Kluster Kata Kunci: Strategi Konten SEO Tingkat Lanjut untuk SERP Kompetitif

SEO UNDERCOVER CO ID 24

Cluster kata kunci adalah strategi konten SEO yang lebih canggih yang dapat memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan untuk menang dalam persaingan vertikal.

  • Apa itu Kluster Kata Kunci?
  • Cara Membuat Kluster Kata Kunci & Topik
  • Langkah 1: Buat Daftar Kata Kunci Anda
  • Langkah 2: Segmentasikan Kata Kunci Anda Ke Dalam Grup
  • Pengamatan Lebih Dekat pada Dua Kelompok Kata Kunci
  • Apakah Pengelompokan Kata Kunci Benar-benar Layak untuk Semua Pekerjaan?


Selama beberapa tahun terakhir, tim teknik Google telah mengarahkan fokusnya pada pemrosesan bahasa alami dan pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana konten pada halaman saling terkait.

Pencocokan saraf membantu Google memahami sinonim. BERT membantu Google memahami kata depan yang rumit itu.

Dengan setiap pembaruan inti, Google mendapatkan lebih banyak literatur.

Tetapi meskipun Google semakin pintar, banyak pemilik situs masih mengoptimalkan situs web mereka hanya dengan mempertimbangkan beberapa target kata kunci .

Ini adalah praktik yang sudah ketinggalan zaman, terutama ketika kita tahu bahwa halaman arahan kita sering kali mendapatkan peringkat untuk ratusan kata kunci.

Bagi kita yang telah mengikuti sejak awal Google, ini terasa seperti dunia baru yang berani untuk SEO pada halaman.

Karena kemampuan NLP Google terus meningkat, strategi SEO di halaman kami juga perlu berkembang untuk mencerminkan kemajuan tersebut dalam penelusuran.

Jadi, bagaimana cara kita meningkatkan pengoptimalan pada halaman agar sesuai dengan teknologi Google?

Pengelompokan kata kunci adalah jawabannya.

Apa itu Kluster Kata Kunci?


Kelompok kata kunci adalah kelompok kata kunci yang mewakili pencari dengan niat membeli yang serupa.

Misalnya, “tirai linen”, “tirai jendela linen”, dan, “tirai linen putih”, adalah frasa kata kunci yang berbeda, tetapi semuanya mewakili penelusur yang ingin membeli tirai linen.

Data volume penelusuran kata kunci untuk “tirai linen”

Misalkan merek Anda menjual tirai linen. Jika Anda hanya mencoba memberi peringkat untuk kata kunci pertama, Anda akhirnya membatasi pangsa pasar Anda.

Jika Anda malah mendapatkan peringkat halaman web Anda untuk kata kunci utama dan varian ekor panjang serta subtopik terkait, halaman Anda akan sering mendapatkan peringkat 10-20x jumlah kata kunci dan mengambil lebih banyak lalu lintas secara signifikan.

Cara Membuat Kluster Kata Kunci & Topik


Untuk memanfaatkan kekuatan cluster kata kunci, penting untuk dicatat bahwa strategi ini membutuhkan lebih banyak waktu dan sumber daya daripada pendekatan satu-dan-selesai untuk pengoptimalan situs web.

Ini membutuhkan lebih banyak penelitian kata kunci, lebih banyak pembuatan konten, dan lebih banyak pekerjaan untuk tim SEO dan pemasaran Anda.

Namun pada akhirnya, membangun kelompok topik di situs web Anda akan membuatnya lebih ramah Google dan ramah pengguna. Manfaat pengelompokan kata kunci meliputi:

  • Peringkat kuat untuk kata kunci berekor panjang.
  • Peningkatan peringkat untuk kata kunci ekor pendek.
  • Lalu lintas organik yang lebih tinggi.
  • Peningkatan peringkat yang lebih cepat di SERP.
  • Lebih banyak peluang untuk tautan internal.
  • Membangun keahlian dan otoritas konten di ceruk industri Anda.


Berikut penjelasan singkat tentang cara melakukan pengelompokan kata kunci dan cara membangun strategi konten di sekitar kluster tersebut.


Langkah 1: Buat Daftar Kata Kunci Anda


Pengelompokan kata kunci dimulai dengan penelitian kata kunci. Banyak sekali.

Pikirkan kata kunci utama yang Anda inginkan untuk peringkat situs web Anda.

Kemudian, identifikasi semua variasi, frasa berekor panjang, dan subtopik dari kata kunci yang digunakan pencari.

Untuk memulai, lihat pesaing Anda untuk melihat kata kunci apa yang mereka rangking saat ini.

Kemudian gunakan alat kata kunci untuk menemukan kata kunci terkait, pelengkapan otomatis, subtopik, atau pertanyaan yang digunakan penelusur untuk menemukan produk dan layanan seperti milik Anda.

saran kata kunci terkait di alat penjelajah kata kunciContoh saran kata kunci terkait
Ada beberapa cara berbeda untuk mendokumentasikan penelitian kata kunci Anda, tetapi solusi paling sederhana adalah menggunakan spreadsheet.

Pastikan untuk memasukkan kesulitan organik, volume pencarian, dan metrik biaya per klik dari kata kunci di daftar Anda.

penelitian cluster kata kunci manual dalam spreadsheetContoh penelitian kata kunci manual menggunakan spreadsheet
Metrik ini akan membantu Anda memprioritaskan kata kunci mana yang memiliki nilai paling ekonomis dan harus menjadi kata kunci “inti” di kluster Anda.

Beberapa profesional SEO mengidentifikasi ribuan kata kunci dalam penelitian mereka. Jika Anda baru saja memulai strategi ini, seratus frasa kata kunci kemungkinan cukup untuk mengidentifikasi beberapa kelompok topik berbeda yang dapat Anda buat di situs web Anda.

Saat Anda membuat daftar kata kunci, perhatikan pentingnya relevansi dan maksud penelusuran.

Anda hanya ingin memasukkan kata kunci yang akan membawa jenis pencari yang tepat ke situs web Anda, mereka yang benar-benar tertarik dengan produk atau layanan yang Anda tawarkan dan kemungkinan besar akan berkonversi.

Langkah 2: Segmentasikan Kata Kunci Anda Ke Dalam Grup


Setelah Anda memiliki daftar kata kunci yang ekstensif, Anda akan mulai memperhatikan pola dalam kata kunci Anda.

Anda mungkin memperhatikan kata, frasa, sinonim, atau subtopik yang sama yang dimasukkan pengguna dalam kueri penelusuran mereka. Pola ini menunjukkan cara potensial Anda dapat mengelompokkan dan membentuk grup kata kunci.

Gambar di bawah ini adalah contoh penelitian kata kunci untuk platform perangkat lunak yang membantu bisnis merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan.

contoh penelitian kata kunci manual dalam spreadsheet

Berikut adalah kriteria yang harus Anda gunakan untuk menyegmentasikan kata kunci tersebut ke dalam kelompok.

Relevansi Semantik

Kata kunci dalam kluster Anda harus memiliki maksud penelusuran yang serupa.

Jika Anda mencoba untuk mengoptimalkan halaman arahan untuk kata kunci yang terlalu berbeda, itu akan membuat konten kurang dapat dibaca dan membingungkan Google tentang apa sebenarnya konten halaman Anda.

Volume Pencarian dan BPK

Kata kunci inti dalam cluster Anda harus memiliki volume pencarian yang wajar (jika tidak, Anda tidak akan mengoptimalkannya).

Mereka juga harus memiliki potensi konversi (BPK berbicara dengan nilai ekonominya).

Kesulitan Organik

Apakah Anda memasukkan kata kunci yang memiliki tingkat kesulitan organik yang lebih tinggi akan tergantung pada otoritas situs Anda, profil backlink, dan seberapa mapan situs web Anda.

Hanya sertakan kata kunci dalam kelompok Anda yang dapat membuat peringkat situs Anda secara realistis.

Pengamatan Lebih Dekat pada Dua Kelompok Kata Kunci


Setelah Anda menemukan kata kunci inti untuk sebuah cluster, pasangkan dengan kata kunci pelengkap.

Misalnya, Anda dapat menambahkan beberapa yang berekor panjang, tingkat kesulitan yang lebih rendah, atau volume pencarian yang lebih rendah, atau yang akan menjadi kemenangan mudah hanya dengan memasukkan informasi yang cukup tentang mereka di halaman arahan.

Mari terapkan dasar-dasar pengelompokan kata kunci ini ke kata kunci untuk platform perangkat lunak kami. Berikut adalah cluster kata kunci potensial:

contoh pengelompokan kata kunci menggunakan spreadsheet

Mengapa kata kunci ini menjadi kelompok yang baik?

Karena mereka berbagi relevansi semantik. Semua pencari ini mencari produk yang membantu menjadwalkan wawancara.

Kata kunci inti, “perangkat lunak penjadwalan wawancara”, adalah nilai tertinggi, dan kami telah memasangkannya dengan kata kunci pelengkap dengan volume pencarian yang lebih rendah dan BPK yang solid.

Sekarang, inilah cluster kedua:

pengelompokan kata kunci menggunakan spreadsheet

Secara semantik, kata kunci ini menyiratkan maksud penelusuran yang sedikit berbeda dan karena itu termasuk dalam klusternya sendiri. Para pencari ini lebih tertarik pada alat yang membantu mereka melakukan wawancara virtual.

Kata kunci inti kami sedikit lebih kompetitif untuk diperingkat, tetapi kami telah mengisi cluster dengan kata kunci yang memiliki kesulitan lebih rendah dan potensi konversi yang kuat.

Jika Anda merasa yakin dengan niche Anda dan memahami metrik kata kunci dan nuansa maksud pencarian, Anda dapat mengelompokkan kata kunci Anda ke dalam grup secara manual (seperti yang saya gambarkan di atas).

Ada juga alat pengelompokan kata kunci yang mengotomatiskan proses tersebut. Mereka dapat mengelompokkan kata kunci Anda ke dalam kelompok untuk Anda.

Saat Anda menyegmentasikan, ingatlah bahwa tidak semua kata kunci dalam daftar Anda harus berakhir di kluster Anda.

Kata kunci bernilai tertinggi adalah yang paling penting untuk disertakan.

BPK yang tinggi, volume pencarian yang kuat, dan maksud pencarian yang relevan adalah yang membuat kata kunci berharga untuk merek Anda.

Langkah 3: Buat & Optimalkan Halaman Pilar untuk Kluster Kata Kunci Anda


Setelah Anda mengelompokkan kata kunci ke dalam kelompok, kata kunci tersebut memberikan peta jalan tentang cara membuat, mengoptimalkan, dan mengatur konten di situs web Anda.

Pada dasarnya, kelompok kata kunci Anda mewakili topik inti situs web Anda.

Ini juga disebut sebagai “halaman pilar”.

Dalam contoh kami sebelumnya, kami mengidentifikasi dua kelompok kata kunci utama untuk platform perangkat lunak kami.

Untuk menjalankan pengelompokan kata kunci dengan benar, kita perlu membuat halaman arahan yang menargetkan setiap kluster kata kunci tersebut.

Satu halaman arahan harus dikhususkan untuk fitur penjadwalan wawancara dari platform. Halaman arahan lainnya harus fokus pada alat wawancara virtual.

dua kelompok kata kunci untuk sebuah situs webContoh dua halaman arahan yang menargetkan kelompok kata kunci terpisah
Halaman pilar untuk cluster kata kunci Anda harus menyertakan praktik terbaik SEO di halaman . Salah satu strategi favorit saya adalah menggunakan alat pengoptimalan konten untuk membantu Anda mengoptimalkan konten dengan lebih efektif.

Untuk meningkatkan potensi peringkat halaman pilar Anda, prioritaskan area berikut:

  • Kedalaman Topik : Fokus pada penulisan konten bentuk panjang yang mengeksplorasi topik secara mendalam.
  • Arsitektur Informasi : Miliki struktur yang jelas dan sertakan frase kata kunci Anda di h2s dan h3s.
  • Pengalaman Halaman : Tambahkan elemen pada halaman interaktif seperti video, jump link, dan carousel yang meningkatkan pengalaman halaman bagi pengguna.


Langkah 4: Perkuat Kelompok Kata Kunci Anda Dengan Konten Blog


Untuk meningkatkan peringkat dan otoritas konten halaman pilar Anda, Anda dapat membangun konten blog yang memperkuat kelompok kata kunci utama Anda.

Blog ini dapat menargetkan frase kata kunci ekor panjang, subtopik, atau pertanyaan yang terkait dengan kata kunci inti Anda.

Saat Anda mengembangkan lebih banyak konten, halaman web tersebut akan membentuk “kelompok topik” di situs web Anda.


Profil tautan internal konten ini akan memainkan peran besar di mana halaman arahan peringkat situs web Anda di Google.

Posting blog Anda harus ditautkan kembali ke halaman pilar yang sesuai untuk memperkuat peluang Anda mendapatkan peringkat untuk kata kunci bernilai lebih tinggi tersebut.

Jika bisnis Anda memiliki beberapa produk atau bidang keahlian, Anda akan dapat membangun lebih banyak kluster di situs web Anda.

Ketika dipetakan, konten situs web Anda pada akhirnya akan terlihat seperti ini:

Cluster kata kunci SEOIlustrasi dari beberapa kelompok topik di situs web


Jika Anda hanya menjual satu produk atau layanan inti, jumlah kelompok kata kunci yang Anda identifikasi akan lebih sedikit. Namun, menjelajahi area topik utama Anda dengan banyak konten bermanfaat dapat membantu Anda mengungguli pesaing Anda dalam waktu yang lebih singkat.

Membangun cluster Anda juga memberi lebih banyak peluang untuk menambahkan tautan internal ke situs web Anda.

Ini tidak hanya meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs web Anda, tetapi tautan internal menyebar ke seluruh PageRank Anda dan membantu Google memahami halaman mana dari situs web Anda yang paling penting.

Apakah Pengelompokan Kata Kunci Benar-benar Layak untuk Semua Pekerjaan?


Kelompok kata kunci adalah strategi SEO yang lebih canggih dan dapat memberi Anda keunggulan yang Anda butuhkan untuk menang dalam persaingan vertikal.

Ini karena mereka menanggapi dua kekuatan super terbesar Google: Pemrosesan bahasa alami dan pengindeksan tak tertandingi.

Pikirkan tentang itu. Google memahami jutaan kata kunci yang digunakan pencari frase di seluruh industri. Ini juga memahami sedikit perbedaan dalam kueri tersebut dan bagaimana mereka berhubungan atau tidak satu sama lain.

Google telah menginvestasikan bertahun-tahun untuk melatih model NLP mereka untuk menghitung sinyal kualitas konten dan memprediksi halaman web mana yang paling baik memberikan informasi yang dicari penelusur.

Saat Anda menjalankan pengelompokan kata kunci dengan halaman arahan Anda, Anda menunjukkan kepada Google bahwa situs web Anda adalah otoritas di industri Anda dan menunjukkan keluasan dan kedalaman konten yang kuat.

Anda juga memberikan sinyal konten Google kepada kelompok konten kaya yang mereka latih untuk diidentifikasi dan dipromosikan dalam hasil penelusuran.

baca juga

Pengelompokan kata kunci mengharuskan pemilik situs untuk berpikir lebih besar tentang konten mereka. Ini juga masa depan SEO.

Jika Anda ingin halaman web Anda diberi peringkat untuk jangka panjang, inilah saatnya strategi di halaman Anda mengejar Google.

Leave a Reply

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Refresh