SEO Untuk Bisnis Interior Desain

undercover.co.id – SEO Untuk Bisnis Interior Desain – Desain interior merupakan bidang yang saat ini sedang berkembang dan juga cocok bagi anda yang ingin menjalankan bisnis dari rumah.

Interior desain biasanya melibatkan konversi ruang perumahan atau komersial yang pada mulanya kosong menjadi rumah atau kantor yang melibatkan kreativitas, estetika dan efisiensi. Seorang desainer interior juga fituntut untuk mengikuti perkembangan zaman yang berhubungan dengan tren yang sedang berkembang.

SEO Untuk Bisnis Interior Desain


Di zaman modern ini, apa pun yang Anda cari, Anda pasti akan mencari rekomendasi dari Google. Namun, seberapa mudah sebuah bisnis ditemukan oleh calon konsumen tergantung pada “SEO” situs webnya. “SEO”, atau “Search Engine Optimization, adalah metode untuk meningkatkan lalu lintas berkualitas ke situs web bisnis Anda.

SEO membantu meningkatkan peringkat situs web Anda pada hasil mesin pencari. Mesin pencari utama seperti Google atau Bing memainkan konten situs web untuk menentukan peringkatnya. Tidak seperti strategi desain situs web yang rumit, pengoptimalan SEO menunjukkan dampak yang cepat ketika dipraktikkan secara efisien dan menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Ada beberapa pedoman dan aturan mesin pencari yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan konten berkualitas tinggi dengan SEO yang tinggi, tetapi pada saat yang sama juga menambah nilai bagi pembaca situs web Anda dan calon klien.

Kata kunci” adalah kunci harfiah untuk SEO. Kata-kata dan frasa yang berhubungan dengan konsep bisnis Anda yang paling banyak dicari adalah kata kunci dan harus muncul secara konsisten di seluruh situs web Anda. Untuk mencapai titik manis ini, lakukan penelitian kata kunci yang relevan dan volume pencarian yang ideal.

Hal ini hanya menunjukkan berapa kali kata tertentu harus muncul di halaman web Anda untuk mendapatkan hasil yang sangat positif. Namun, hal ini bergantung pada beberapa faktor lain seperti rasio seberapa umum kata kunci tersebut dibandingkan dengan popularitasnya.

Pentingnya & dampak bisnis dari SEO


SEO untuk situs web dan blog bisnis apa pun sangat penting, dan jika Anda tidak memanfaatkan peluang ini, Anda akan rugi besar. Ketika ada ribuan bisnis yang berlomba-lomba untuk mendapatkan bisnis dan persaingan untuk tampil di halaman pertama pada hasil pencarian Google sangat ketat, Anda dapat dan harus menggunakan setiap bantuan yang bisa Anda dapatkan. Baik itu toko kelontong atau restoran lokal, kehadiran online yang tangguh akan meningkatkan pelanggan.

Bukan berarti hasil yang muncul di halaman kedua atau ketiga tidak pernah mendapatkan bisnis, tetapi eksposurnya jauh lebih rendah, dan begitu pula kemungkinan pelanggan menemukan Anda. Orang cenderung menaruh kepercayaan yang lebih besar pada halaman web dan bisnis yang mengalahkan perlombaan untuk menjadi yang terdepan. Dengan SEO yang kompeten, Anda dapat membuat tempat untuk diri Anda sendiri tepat di bagian atas hasil pencarian.

Mengapa desainer interior harus berinvestasi dalam SEO?


Meningkatkan kehadiran virtual Anda melalui SEO sangat penting untuk pemasaran digital bagi dekorator interior. Ruang digital seperti itu memberi Anda akses ke banyak klien potensial yang mencari layanan khusus Anda bahkan jika mereka belum pernah mendengar tentang Anda.

Namun, eksistensi online yang menarik tetaplah ideal, bahkan jika sebagian besar klien Anda adalah klien lokal. Hampir semua klien suka membaca dan meneliti desainer interior secara langsung, meskipun mereka datang dengan rekomendasi yang bagus. Dengan demikian, peringkat dan visibilitas akan memastikan Anda dan bisnis Anda memberikan kesan yang menarik.

Bagi desainer interior dan bisnis kecil, kurangnya kecakapan teknologi atau waktu untuk menggunakannya adalah hal yang biasa. Meskipun mungkin tampak menakutkan pada awalnya, ada banyak tips, trik, dan alat untuk menguasai SEO jika Anda tidak mampu menyewa ahli SEO profesional. Kami telah menyederhanakan sepuluh teknik teratas untuk memperkaya konten situs web secara keseluruhan dan keunggulan online dan dengan demikian mendapatkan lebih banyak lalu lintas online dari strategi SEO.

10 Strategi SEO Terbaik untuk Situs Web Desain Interior:

  1. Kata kunci berekor panjang yang menarik banyak orang
    Kami telah menyebutkan kata kunci SEO. Namun, untuk menempatkan Anda di peta lebih cepat, cobalah kata kunci longtail. Artinya, alih-alih mengulang kata kunci “renovasi dapur”, cobalah menggunakan frasa yang pasti akan dicari oleh klien Anda, seperti “cara merenovasi dapur dengan anggaran terbatas”.

Dengan demikian, informasi yang Anda berikan akan lebih ringkas dan sesuai dengan proses berpikir dan kebutuhan klien Anda. Beberapa kata kunci berurutan membantu Anda menonjol dan mendapat peringkat lebih tinggi pada hasil mesin pencari. Google Correlate, Google Search Console, Keywords Everywhere, Google Analytics, GrowthBar, SEMrush, Ahrefs, Sitechecker.pro, dan lain-lain, adalah beberapa alat SEO yang ada di pasaran.

  1. Masukkan judul dan tajuk dengan penelitian kata kunci yang efektif
    Setelah menentukan kata kunci, penempatannya juga sama pentingnya. Algoritma Google memberikan bobot yang lebih tinggi pada kata kunci yang lebih dekat dengan awal artikel. Itu berarti bahwa tag judul Anda harus menggunakan kata kunci dengan kaliber tertinggi. Demikian pula, deskripsi meta dan sub-judul juga harus menyertakan kata kunci utama agar tetap relevan dan terlihat.
  2. Keluarkan konten berkualitas tinggi dengan menggunakan blog dan artikel secara teratur
    Semakin banyak konten yang Anda posting, semakin tinggi peluang situs web desain interior Anda untuk tetap berada di radar Google. Bersamaan dengan pembaruan proyek secara teratur, menjalankan blog secara konsisten akan meningkatkan peringkat Anda dan menjaga situs web Anda tetap aktif dan kredibel.

  1. Gunakan teks jangkar yang mengandung kata kunci dan backlink yang relevan
    Berbicara tentang backlink dan hyperlink, keduanya merupakan roda penggerak yang tidak terpisahkan dalam SEO. Sementara backlink adalah tautan dari situs web lain yang mengarah ke situs web Anda, hyperlink pada dasarnya mengubah kata kunci dan frasa menjadi tautan yang mengarah ke situs web lain yang relevan. Mesin pencari juga mempertimbangkan kata kunci dalam teks jangkar untuk algoritme mereka.

Semakin banyak jumlah backlink signifikan yang dimiliki halaman lain ke situs web Anda, semakin Anda akan terlihat di industri desain online. Anda juga dapat menyoroti blog lain yang pernah Anda terbitkan sebelumnya untuk menekankan poin tertentu atau untuk memperluas ide tertentu. Namun, sangat penting bahwa situs web yang menautkan kembali ke Anda memiliki nilai yang memuaskan.

Meskipun Anda selalu dapat membeli backlink, posting tamu di situs web lain atau mengirimkan ulasan di blog yang ditulis oleh desainer dan blogger terkemuka lainnya adalah cara yang bijaksana untuk membangun hubungan baik dengan komunitas dan mendapatkan perhatian dari klien baru. Setelah mereka menemukan jalan ke situs web Anda, pastikan mereka menemukan konten yang relevan dan berharga untuk ditautkan kembali.

  1. Optimalkan foto dan gambar Anda
    Sebuah gambar berbicara ribuan kata. Hal ini berlaku terutama untuk bisnis seperti desain Interior. Sebuah ruangan yang dibuat dengan indah harus difoto dengan ahli untuk menempatkan bakat Anda di bawah sorotan klien potensial. Namun, agar mesin pencari dapat melihat foto-foto Anda yang menakjubkan, dibutuhkan lebih dari sekadar fotografi yang memukau.

Mulailah dengan menamai gambar Anda dengan deskripsi yang sesuai yang mengandung kata kunci yang panjang dan menambahkan tag alt dan teks alt pada gambar tersebut. Dengan menjaga rasio gambar dan teks yang layak, Anda dapat menghindari kesalahan umum yang sering dilakukan oleh banyak situs web desain. Gambar yang berisi teks dan HTML yang menyertakan tag membuktikan kepada Google bahwa situs web Anda tidak hanya penuh dengan gambar stok.

Jebakan lain yang harus dihindari dalam hal gambar adalah foto yang terlalu besar. Google suka merekomendasikan halaman yang tidak hanya indah, dan berharga, tetapi juga efisien. Gambar yang sangat besar berarti halaman web yang lambat yang memiliki waktu muat yang lama dan pada gilirannya akan memberikan pengalaman pengguna yang buruk. Mengompresi gambar Anda melalui alat seperti Smush untuk WordPress akan mengurangi ukuran file sambil mempertahankan kualitasnya.

  1. Kategori + Tag + Postingan dengan penandaan geografis
    Tag adalah pintasan atau istilah pencarian yang dapat digunakan pembaca untuk menavigasi situs web Anda dengan mudah. Misalnya, jika pengunjung mencari istilah seperti “lemari” dalam situs web Anda, semua posting blog, dan proyek yang memiliki lemari dalam kontennya akan segera muncul asalkan Anda telah menandai setiap posting tersebut dengan tag terkait seperti lemari, dapur, meja dapur, rak, dll. Anda dapat menambahkan hingga sepuluh tag untuk setiap posting.

Demikian pula, Anda dapat mengelompokkan dan mengumpulkan postingan yang memiliki kesamaan dengan menggunakan kategori atau topik di halaman web Anda. Dengan memiliki kategori yang sesuai, Google akan tahu bahwa Anda tahu tentang apa yang ada di situs web Anda dan dengan percaya diri dapat mengirimkannya kepada pencari yang bersangkutan. Misalnya, proyek, DIY, ide renovasi, kamar, dll, adalah kategori umum yang dapat Anda gunakan. Setiap postingan yang terkait akan masuk ke dalam kategori tersebut, sehingga menyederhanakan semuanya.

Terakhir, memberi tag geografis pada postingan Anda, gambar, menambahkan lokasi Anda di Meta-deskripsi, kontak dan nomor telepon di Google maps, dan lain-lain, akan membuat Anda menjadi salah satu yang pertama kali direkomendasikan pada pencarian lokal.

  1. Perluas kehadiran media sosial dan fasilitasi “kemampuan berbagi”
    Media sosial saat ini merupakan bagian tak terpisahkan dari pemasaran. Platform seperti Pinterest, Instagram, dan YouTube sebagian besar bersifat visual dan mencolok, yang menjadi pertanda baik untuk bisnis desain interior. Dengan merilis konten secara teratur yang dapat dinikmati oleh audiens, tidak hanya akan mempromosikan karya Anda, tetapi juga pada akhirnya membantu Anda menjangkau target pemirsa yang akan berubah menjadi prospek dan klien yang menguntungkan.

Sebagai poin terakhir, jarang sekali orang yang mau terlibat jika tidak diajak untuk bertindak. Pastikan setiap postingan atau blog memiliki colokan yang diperlukan untuk platform media sosial ini sehingga pelanggan Anda dapat dengan mudah mengetahui cara menyebarkan berita.

Sekarang setelah Anda mengetahui semua strategi dan taktik pemasaran utama untuk meningkatkan peringkat mesin pencari Anda, kami ingin berbagi lebih lanjut tentang beberapa ide yang kurang dikenal namun cukup mengesankan untuk muncul di pencarian organik.

  1. Kumpulkan ulasan dan umpan balik untuk reputasi online
    Setelah Anda berhasil menyelesaikan satu atau beberapa proyek, saatnya untuk mendapatkan referensi. Meskipun dapat merusak untuk membeli atau menghantui klien untuk mendapatkan ulasan, setelah Anda tahu bahwa Anda telah membangun hubungan yang baik dengan klien atau vendor, tidak ada salahnya untuk memasukkan beberapa kata yang dipilih dengan hati-hati untuk meminta umpan balik dengan lembut.
  1. Cantumkan diri Anda di direktori online
    Berbicara tentang daftar, daftarkan diri Anda! Pastikan Anda terdaftar di semua raksasa direktori layanan online seperti Houzz, Yelp, Better Business Bureau (BBB), Angi, Craigslist, Thumbtack, dan lain-lain. Beberapa di antaranya secara khusus ditargetkan untuk pemilik rumah dan layanan desain, yang sangat cocok untuk bisnis desain interior apa pun.

  1. Menghaluskan lebih dari 404 halaman kesalahan
    Terakhir, jarang terjadi, ketika pengunjung mengklik tautan ke situs web Anda, sebuah kesalahan mungkin muncul yang menunjukkan bahwa halaman web tidak tersedia atau rusak. Dalam skenario seperti itu, jika penelepon segera keluar dari halaman layanan Anda, ini dapat menyebabkan peningkatan rasio pentalan.

Bounce adalah sesi satu halaman yang mungkin terjadi di situs web Anda ketika pengunjung keluar atau keluar tanpa mengakses halaman kedua atau memicu permintaan lainnya. Untuk menghentikan hal ini terjadi, rancang ulang halaman kesalahan 404 Anda dengan tombol ajakan bertindak atau lebih baik lagi, arahkan pembaca ke pos terkait lainnya di situs web Anda atau bahkan ke beranda Anda.

Baca juga

Kesimpulan
Kesabaran dan konsistensi adalah kunci utama dalam hal SEO. Teknologi saat ini menuntut kecepatan dan keampuhan. Mulailah segera membangun rencana yang solid untuk layanan SEO situs web Anda. Agar hasil dan peringkat dapat ditingkatkan, diperlukan waktu sekitar 3-6 bulan, dan selama periode tersebut, Anda tidak boleh beristirahat atau mengendur.

Karena konversi adalah tujuan utama, Anda ingin menyalurkan lalu lintas yang berubah menjadi prospek, dan dengan demikian menjadi keuntungan. Jika Anda menangani segala sesuatu mulai dari mendesain dan pertemuan klien hingga pembangunan proyek, yang umumnya terjadi, kami meminta Anda untuk memulai dengan menggunakan jasa spesialis SEO yang mahir dengan pengetahuan mendalam tentang bisnis desain interior.

Jenis Layanan Bisnis Interior Desain

Saat anda memutuskan untuk berbisnis interior desain, maka anda harus mengetahui jenis layanan yang akan anda jalankan. Terdapat beberapa jenis layanan bisnis interior desain, yaitu sebagai berikut.

  1. Desain interior tradisional, yang merupakan desain interior paling umum  yang menawarkan desain interior full house.
  2. Desain ulang interior, merupakan bisnis yang menggunakan furnitur dan aksesori milik klien dengan menata ulang dan memberikan tampilan yang berbeda pada ruangan. Jadi layanan ini tidak membeli furnitur dan dekorasi untuk klien.
  3. Penyelenggara profesional, merupakan layanan untuk menyesuaikan sistem pengarsipan dan penyimpanan untuk kebutuhan khusus setiap klien.
  4. Restorasu, merupakan layanan desain yang juga disebut konservasionis yaitu mengkhususkan diri dalam mencari aksesori dan bahan antik yang digunakan dalam proyek.
  5. Konsultasi desain, merupakan layanan yanh menawarkan saran desain kepada klien dan menjual perabotan dan produk kepada klien untuk mencapai gaya dan tampilan tertentu.

Cara Memulai Bisnis Interior Desain

  1. Tentukan Layanan Apa yang Akan Anda Tawarkan

Hal pertama yang anda rencanakan adalah jenis layanan yang akan anda tawarkan. Sebagai seorang desainer interior, anda harus memastikan bahwa anda tidak mengambil lebih dari yang dapat Anda tangani. Anda harus membuatnya jelas sejak awal, misalnya anda hanya ingin mendesain dapur & kamar mandi.

  • Ciptakan Merek untuk Bisnis Interior Desain Anda

Merek mungkin merupakan bagian terpenting dari bisnis anda. Melalui merek perlu mendefinisikan dengan jelas siapa anda, layanan apa yang anda kerjakan sehingga dapat dikenali. Ada beberapa bagian yang membentuk merek anda mulai dari nama bisnis, domain, dan logo.

Dalam pembuatan nama bisnis anda itu harus menarik, dan perlu mencerminkan pekerjaan Anda. Setelah memastikan tidak ada orang lain yang menggunakan nama yang sama, maka dapat mendaftarkannya. Pastikan memiliki semua lisensi yang diwajibkan oleh undang-undang untuk memulai bisnis interior desain agar anda tidak mengalami masalah di kemudian hari.

  • Investasi Awal Perlu Diatur

Ketika melihat memulai bisnis interior desain, jumlah investasi awal perlu dipertimbangkan dan jumlahnya perlu diatur. Investasi awal ini diperlukan untuk memulai dan menjalankan bisnis interior desain. Bahkan jika seseorang hanya ingin melakukan investasi awal yang kecil, penganggaran untuk biaya dasar tetap harus dilakukan.

  • Kantor Perlu Dibentuk

Ukuran kantor yang dibutuhkan untuk bisnis interior desain akan bervariasi sesuai dengan ukuran tim dan anggaran. Tidak perlu menyewa kantor di daerah kota yang mahal anda memilih untuk mendesain ruang kantor minimalis untuk menekan biaya.

  • Bangun Portofolio

Saat pertama kali memulai bisnis desain interior, mungkin anda belum memiliki portofolio, namun tidak apa-apa. Di awal karir anda tidak perlu portofolio besar. Misalnya dengan sertakan gambar ruang sendiri dalam portofolio anda.

  • Tentukan Tarif Anda

Terdapat berbagai jenis tarif seperti tarif per jam, persentase biaya keseluruhan tarif tetap atau biaya per kaki persegi. Setelah anda memutuskan bagaimana anda menentukan tarif bagi klien, anda perlu menulis perjanjian dan meminta klien menandatangani kontrak desain interior untuk menyegel kesepakatan.

Cara Mengembangkan Bisnis Interior Desain

  1. Membangun Hubungan Dengan Pemasok dan Kontraktor

Salah satu hal paling cerdas untuk mengembangkan bisnis interior desain adalah membangun hubungan baik dengan pemasok dan kontraktor.

Sehingga anda dapat memiliki koneksi dengan orang-orang yang dapat diandalkan yang akan memberikan apa yang anda minta dengan tepat waktu. Selain itu, semakin banyak orang yang dikenal akan semakin banyak koneksi yang anda miliki dalam industri ini.

  • Tim yang Baik Perlu Dibentuk Bersama

Penting untuk membentuk tim yang baik, agar bisnis adapat berhasil dan terus mempertahankan kesuksesan.

Misalnya ketika datang untuk menyelesaikan proyek desain interior secara turnkey, maka tim yang cukup besar diperlukan untuk menangani semuanya. Sehingga penting untuk memiliki tim yang seimbang yang memiliki berbagai keterampilan untuk dapat menangani berbagai proyek interior desain.

  • Hadiri Acara Dagang Di Kota Anda

Saat ini, acara perdagangan adalah platform terbaik untuk memberikan eksposur bisnis interior desain di kota Anda. Jadi pastikan untuk menghadiri semua pameran dagang interior desain dan daftarkan kehadiran anda setiap kali ada acara yang terjadi. Temui pakar industri dan dapatkan ide/saran terbaik mereka untuk pertumbuhan bisnis anda.

  • Letakkan Bisnis Anda Secara Online

Saat ini, semua orang menggunakan platform online seperti pencarian google atau mesin pencari lokal lainnya untuk mengidentifikasi desainer/dekorator interior terbaik di pasar dan memeriksa informasi seperti harga, layanan yang ditawarkan, ulasan. Oleh karena itu, buatlah situs web sendiri dan cobalah untuk memulai branding atau pemasaran online untuk bisnis Anda.

baca juga

Manfaat dan Tips Berjualan Via Situs Web Untuk Bisnis Interior Desain

Membangun situs web untuk bisnis interior desain merupakan bagian langkah dari mempromosikan bisnis. Dengan mendapatkan banyak kunjungan ke situs web maka bisnis yang dijalankan berpeluang memiliki banyak pelanggan.

Terdapayt beberapa tips dalam membangun situs web untuk bisnis interior desain yang dijalankan, yaitu sebagai berikut.

  1. Daftarkan Nama Domain dan Web Hosting

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mempunyai situs website terlebih dahulu. Oleh karena itu buatlah akun dengan mendaftarkan nama domain sebagai alamat situs web anda, dan web hosting yang merupakan tempat untuk menyimpan semua data website. Web hosting ini perlu dimiliki karena, jika tidak maka website anda tidak akan ada sehingga nama domain juga tidak akan memiliki tujuan.

  • Instal WordPress

Setelah mendaftar nama domain dan web hosting selanjutnya adalah menginstal WordPress. WordPress merupakan sebuah platform yang digunakan dalam pembuatan website sehinga memiliki peranan penting. Jika tidak menggunakan WordPress, anda juga bisa menggunakan platform lain yang memiliki fungsi sama untuk membuat website.

  • Mendesain Situs Web

Sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis anda, maka situs web harus dibuat dengan sebaik mungkin. Selain tampilan desain harus bagus, namun juga memiliki fungsi yang ramah pengguna agar mudah dijalankan oleh calon pelanggan anda.

  • Profil yang Jelas

Website ini seperti rumah atau toko jika dijalankan pada bisnis offline, oleh karena itu harus memiliki profil yang jelas. Anda harus memberikan informasi yang tepat kepada publik. Misalnya dengan mencantumkan nama dan logo perusahaan, tempat bisnis, info kontak, layanan dan lain sebagainya.

  • Kualitas Konten

Anda akan menampilkan hasil desain interior sebagai konten dalam situs web. Tampilkan foto dan video yang menarik secara visual. Kemudian beri deskripsi yang ringkas dan jelas, untuk memudahkan calon pelanggan memahami apa yang dijelaskan. Jangan lupa untuk mencantumkan harga.

Tidak hanya memperhatikan aspek visual atau tampilannya saja, namun juga harus menentukan kualitas informasi bisnis yang dijalankan. Setelah mendapatkan pelanggan pertama, minta testimoni kepada mereka dan cantumkan dalam situs web anda.

  • Optimalkan Situs Web

Dalam mengoptimalkan situs web, tidak bisa terlepas dari SEO (Search Engine Optimization). Agar situs web anda memiliki visibilitas yang meningkat di mesin telusur maka anda harus riset kata kunci SEO yang berkaitan dengan interior desain.

Gunakan juga analisis hasil pencarian google untuk membantu mengetahui kata kunci interior desain yang sering dicari atau diinginkan google.

Untuk meningkatkan traffic situs web maka anda dapat meminta teman dan keluarga untuk membagikan situs web anda. Selain itu, cantumkan situs web anda pada semua media sosial anda atau juga menggunakan iklan berbayar jika budget memungkinkan.

baca juga

Membangun dan menyempurnakan situs web akan memakan waktu cukup lama. Oleh karena itu, jangan terburu-buru dan jangan mulai mempromosikan situs web jika tidak lengkap.

Situs web juga merupakan cerminan anda sebagai seorang interior desain, oleh karena itu perlu dipersiapkan dengan matang.

Jika anda tidak memiliki pengalaman membangun situs web, maka dapat mempekerjakan seseorang untuk melakukan pekerjaan itu. Jika memiliki budgtet yang tidak memungkinkan maka dapat melakukannya sendiri dengan menonton video tutorial.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation