Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

https://undercover.co.id – Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran , Pekerjaan dengan memiliki dan mengoperasikan restoran adalah impian bagi calon pengusaha. Namun, karena pandemi memaksa restoran untuk menghentikan makan di dalam ruangan atau bahkan menutup pintu mereka secara permanen.

Dalam memenuhi tantangan saat ini, meski restoran telah memiliki lokasi tetap agar tetap terjangkau oleh banyak orang maka restoran memanfaatkan digital marketing dalam menjalankan bisnis restoran. Selain itu, dengan memenuhi peraturan protokol kesehatan juga beberapa restoran tetap dapat beroperasi di lokasi secara langsung.

Cara Memulai Bisnis Restoran

Dalam memulai sebuah bisnis restoran terdapat beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

Menulis Rencana Bisnis Restoran

Seperti bisnis baru lainnya, memulai sebuah bisnis restoran juga membutuhkan rencana bisnis yang solid. Rencana bisnis restoran dibagi menjadi beberapa bagian yang menggambarkan semua aspek bisnis baru anda, mulai dari konsep restoran hingga keuangan Anda.

Hal ini bertujuan untuk membantu anda menyempurnakan detail yang lebih baik dan meringkas bisnis anda kepada calon investor.

Oleh karena itu anda harus merancang rencana bisnis restoran dengan menuliskannya. Prinsip rencana bisnis restoran ini misalnya dengan tinjauan dan deskripsi perusahaan, struktur manajemen dan kepemilihan, kebutuhan karyawan, analisis market dan pesaing, srategi advertising dan marketing, dan proyeksi dan ringkasan finansial.

Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

Menentukan Konsep dan Merek Restoran

Apabila anda mempunyai keinginan membuka bisnis restoran, maka hal pertama yang harus direncanakan adalah konsep restoran yang anda inginkan.

Konsep disini juga harus mencakup jenis restoran yang ingin anda buka, gaya masakan yang akan anda sajikan, dan gaya layanan yang akan anda gunakan.

Misalnya anda ingin menggunakan konsep kasual dengan masakan ramen atau konsep restoran mewanh dengan menu tradisional Italia.

Merek restoran yang digunakan harus lebih spesifik, hal ini juga sebagai cara yang anda pilih untuk mengkomunikasikan misi dan identitas bisnis restoran anda kepada publik.

Jasa

Jadi anda harus menampilkan citra merek anda dalam nama restoran, logo, desain menu dan barang dagangan yang di jual.

Apabila anda sudah memikirkan lokasi untuk bisnis restoran yang akan anda bangun, demografi area tersebut harus digunakan untuk membentuk konsep anda. Karena jika anda memulai dengan konsep terlebih dahulu, maka anda harus memilih lokasi dengan demografi yang dapat mendukungnya.

Membuat Menu Restoran

Langkah kreatif berikutnya dalam proses membuka restoran adalah membangun menu restoran. Buat keputusan anda dengan hati-hati dan pilih item menu mana yang akan ditampilkan. Menu yang ditampilkan harus menyenangkan bagi pecinta makanan manapun. Anda bisa menentukan dengan mempertimbangkan demografi.

Misalnya anda akan membuka bisnis restoran dekat dengan perguruan tinggi, maka menu restoran harus disesuaikan dengan pelanggan usia kuliah.

Selain itu, menu yang sudah anda pilih akan menentukan jenis peralatan yang anda perlukan dan keterampilan yang harus ada dalam staf anda. Misalnya, jika pizza adalah menu pilihan anda, maka anda memerlukan mixer adonan, proofer, dan koki berpengalaman yang tahu cara menangani adonan pizza.

Jasa

Pemasok Peralatan dan Makanan

Dapur anda harus dilengkapi dengan peralatan yang tepat agar bisnis restoran dapat terlaksana dengan benar. Terdapat beberapa jenis peralatan yang dibutuhkan setiap restoran, seperti unit pendingin dan peralatan memasak atau tergantung pada menu anda.

Selain itu, hal yang memengaruhi beberapa pilihan anda adalah ukuran dan tata letak dapur anda seperti apakah akan memilih peralatan dengan kedalaman yang sempit atau menggandakan unit tumpukan untuk menghemat ruang.

Anda juga harus mencari pemasok untuk makanan sekali pakai, dan semua barang yang akan dipesan ulang secara teratur. Bekerja dengan pemasok yang menawarkan diskon keanggotaan dan pengiriman gratis akan menghemat uang anda saat memesan persediaan dalam jumlah besar.

Memilih Lokasi Restoran

Saat memilih lokasi untuk bisnis restoran baru anda, terdapat faktor-faktor yang perlu diperhatikan. Seperti lokasi dengan visibilitas baik yang menerima banyak lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki. Pertimbangkan ketersediaan tempat parkir dan kemudahan akses untuk mobil dan pejalan kaki.

Jasa

Kemudian target market restoran harus sesuai dengan demografi area. Biaya tenaga kerja yang meruoakan biaya tenaga kerja anda akan bervariasi tergantung pada lokasi. Di daerah di mana biaya hidup lebih tinggi, maka anda harus membayar upah yang lebih tinggi untuk menarik karyawan yang baik.

Selain itum dalam pemilihan lokasi terdapat kompetisi lokal dengan belajar banyak dengan melihat restoran pesaing di daerah anda.

Kuncinya adalah memilih lokasi di mana restoran serupa berhasil, tetapi hindari lingkungan yang dipenuhi restoran yang bersaing langsung dengan konsep anda. Ketika memilih lokasi, maka dapat memilih sewa. Ini memungkinkan anda lebih fleksibel jikamemutuskan untuk memperluas atau membuat perubahan bisnis lain saat pertama kali memulai.

Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

Mendapat Dana

Dalam memulai bisnis restoran baru maka harus mendapatkan dana. Sebagian besar dari kita tidak memiliki cukup modal untuk menutupi biaya membuka restoran tanpa bantuan keuangan. Mendapatkan dana dari sumber luar akan menentukan apakah anda dapat mewujudkan impian anda tentang kepemilikan restoran.

Jasa

Mulailah dengan memperkirakan total biaya pembukaan restoran dan biaya yang dibutuhkan untuk operasional sehari-hari. Gunakan informasi ini untuk membuat anggaran dan memperkirakan total biaya menjalankan restoran untuk tahun depan.

Denga anggaran restoran anda sekarang, bandingkan total biaya dengan jumlah modal yang dimiliki untuk menentukan berapa banyak dana yang diperlukan. Ingatlah untuk memasukkan biaya lisensi, peralatan, perbaikan gedung, dan gaji staf.

Membangun Bisnis Restoran

Setelah memulai bisnis restoran maka bisnis tersebut harus dikembangkan dengan beberapa cara, diantaranya adalah sebagai berikut.

Rancangan Tata Letak dan Ruang Restoran

Meskipun bisnis restoran yang akan anda jalankan memanfaatkan digital marketing, namun bukan berarti tidak memperhatikan tata letak dan ruang restoran.

Justru dengan memperhatikan kedua hal tersebut dapat membuat bisnis anda berkembang, apabila memiliki ciri khas.

Dalam mendesain tata letak restoran baru ini, maka memerhatian ruang depan dan ruang belakang restoran anda.

Bangun ruangan agar memiliki keunikan tersendiri. Pertimbangkan untuk bekerja dengan pakar industri untuk membuat tata letak desain khusus yang memenuhi kebutuhan anda, apabila budget mendukung. Dalam mendesain tata letak ruang restoran, ingat beberapa faktor seperti kapasitas tempat duduk, perabot ruang makan dan kebersihan.

Pekerja yang Tepat

Bisnis restoran yang anda bangun akan berkembang dengan kerja sama. Maka bangun budaya kerja yang hebat dari awal. Maka rekrut karyawan anda yang ahli di bidangnya seperti staf dapur dan staf front of house.

Kemudian mulailah dengan mempekerjakan tim manajemen anda sehingga mereka dapat membantu menjalankan misi dan tujuan perekrutan anda.

Adakan Soft Opening

Soft opening dapat membantu anda mempersiapkan pembukaan restoran baru yang sesungguhnya. Undanglah tamu dalam jumlah terbatas untuk menghadiri soft opening anda,

biasanya teman dan keluarga staf Anda. Strategi ini memungkinkan untuk mengatasi kekusutan dalam layanan Anda.

Digital Marketing Untuk Bisnis Restoran

Manfaat dan Tips Berjualan Dengan Mengoptimalkan Situs Website Untuk Bisnis Restoran

Situs website ini dapat dijadikan seperti restoran anda dalam bentuk online. Disini anda dapat memperkenalkan bisnis anda, menu restoran anda, deskripsi serta harga dari produk yang anda jual.

Disitu web juga anda dapat langsung berkomunikasi denga pelanggan atau calon pelanggan. Sehingga dengan mengoptimalkan situs web, calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan dan mencari tahu tentang bisnis restoran anda.

Desain Web

Setelah anda mendapatkan domain dan hosting di situs web, maka anda perlu mendesain situs web sebaik mungkin.

Pastikan bahwa situs web yang anda bangun ramah seluler, karena kemungkinan calon pelanggan anda akan mencari restoran di perangkat seluler mereka.

Kemudian tampilkan menu yang dapat dibaca dan diperbarui, pastikan menu mudah dibaca di desktop dan perangkat seluler dan tidak perlu memperbesargambar.

Sebagai pengoptimalan lebih lanjut, tambahkan tag nama ke semua gambar Anda sehingga mesin telusur tahu persis makanan apa yang ditampilkan.

Dalam situs web juga harus ada ajakan bertindak, jika ingin mereka menelepon restoran atau membuat reservasi online, buat tombol-tombol itu menonjol di situs web dan pastikan tidak perlu menggulir agar mereka menelepon atau membuat reservasi untuk makan malam.

Cantumkan jam buka dan pemesanan online, sebagai kesempatan untuk memasuki salah satu area untuk memperbanyak pelanggan.

Optimasi Mesin Pencari

Kemungkinan besar SEO cukup dekat dalam mengoptimalkan situs web. Apabila memiliki situs web anda ditautkan ke situs web otoritatif lainnya akan membantu meningkatkan bisnis anda di mesin pencari.

Apabila bisnis telah ditampilkan dalam panduan rekomendasi restoran atau di outlet berita, hubungi dan tanyakan apakah mereka dapat menautkan kembali ke situs web anda jika belum.

baca juga

    Pantau dan Dapatkan Ulasan Positif

    Luangkan waktu di akhir makan pelanggan anda untuk meminta mereka meninggalkan ulasan di platform pilihan anda, atau menindaklanjuti kunjungan mereka dengan email yang berterima kasih atas kunjungan mereka dan meminta mereka untuk meninggalkan ulasan.

    Kemudian apakah ulasan itu baik atau buruk, luangkan waktu untuk menanggapi pelanggan.

    Maka setelah membangun situs web dengan baik, maka bisnis restoran anda akan semakin banyak dikenal.

    Hal ini dikarenakan tidak sedikit orang yang dalam sehari-harinya tidak bisa jauh dari mesin pencarian google.

    Maka saat mereka mencari kata kunci yang berkaitan dengan bisnis restoran anda, maka hasil pencarian teratas dengan ulasan positif dari pelanggan agar membuat pelanggan lain tertarik dan pelanggan tetap akan melakukan pemesanan kembali.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!