Manfaat Website untuk Usaha Fashion

SEO UNDERCOVER CO ID 52

https://www.undercover.co.id Meskipun banyak yang menyepelekan dan bahkan tidak mementingkan fashion, kenyataannya fashion sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita. Bahkan seseorang yang tidak mengikuti fashion terkini pun, tetap memiliki selera fashion. Jadi dari sini bisa kita ketahui bahwa fashion memang sangat diperlukan, tidak hanya untuk memberikan kesan menarik tetapi juga kepuasan untuk si pemakai.

Jika dulu untuk membeli pakaian atau fashion item lainnya kita harus mengunjungi pusat perbelanjaan atau datang langsung ke toko fashion, beda dengan sekarang. Kini kita lebih dimudahkan dengan adanya online shop. Anda tidak perlu repot-repot lagi datang langsung untuk berbelanja. Karena hanya dengan bermodalkan gadget dan internet, Anda sudah bisa membeli berbagai fashion item pilihan.

Popularitas Fashion di Indonesia

Pakaian dapat mengekspresikan karakter seseorang. Dengan adanya teknologi yang semakin canggih setiap waktunya, kita akan dengan mudah mengetahui trend fashion terkini dan juga tips dan trik apa saja yang bisa digunakan agar fashion item bisa digunakan dengan tepat alias tidak salah kostum.

Semakin kesini usaha fashion juga semakin berkembang. Hal tersebut bisa kita lihat dari banyaknya pengguna media sosial yang memberikan hashtags #dailyoutfit, #streetfashion, #OOTD dan lain sebainya. Sehingga peluang usaha fashion pun menjadi salah satu yang menjanjikan. Apalagi para UMKM bisa membuat line fashion sendiri dengan mengikuti trend fashion yang sedang trend saat ini.

Manfaat Website untuk Usaha Fashion

Ternyata hadirnya website online shop tidak hanya berdampak positif untuk pelanggan saja. Pengusaha fashion juga pastinya diuntungkan karena penjualan yang meningkat. Ada berbagai manfaat hadirnya website untuk usaha fashion, apa saja manfaatnya? Mari simak penjelasannya di bawah ini ya.

Meningkatkan Kredibilitas UMKM

Keuntungan yang pertama adalah dapat meningkatkan kredibilitas untuk UMKM. Meskipun usaha yang Anda jalankan masih terbilang mikro, jangan berkecil hati karena dengan hadirnya website maka akan sangat membantu meningkatkan kredibilitas usaha yang Anda jalankan. Hal tersebut terjadi karena zaman sekarang orang-orang tidak bisa lepas dari internet, baik itu untuk pendidikan, pekerjaan ataupun sekedar mencari informasi dan berbelanja.

Tanpa adanya website di usaha Anda, bisa saja pelanggan akan berpaling dan memilih toko lain yang memiliki website. Tidak heran kalau banyak UMKM yang kredibilitasnya melejit jika menggunakan website. Dengan website, Anda juga tidak perlu memiliki lapak toko offline, karena Anda bisa memamerkan fashion item yang dijual di website.

Target Market Jadi Lebih Luas

Anda bermimpi suatu saat banyak orang yang mengenal usaha fashion Anda? Jika iya, maka website adalah jalan terbaik. Website usaha fashion Anda akan dikenal dengan luas, bahkan seluruh orang di dunia bisa mengaksesnya sehingga mengetahui usaha fashion yang Anda miliki.

Kini mengunjungi website online shop sudah menjadi sebuah keharusan bagi para pengguna internet, meskipun hanya untuk melihat-lihat saja. Meskipun demikian, peluang mendapatkan keuntungan akan semakin besar karena target market yang semakin luas. Anda juga bisa menjual produk secara eceran atau lusinan.

Menghemat Uang

Sebagai pelaku UMKM tentu keuangan juga terbatas, karena Anda baru saja merintis usaha. Ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan, seperti sewa toko, merekrut beberapa pegawai dan lain sebagainya. Tapi dengan adanya website, semua akan menjadi lebih mudah. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk sewa toko, karena Anda hanya perlu memamerkan foto-foto produk fashion yang dijual ke website. Dan Anda juga tidak perlu merekrut karyawan terlalu banyak, karena dengan hadirnya website maka Anda akan menjadi lebih mudah dalam mengontrol jualan, merubah stok barang dan bahkan berkomunikasi via chat website dengan pelanggan atau calon pelanggan.

Meskipun ada biaya di awal yang harus Anda bayarkan untuk membuat website, tetapi biayanya tidak semahal jika Anda membayar sewa toko. Sekarang ini Anda bisa dengan mudah menemukan jasa pembuatan website dengan harga yang bervariasi, mulai dari Rp 500 ribu.

Meningkatkan Pelayanan Pelanggan

Salah satu kekurangan dari toko offline adalah sulitnya memberikan pelayanan yang prima ke pelanggan, apalagi saat pelanggan sedang ramai dan jumlah pegawai yang sedikit. Dengan fitur live chat yang ada di website, Anda akan lebih mudah memberikan pelayanan kepada pelanggan. Selain itu pelanggan juga dapat membayar dengan metode pembayaran yang tersedia, bisa mengetahui syarat dan ketentuan online shop Anda, informasi mengenai produk bisa lebih jelas dan lainnya.

Namun perlu diingat, meskipun tersedia fitur live chat Anda harus sigap dan jelas dalam membalas pertanyaan atau keluhan pelanggan. Ini dilakukan agar permasalahan yang terjadi bisa cepat ditangani.

Hemat Waktu dan Tenaga

Kita mengetahui bahwa untuk mengontrol sebuah bisnis memang tidak mudah, diperlukan waktu dan tenaga. Dengan adanya website, Anda bisa lebih mudah untuk mengatur bisnis yang sedang dijalani.

Jika di toko offline, Anda harus melakukan promosi seperti menyebarkan brosur ke orang-orang agar mereka mengenal usaha fashion Anda. Tapi kini biarlah website yang melakukannya untuk Anda. Anda akan lebih hemat waktu dan tenaga tentunya dengan katalog online, menggunakan iklan dan juga memberikan informasi yang rinci mengenai produk fashion yang dijual.

Selalu Terhubung dengan Pelanggan

Tidak semua pelanggan merasa puas dengan pelayanan yang Anda berikan, atau bisa saja terjadi kesalahan dalam pengiriman produk. Jika hal ini terjadi maka pelanggan akan melakukan komplain. Tetapi komplain yang dilakukan pelanggan tentu tidak bisa setiap waktu, karena dibatasi oleh ruang dan juga waktu. Website hadir agar bisa memudahkan komunikasi Anda dan pelanggan. Sehingga pada saat kapan saja pelanggan membutuhkan pelayanan, maka Anda siap memberikannya kapan saja dan dimana saja tanpa terhalang ruang dan waktu.

Mudah Diakses

Asalkan ada koneksi internet yang memadai, website bisa dengan mudah diakses oleh siapa saja, baik itu Anda, pelanggan, calon pelanggan atau siapapun tanpa batasan wilayah. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, website akan memungkinkan produk yang Anda jual lebih dikenal oleh masyarakat luas bahkan hingga ke luar negeri.

Sarana Portofolio

Dan manfaat website untuk usaha fashion yang terakhir adalah sebagai sarana portofolio. Portofolio memang sangat penting untuk dimiliki, apalagi untuk usaha fashion. Semua produk Anda ataupun karya-karya yang dihasilkan akan terlihat di website. Sehingga tanpa disadari keunikan dari online shop Anda akan terbentuk dengan sendirinya.

baca juga

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, apalagi untuk Anda yang memiliki usaha fashion. Pilihlah template dan tone warna yang menarik untuk website, sehingga sesuai dengan tema fashion yang Anda gunakan untuk produk-produk Anda. Layanilah pelanggan dengan baik, agar reputasi online shop Anda bisa meningkat. Sekian penjelasan mengenai manfaat website untuk usaha fashion, semoga bisa menambah wawasan Anda.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh