Jasa SEO Undercover

Solusi Webserver

Masalah yang Ditemui Saat Menggunakan Web Server dan Solusinya , Banyak hal dapat terjadi pada web server yang Anda miliki, misalnya ketika down aau tidak lagi terhubung ke internet, website menjadi sangat lambat ketika di buka. Semua itu dapat menjadi sebuah awal bencana bagi bisnis Anda.

Ketika website tidak bisa diakses oleh client Anda, mereka bisa jadi langsung berindah ke kompetitor Anda. Sudah banyak penelitian yang menunjukan bahwa halaman website yang lambat dapat merusak brand dan reputasi, meningkatkan rating penolakan, dan dapat membuat client menjadi stress. Sehingga wajar jika mereka beralih ke website lain.

Agar dapat mengantisipasi hal-hal buruk tersebut, kami akan bagikan beberapa masalah yang umum dialami oleh web server serta bagaimana cara mengatasinya. Berikut simak penjelasannya:

Masalah Loading halaman website yang lambat

Hampir sebagian besar pengunjung sebuah website akan meninggalkan sebuah halaman jika tidak memuat kontennya dalam waktu tiga detik. Oleh karena itu kecepatan dan akses yang mudah memang menjadi kunci dalam memberikan layanan terbaik di website Anda.

Namun sayangnya masalah halaman website yang lambat ini sering sekali terjadi. Banyak hal yang dapat menjadi penyebabnya dari mulai setting dari web browser pengunjung sendiri, sampai dalam masalah yang disebabkan oleh web server.

Sebelum melihat apakah masalah ini disebabkan oleh web server atau web browser, Anda dapat mencoba terlebih dahulu membuka website dari browser lain dan jaringan lain. Jika memang masalah berasal dari web server, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

Penyebab masalah yang sering terjadi ketika halaman website lambat dari web server diantarnya karena ukuran gambar dan file-file data website yang besar. Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat mengkompres data file baik itu image, file, css, atau js dari website untuk mengurangi beban kerja web server.

Penyebab lain adalah terlalu banyak menggunakan plugin atau comment serta social media script. Jika ini penyebabnya, maka Anda perlu benar-benar memilah dan menghapus plugin, comment, dan script yang tidak benar-benar dibutuhkan.

Solusi Webserver
Solusi Webserver

Masalah trafik yang terlalu tinggi

Tujuan utama dari memiliki sebuah layanan website tentunya adalah untuk mendapatkan lead atau orang yang tertarik dengan produk yang Anda tawarkan. Memiliki trafik kunjungan yang tinggi di website menjadi sebuah pertanda baik bahwa strategi marketing And berhasil.


Masalahnya karena website terlalu menerima banyak trafik kunjungan, dapat menyebabkan halaman website lambat di muat, beberapa fitur tidak mau berjalan, bahkan bisa memungkinkan rusaknya layanan website.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut Anda dari awal harus benar-benar memastikan memilih web server dengan kemampuan terbaik. Sehingga dapat mengatasi semua masalah tingginya trafik ini secara cepat.

Tidak dapat terhubung sama sekali ke web server

Masalah ini sering terjadi, jangan panik ketika Anda sama sekali tidak dapat mengakses web server Anda. Untuk mengatasinya Anda perlu mengetahui internal IP dari website Anda lalu coba akses dari internal IP tersebut.

Server crash tanpa ada alasan khusus

Ketika Anda menemui masalah server yang crash, cobalah untuk tidak panik lalu buka ulang. Hal ini memang kadang terjadi karena adanya plugin yang terlalu kompleks atau tidak dibangun dengan sempurnya. Jika masih tetap tidak bisa di akses dan tidak ada pesan error, Anda dapat mencona untuk reinstall half-life dedicated server (HLDS)

Serangan virus, hacker atau malware

Serangan ini dapat sangat mengganggu secara signifikan pada layanan web server Anda.

Virus atau malware ini semacam program jahat yang dapat merusak melalui lubang kemanan yang dialami server. Jika mereka berhasil menyusup, maka web bisa menjadi lambat, server kelebihan beban, dan banyak hal buruk lainnya.

Untuk serangan hacker atau cyber attack bisa terjadi misalnya dalam bentuk serangan DdoS dengan mengganggu web server. Membanjiri web dengan request sehingga server merasa tak mampu melayani request hingga down.


Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan. Pertama dengan mengurangi risiko dengan tidak mendownload software/plugin/template ilegal. Dapatkan semuanya dari sumber terpercaya dengan sistem yang memiliki reputasi baik.


Kedua selalu lakukan backup pada server Anda, sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, website dapat kembali aktif dengan cepat dengan di backup. Ketiga selalu gunakan sofware, plugin, atau theme yang terbaru. Jangan lewati atau mengabaikan update yang diberikan oleh pengembang sebab biasanya update tersebut berisi perbaikan dari celah kemanan.

Selain itu pastikan Anda memberikan filter terhadap semua yang memberi kesempatan user melakukan input data. Misalnya dengan menambah Captcha dan filter pembatasan ekstensi tertentu yang dapat di unggah.

Kegagalan Hardware Web Server

Masalah ini merupakan masalah umum yang terjadi di web server. Usia server sangat berpengaruh terkait masalah kegagalan hardware ini. Menurut data statistik, server yang memiliki usia 5 – 7 tahun dapat mengalami kemungkinan kegagalan hardware sekitar 50%.

Untuk dapat mengatasi ini, Anda perlu terus merawat, meningkatkan dan memonitor hardware web server Anda. Pilih penyedia layanan web server yang memang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan mengatasi hardware failur ini dengan baik.

Tips Troubleshooting masalah Web Server

Jika Anda mengalami masalah di web server, sebenarnya banyak hal yang bisa terjadi. Secara umum berikut tips yang dapat dilakukan untuk melakukan pengecekan bagian mana yang mungkin menjadi masalah pada web server.

Sebelum melakukan troubleshooting web server, Anda perlu mengetahui masalah webserver dapat dikategorikan menjadi tiga yaitu:

  1. Masalah hardware
  2. Masalah konfigurasi sistem operasi
  3. Masalah aplikasi/ service yang terkait

Sebelum mendapatkan solusi dari masalah web server, Anda perlu memetakan terlebih dahulu dari mana asal masalah sehingga bisa segera mendapatkan solusi yang paling pas sesegera mungkin.

baca juga

    Selanjutnya berikut tips yang dapat digujunakan untuk mencari tahu masalah web server dan solusinya.

    1. Lakukan standar troubleshooting secara rutin

    Setiap mengalami sebuah kesalahan atau error di web server, langsung lakukan pengecekan standar terutama hal-hal esensial. Jika perlu buat checklist untuk memudahkan dan memastikan tidak ada yang tertinggal.

    • Cek kesalahan dari masalah physical layer.
    • Lakukan ping untuk mengecek apakah server, website, atau perangkat web server masih hidup
    • Manfaatkan layanan tool untuk memonitor sebuah web server dapat memudahkan pekerjaan trouble shooting Anda
    • Gunakan tool Traceoutuntuk mengetahui pinpoint dimana koneksi rusak

    Lima tips tersebut dapat Anda gunakan untuk memastikan masalah yang terjadi dari web server Anda. Tidak mudah memang merawat sebuah web server agar terus berjalan baik demi kelancaran website Anda. Namun mempelajari cara troubleshooting dan mengetahui masalah lengkap dengan solusi untuk web server dapat membantu Anda menjadi lebih cepat mengatasi masalah jika suatu saat terjadi.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!