penawaran waktu terbatas atau jumlah terbatas dan kode promosi.
  • Iklan Berbayar

Iklan berbayarmerupakan cara untuk mempromosikan sebuah bisnis melalui iklan digital. Dapat melalui berbagai macam iklan seperti Google Ads, Facebook Ads atau Instagram Ads. Pastikan untuk menganalisis terlebih dahulu denga target market anda sebelum memilih tempat iklan digital.

baca juga

    Bisnis UKM via digital marketing agar maksimal gunakan data analitik pada paltform yang dipilih. Hal ini digunakan untuk mengetahui apakah pemasaran yang dipilih sudah tepat atau belum. Setelah dievaluasi maka anda dapat terus meningkatkan bisnis UKM yang dijalankan.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!