SEO Untuk Bisnis Travel Agent

SEO Untuk Bisnis Travel Agent

undercover.co.id SEO Untuk Bisnis Travel Agent , Saat anda berencana untuk membangun bisnis, jika anda merupakan seseorang yang menyukai perjalanan, perencanaan yang cermat, dan membantu orang lain mendapatkan pengalaman yang luar biasa, maka pertimbangkan untuk membangun bisnis travel agent.

Agar bisnis ini sukses, maka anda harus memfokuskan banyak upaya ke dalam riset pasar, branding dan pemasaran bisnis anda.

SEO Untuk Bisnis Travel Agent

SEO Travel : Tingkatkan Visibilitas Situs Web Anda di Pasar Pariwisata

Bayangkan ini – ini adalah masa lalu yang indah. Pelanggan datang ke agen perjalanan, membolak-balik brosur mengkilap, menunjuk tempat liburan impian mereka, dan voila! Agen tersebut akan mengurus sisanya. SEO perjalanan? Belum pernah mendengarnya.

Maju cepat ke masa kini, di mana perencanaan liburan memiliki arti yang sama sekali baru. Berbekal komputer, tablet, atau ponsel pintar, calon pelanggan potensial Anda menelusuri labirin informasi online, dengan cermat meneliti tujuan ideal mereka sebelum membuat keputusan.

Jadi, inilah pertanyaan jutaan dolar: ketika mereka mengetikkan liburan impian mereka di mesin pencari, apakah situs web perjalanan Anda muncul di hasil pencarian?

Daftar Isi

  • Keadaan Industri Perjalanan
  • Mengapa SEO Perjalanan Penting?
  • Mengapa Bisnis Perjalanan Membutuhkan SEO?
  • Faktor SEO Peringkat Teratas dalam Industri Perjalanan
  • SEO Perjalanan di Halaman
  • Membangun Tautan dan SEO Perjalanan di Luar Halaman
  • SEO Lokal untuk Situs Web Perjalanan
  • Audit Situs Web
  • SEO Teknis
  • Analisis Pesaing
  • Cara Melakukan Riset Kata Kunci untuk SEO Perjalanan

Saat ini, Anda bisa menjadi agen perjalanan Anda sendiri. Dengan situs web seperti Booking dan AirBnB yang semakin besar dari hari ke hari, agen perjalanan kecil harus berjuang keras untuk mulai mendapatkan peringkat dan, yang lebih penting, untuk terus menjual pemesanan.

Dengan pangsa pasar perjalanan online sekitar 40%, agen perjalanan online sudah pasti masuk ke dalam ring dan melakukan perlawanan. Jika Anda mempertimbangkan fakta bahwa pemesanan kotor industri ini mencapai $1,6 triliun pada tahun lalu , Anda dapat membayangkan ukuran ring tersebut, dan kualitas sarung tangan yang harus Anda miliki untuk menampilkan pertunjukan yang layak.

Sebelum kita menyelami faktor peringkat yang sebenarnya dan praktik terbaik SEO, ada beberapa poin penting yang perlu diingat tentang niche itu sendiri:

Ada dua jenis situs web yang bersaing untuk mendapatkan posisi teratas: situs web yang menawarkan layanan (agen perjalanan, hotel, maskapai penerbangan, dll.) dan situs web yang mempromosikan konten (blog pribadi, blog perjalanan, situs web ulasan, dll.). Anda akan bersaing dengan keduanya, sampai batas tertentu.
Mesin pencari telah menjadi cara yang disukai wisatawan untuk meneliti semua hal tentang perjalanan.
Orang paling sering memasukkan istilah yang lebih umum sebagai permintaan pencarian – mereka jarang mencari agen atau hotel tertentu – dengan kata lain, peringkat untuk kata kunci ekor panjang sangat penting.
Pengunjung tidak akan berkonversi pada kunjungan pertama dan jarang mengunjungi hanya satu situs web perjalanan – mereka akan melakukan cukup banyak penelitian, menjelajahi beberapa opsi, dan kemudian menentukan pilihan. Tujuan Anda adalah membuat mereka kembali, bukannya mendapatkan konversi sesegera mungkin.

SEO Untuk Bisnis Travel Agent
SEO Untuk Bisnis Travel Agent


Untuk mengilustrasikan poin terakhir dengan lebih baik, dan untuk lebih mengenalkan Anda dengan perjalanan yang dilakukan pengunjung saat mereka membuka situs web wisata, berikut ini adalah gambaran singkat tentang berbagai tahap siklus pembeli:

  • Momen memimpikan – tahap “mencari inspirasi”, di mana orang masih belum yakin ke mana mereka ingin melakukan perjalanan selanjutnya.
  • Momen perencanaan – setelah mereka menentukan tujuan, orang-orang akan mulai mencari akomodasi, penerbangan, dan hal-hal yang harus dilakukan selama di sana.
  • Momen pemesanan – setelah mereka melakukan riset dan menemukan apa yang mereka yakini sebagai penawaran dan pilihan terbaik, mereka akan memesan penginapan dan transportasi.
  • Mengalami momen – saat berlibur, orang-orang suka berbagi pengalaman atau menghidupkan kembali kenangan indah mereka saat kembali ke rumah.
  • Meskipun Anda pasti ingin menjadi bagian dari “momen pemesanan” mereka, Anda tidak boleh meremehkan kekuatan dan daya tarik orang lain. Bagaimanapun juga, kesadaran pelanggan adalah satu langkah lebih dekat ke konversi daripada ketidaktahuan pelanggan.

Sekarang untuk fakta.

Mengapa SEO Travel Penting?


SEO perjalanan memainkan peran penting dalam membuat situs web perjalanan menonjol di arena dunia online yang sangat kompetitif. Hal ini memungkinkan bisnis untuk menjangkau audiens target mereka secara efektif dengan memastikan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Di dunia yang serba digital saat ini, kehadiran online yang kuat sangat penting untuk kesuksesan bisnis perjalanan apa pun.

Salah satu aspek penting dari SEO travel adalah menyediakan konten yang relevan dan terorganisir dengan baik kepada pengunjung. Hal ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga membantu mesin pencari mengindeks dan memahami konten halaman web secara lebih efektif. Dengan menyediakan konten yang kaya dan informatif, situs web perjalanan dapat menjadikan dirinya sebagai sumber daya yang dapat dipercaya dan menarik pengguna dari berbagai saluran.

Mengapa Bisnis Travel Agent Membutuhkan SEO?

SEO membantu perusahaan perjalanan menjangkau audiens yang lebih luas dengan meningkatkan peringkat mereka di halaman hasil mesin pencari. Ketika wisatawan mencari istilah tertentu yang terkait dengan industri, bisnis dengan peringkat yang lebih tinggi lebih mungkin untuk diklik. Misalnya, perusahaan yang memiliki peringkat tinggi untuk kata kunci seperti “penerbangan murah” atau “tujuan wisata” akan menarik lebih banyak perhatian dan berpotensi

Strategi membangun tautan yang kuat sangat penting bagi situs web perjalanan untuk meningkatkan SEO di luar halaman. Membangun tautan melibatkan perolehan hyperlink dari situs web lain, yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas situs pada hasil mesin pencari. Mengembangkan kampanye pembangunan tautan yang efektif termasuk berfokus pada tautan eksternal dan internal, yang meningkatkan otoritas domain secara keseluruhan.

Tautan eksternal, juga dikenal sebagai backlink, melibatkan pengamanan hyperlink dari situs web terkemuka lainnya dalam industri perjalanan. Salah satu tujuan utama dalam memperoleh tautan eksternal adalah untuk membina hubungan yang kuat dengan pemain yang sudah mapan di sektor ini. Sangat penting untuk membuat konten yang menarik dan berkualitas tinggi yang mendorong situs web otoritatif untuk menautkan kembali ke situs Anda. Contoh media yang berhubungan dengan wisata termasuk kolaborasi dengan blogger dan influencer, serta posting tamu.

Tautan internal, di sisi lain, adalah hyperlink di dalam situs web wisata yang mengarah ke halaman lain yang relevan pada domain yang sama. Struktur tautan internal yang dipikirkan dengan matang akan memandu pengguna dan mesin pencari melalui situs sambil memperkuat relevansi halaman atau topik tertentu. Untuk situs web perjalanan, ini dapat berarti menautkan ke posting blog yang membahas tujuan yang sama atau menghubungkan konten tentang pengalaman perjalanan yang serupa.

Di samping strategi membangun tautan yang kuat, sangat penting untuk mengoptimalkan faktor SEO di luar halaman, seperti profil media sosial. Kehadiran aktif di platform media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter dapat mendorong lalu lintas dan menghasilkan backlink tambahan. Membagikan konten yang menarik dan menarik secara visual yang relevan dengan niche wisata Anda dapat membantu meningkatkan visibilitas situs Anda pada hasil mesin pencari.

Secara keseluruhan, menerapkan strategi pembuatan tautan yang komprehensif dan strategi SEO di luar halaman sangat penting untuk situs web perjalanan. Dengan berfokus pada perolehan backlink berkualitas, membangun struktur tautan internal yang solid, dan memanfaatkan profil media sosial, pemilik situs web dapat meningkatkan peringkat mesin pencari dan menarik lebih banyak lalu lintas organik ke konten yang berhubungan dengan perjalanan mereka.

SEO Lokal untuk Situs Web Perjalanan


SEO lokal adalah komponen penting dari strategi pemasaran yang sukses untuk bisnis perjalanan. Menurut Ahrefs, peringkat di hasil organik reguler dan “paket peta” dapat meningkatkan visibilitas Anda di halaman pertama Google dan mesin pencari lainnya. Untuk mengoptimalkan SEO lokal, sertakan kata kunci spesifik lokasi dalam penelitian Anda. Menerapkan strategi SEO lokal, di samping praktik SEO tradisional, dapat secara signifikan meningkatkan visibilitas situs web wisata Anda dalam hasil mesin pencari lokal.

Audit Situs Web

Jika Anda telah menjalankan situs web wisata untuk sementara waktu, Anda sudah memiliki banyak aset (baik di dalam maupun di luar halaman). Langkah pertama dalam setiap kampanye yang sukses adalah audit situs web SEO yang akan memberi tahu Anda apa yang harus difokuskan untuk mendapatkan hasil terbaik sesegera mungkin. Hal ini dapat menemukan apa saja, mulai dari masalah konten yang digandakan hingga tautan internal yang melumpuhkan.

Ini adalah dua faktor yang paling sering menyebabkan penurunan peringkat – situs web besar sering kali secara tidak sengaja memiliki banyak konten duplikat, yang terkadang dapat diperbaiki dengan mudah, tetapi juga dapat membutuhkan sedikit usaha, tergantung pada apa yang kita temukan.

Masalah lain yang sering kita temui adalah struktur situs web yang buruk, yang membuat pengguna sangat sulit untuk menemukan jalan keluarnya. Hal ini tidak hanya akan merusak peringkat Anda tetapi juga kehilangan pelanggan. Yang akan menurunkan peringkat Anda.

SEO Teknis
Kecepatan halaman, waktu pemuatan, ukuran gambar, masalah server, dan segala sesuatu yang termasuk dalam kategori “teknis” biasanya dapat diperbaiki satu kali. Di era indeks yang mengutamakan seluler, memastikan halaman Anda responsif adalah hal yang pasti. Memiliki sertifikat SSL sama pentingnya dengan memastikan Anda mematuhi GDPR.

Analisis Pesaing
Setelah kami mengetahui apa saja aset Anda, kami akan melihat apa yang dilakukan pesaing Anda. Hal ini akan melibatkan apa saja mulai dari kata kunci yang tidak mereka rangking, tujuan yang mereka promosikan dan bagaimana, gambar yang mereka gunakan, cerita yang mereka ceritakan, dan backlink yang mereka miliki.

Cara Melakukan Riset Kata Kunci untuk SEO Perjalanan

Sejalan dengan pemeriksaan pesaing, kami melakukan riset kata kunci khusus untuk situs web dan penawaran Anda. Ini akan memberi tahu kami dua hal: apa yang seharusnya Anda rangking dan kata kunci apa yang harus Anda hindari. Anda akan terkejut bagaimana mengarahkan lalu lintas ke halaman yang tampaknya tidak dapat dikonversi dapat meningkatkan pemesanan. Tentu saja, jika Anda memiliki struktur situs web yang tepat dan menceritakan kisah yang benar.

Juga akan lebih mudah, dan sering kali jauh lebih baik, untuk menentukan peringkat untuk kata kunci yang lebih spesifik (misalnya, “liburan panjat tebing untuk pasangan”, bukan “liburan petualangan”). Ini akan menargetkan pengunjung pada tahap yang lebih spesifik dari perjalanan pembeli ketika mereka lebih jelas tentang apa yang perlu mereka temukan. Kata kunci ini sering kali kurang kompetitif, tetapi keuntungan utamanya adalah bahwa kata kunci ini mendorong tingkat konversi yang lebih baik.

Cara Membangun Bisnis Travel

  1. Rencana Bisnis Travel Agent

Menulis rencana bisnis ini umtuk membantu bisnis anda tumbuh lebih cepat, jadi jangan sampai melewatkan langkah ini. Jenis rencana bisnis yang anda perlukan akan bervariasi tergantung pada jenis pendanaan yang anda cari.

Misalnya anda berniat untuk mengajukan ide bisnis kepada pemberi pinjaman dan investor, maka anda dapat memulai dengan rencana yang matang. Namun sebelumnya, anda harus merencanakan niche bisnis anda, target market dan strategi promosi yang natinya akan kalian lakukan.

  • Riset dan Temukan Niche Bisnis Anda

Selanjutnya, anda perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui agen perjalanan atau bisnis perjalanan seperti apa yang benar-benar dibutuhkan pasar.

Mungkin ada pembukaan di pasar tavel agent untuk menyediakan tujuan bulan madu, bagi pasangan muda yang lebih suka pergi backpacking daripada bersantai di pantai. Pikirkan juga tentang orang-orang di komunitas lokal anda, misalnya mereka membutuhkan sesuatu yang spesifik.

Kemudian tentukan niche apa yang akan anda isi. Mulailah dengan meneliti pasar travel agent secara umum. Cari tahu siapa pesaing yang akan menjadi lawan, tentukan siapa pelanggan ideal anda serta tentukan apa yang mereka inginkan.

  • Ciptakan Merek yang Kuat

Setelah anda menentukan seperti apa pasar dan niche spesifik apa yang akan anda isi. Maka penting untuk memahami seluk beluk menciptakan citra merek yang kuat .Karena industri perjalanan sangat kompetitif, memiliki merek yang berkembang dengan baik akan membantu bisnis anda menonjol.

Ini adalah langkah pertama dalam menentukan strategi merek bisnis travel agent anda untuk menentukan siapa anda. Anda perlu mengetahui alasan pelanggan harus menggunakan layanan anda, daripada hanya memesan perjalanan sendiri. Pengalaman apa yang bisa anda berikan yang tidak bisa diberikan pesaing bisnis anda.

  • Pendanaan Bisnis Travel Agent

Pastikan anda memiliki rencana tentang bagaimana anda akan mendapatkan pendanaan bisnis travel agent. Anggaran pendanaan awal anda kemungkinan akan digunakan untuk merek, menyewa ruang kantor dan mempekerjakan karyawan.

Hal ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Selain itu anda juga membutuhkan biaya untuk materi pemasaran paling baik online seperti website bisnis Anda, maupun offline seperti flyer, poster, kartu nama, dan lainnya. Anda mungkin juga dapat menggunakan dana pribadi untuk pendanaan modal. Tidak sedikit travel agent yang mendanai sendiri, karena mereka memiliki overhead awal yang rendah dan dapat dimulai dengan cukup mudah, meskipun menghadapi persaingan yang ketat untuk menonjol.

  • Lokasi Bisnis Travel Agent

Dalam menentukan lokasi bisnis travel agent, sebaiknya memilih tempat yang mengakomodasi kebutuhan ruang anda serta mencerminkan citra merek yang anda inginkan. Meskipun lalu lintas pejalan kaki, kemungkinan besar tidak akan menjadi motivator utama dalam memilih lokasi bisnis tersebut.

  • Lisensi Untuk Bisnis Travel Agent

Bisnis perjalanan, sebagian besar adalah bisnis yang cukup sederhana untuk didirikan. Tidak seperti memulai bisnis apotek, tidak ada banyak birokrasi legal dalam hal menjadi travel agent dan memulai bisnis perjalanan. Kemudian tanyakan apakah memerlukan lisensi. Di sebagian besar lokasi, anda tidak memerlukan lisensi atau sertifikasi khusus, tetapi persyaratan lisensi akan berbeda di setiap negara bagian dan negara.

Manfaat dan Tips Berjualan Via Google Bisnisku Untuk Bisnis Travel Agent

Google Bisnisku memainkan peran penting dalam optimasi pencarian lokal. Sehingga Profil Bisnis anda dapat memperoleh tempat di cantuman bisnis lokal teratas di hasil penelusuran organik, bahkan lebih baik lagi naik peringkat menjadi yang tertinggi di Google Maps.

Jadi, ada banyak hal yang dapat anda lakukan dengan Google Bisnisku, asalkan anda memiliki kepemilikan atas cantuman anda.

Dengan akses ke setiap fitur maka anda dapat menyempurnakan Profil Bisnis anda. Hal ini dapat dengan cepat mengubah para pencari online menjadi pemesan. Terdapat beberapa tips berjualan via Google Bisnisku untuk bisnis travel agent yang dapat anda lakukan, yaitu sebagai berikut.

  1. Menyiapkan dan Mengoptimalkan Profil Anda

Hal pertama untuk pengoptimalan Google Bisnisku adalah memasukkan informasi selengkap mungkin. Sangat penting untuk tidak melewatkan langkah apa pun karena daftar lengkap adalah daftar teratas di hasil pencarian google nanti.

Selain itu, semakin detail informasi bisnis anda maka semakin baik. Sehingga wisatawan dapat mengetahui semua yang perlu mereka ketahui di satu tempat. Saat mendaftar ke cantuman Google Bisnisku, anda perlu memasukkan beberapa informasi untuk memulai. Ini termasuk detail seperti nama bisnis anda, alamat fisik, situs web, media sosial, jam kerja, deskripsi bisnis, foto, video, ulasan sejawat, metode pembayaran yang diterima dan lain sebagainya.

Semua itu untuk membantu pengguna internet dan Google untuk mengenal bisnis travel agent anda lebih baik. Selanjutnya, Anda perlu menambahkan kategori dan deskripsi bisnis.

Bagian ini penting untuk dilakukan dengan benar agar Google tahu persis cara membantu wisatawan menemukan bisnis anda di penelusuran.

Pastikan untuk menghindari menjejalkan deskripsi ini dengan kata kunci, karena dapat memengaruhi peringkat secara negatif. Setelah itu, ke detail kontak telepon dan URL situs web anda. Setelah semua informasi itu masuk, maka anda perlu memverifikasi bisnis yang anda jalani.

  • Memverifikasi Pendaftaran Anda

Verifikasi oleh Google sering dilakukan dengan mengirimkan kartu pos kepada anda melalui surat. Setelah menerima dari layanan pos, anda akan menemukan kode otentikasi unik di dalamnya untuk masuk secara online dan memverifikasi pendaftaran. Sekarang setelah anda memverifikasi profil anda dan sedang online, sebaiknya lihat kembali informasi yang telah anda masukkan sebelumnya dan pastikan semuanya benar.

  • Tambahkan Gambar dan Video

Selain deskripsi bisnis, anda juga dapat menambahkan gambar dan video ke profil anda. Bahkan, sangat disarankan untuk menambahkan foto karena cantuman dengan foto melihat tingkat keterlibatan yang jauh lebih tinggi. Anda juga dapat menambahkan video tour pendek yang berkaitan dengan layanan yang anda lakukan. Hal ini akan membantu calon pelanggan membayangkan memiliki pengalaman, dan menghindari ketakutan yang mereka pikirkan. Foto dan video dengan kualitas tinggi lebih baik. Selama anda memasang konten, maka calon pelanggan akan melihat.

baca juga

  • Minta Ulasan Google

Google merupakan platform ulasan terbaik untuk operator tour. Karena ulasan Google meningkatkan peringkat pencarian. Anda dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan posisi yang lebih tinggi berdasarkan kebaruan, frekuensi dan kualitas agent travel yang anda tawarkan.

Selain itu, wisatawan lebih cenderung memercayai bisnis agent travel dengan ulasan positif pada daftar dan peringkat rata-rata 4 bintang ke atas. Anda bisa mendapatkan lebih banyak Ulasan Google dengan menyebutkannya di akhir tour dengan meminta ulasan pelanggan anda. Ingatlah untuk menanggapi ulasan baik positif maupun negatif, karena itu menunjukkan komitmen anda terhadap kepuasan pelanggan.

  • Ambil Pemesanan di Google

Pesan dengan Google relatif baru di Google Bisnisku. Saat ini, industri wisata juga memiliki akses ke fitur luar biasa ini. Dengan integrasi Pesan dengan Google, calon pelanggan akan melihat ketersediaan real time anda di Profil Bisnis dan dapat maju secara intuitif melalui langkah-langkah pemesanan tanpa menavigasi ke tempat lain. Bagi anda sendiri dapat melacak pemesanan ini di dasbor reservasi anda, sementara inventaris anda diperbarui secara otomatis.

  • Lihat Wawasan Cantuman Google

Platform pemasaran digital apa pun yang anda pilih, penting untuk melacak dan menganalisis hasil konten dan profil bisnis anda. Mengenai cantuman ini, mudah untuk melakukannya di panel Wawasan. Di sana, anda dapat melihat total pencarian, cara pengguna Google menemukan cantuman anda, di mana mereka melihat bisnis anda tindakan apa yang mereka ambil dan lain sebagainya. Dengan menggunakan data ini, maka anda dapat mempelajari lebih lanjut tentang perilaku tamu, mencari tahu apa yang akan anda lakukan dengan baik dan cara terus mengoptimalkan cantuman Google Bisnisku.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

 

Hello!

SEO Manager Kami Membantu Anda

× SEO Consultation