Google Trends

Undercover.co.id – Google Trends , Traffic yang tinggi adalah idaman setiap para pemilik situs web. Sudah barang tentu, hal ini menjadi sebuah kewajaran dalam dunia internet.

Tidak hanya dalam menjalankan situs web, akun media sosial atau Youtube channel juga diharapkan oleh pemiliknya supaya menerima tingginya engagement yang diterima dari penikmat kontennya.

Untuk mendapatkan hal tersebut, tentu saja itu bukanlah perkara mudah.

Diperlukan beberapa riset dan pengumpulan data agar mampu memproduksi konten yang dicari-cari oleh pengguna internet (peselancar situs web/media sosial).

Temukan Kepopuleran Terkini dengan Google Trends

Konten yang baik dan ramai diminati ialah konten berkualitas dan memiliki tema yang sering dicari terkini.

Lalu bagaimana bisa kita mengetahui apa tema yang sedang nge-trend terkini atau beberapa hari sebelumnya?

Pada akhirnya, kita membutuhkan bantuan lagi dari perusahaan terkemuka, Google.

Google memiliki segudang bantuan yang bisa membuat kita produktif dalam menyusun strategi produksi konten atau ingin memajukan situs web atau akun media sosial.

Tools yang disuguhkan oleh Google pada artikel ini adalah Google Trends.

Google Trends ialah suatu tools/alat gratis yang dihadirkan Google. Alat ini menyajikan banyak data dan dipresentasikan secara visual berupa grafik.

Data apa yang disajikan? Adalah data topik terkini yang lagi populer.

Atau yang lagi hangat-hangatnya dibahas dan ditelusuri oleh pengguna internet.

Baik telusuran yang berdasarkan di Google maupun platform video mereka, Youtube.

Menemukan Topik Hangat di Google Trends

Google Trends telah berjalan dari tahun 2006, dan masih beroperasi sampai sekarang.

Walau sudah berjalan selama 16 tahun dan update versi terakhirnya di 2018, tools ini masih eksis untuk dipakai para penggiat konten maupun SEO strategist dalam memproduksi konten mereka.

Hal ini disebabkan oleh gratisnya tools ini untuk dipakai. Apalagi tools ini dikembangkan oleh Google sendiri, selaku mesin pencari yang selalu dipakai oleh hampir seluruh pengguna internet.

Sehingga, data yang diperoleh bisa dikatakan akurat dan real-time.

Di dalam tools ini, akan diperoleh data tentang hal yang populer terkini, beberapa bulan yang lalu, atau bahkan beberapa tahun yang lalu.

Langkah awal agar dapat memanfaatkan tools ini adalah dengan mengunjungi link menuju halaman Google Trend di bawah ini:

https://trends.google.com

Link di atas akan otomatis penentuan regionnya berasal dari Indonesia.

1.    Memasukkan penelusuran kata kunci atau tema yang lagi hangat

Silakan masukkan kata kunci atau frasa tertentu yang ingin diketahui intensitas kepopulerannya.

Contohnya, “hidup minimalis”.

Setelah itu, muncullah data yang divisualisasikan dengan grafik terkait yang diketikkan di kolom pencarian tersebut.

Selain itu juga terdapat fitur perbandingan kata kunci dengan kata kunci lainnya.

Contohnya seperti “hidup minimalis” dan “minimalism”.

Maka akan muncul perbandingan grafik yang dibedakan dengan warna.

2.    Atur filter pencarian

Sudah muncul data grafik kata kunci yang dimasukkan, maka setelah itu silakan atur filter data tersebut.

Terdapat beberapa opsi yang berurutan dari kiri ke kanan. Yakni region, time range, kategori tag data, dan tipe pencariannya.

Jika Anda ingin mengetahui seberapa banyak kata kunci tersebut berdasarkan region atau negaranya, maka silakan pilih negara tertentu.

Tetapi jika tetap global, maka cukup memilih “worldwide”.

Selanjutnya, terdapat filter rentang waktu yang berfungsi untuk mengetahui seberapa banyak kepopuleran kata kunci tersebut pada waktu-waktu tertentu.

Baik sejak beberapa tahun lalu, maupun sampai yang terkini yakni satu jam yang lalu.

Kemudian, terdapat filter kategori tag yang bisa menyaring kepopuleran kata kunci tersebut berdasarkan topiknya. Jika ingin secara umum saja, maka bisa gunakan “all categories”.

Dan terakhir terdapat filter untuk mengetahui apakah kata kunci yang dicari tersebut sebuah web, gambar, berita, atau bahkan pencarian video youtube.

Setelah mengatur filter-filter tersebut, maka akan tampak seberapa populernya kata kunci yang Anda masukkan.

3.    Memanfaatkan data yang diperoleh

Setelah itu, Anda akan mendapatkan data-data yang lumayan lengkap.

Data tersebut sangat berguna untuk menentukan topik atau kata kunci apa yang akan dipakai dalam konten yang akan diproduksi.

Sebab, selain penunjukkan grafik popularitas data tersebut, juga disajikan oleh data terkait topik lain yang memiliki korelasi kata kunci yang dimasukkan.

Sehingga, terjadi perluasan gagasan ide yang berkaitan dengan rencana kata kunci Anda.

Lagipula topik yang tersaji di tools itu merupakan data yang diperoleh Google Trends juga.

Selain topik yang berkaitan, juga bisa memanfaatkan data beberapa keyword yang dimasukkan di mesin pencarian, serta yang turunan dari keyword Anda.

Kualitas Data yang Diperoleh

Penggunaan dari Google Trends akan disuguhkan data visual grafik tentang kata kunci yang Anda masukkan.

Lalu, bagaimana kualitas suguhan data yang tersebut?

Google Trends mendapatkan data dari mesin pencarian, dan menyajikan grafik data kepada pengguna Google Trends sesuai data apa yang dibutuhkannya.

Tentu keakuratan tersebut bisa dikatakan tepat. Karena sampel data yang diperoleh dari Google Trends ini berasal dari mesin pencarinya sendiri.

Walau metode dalam mendapatkan dan menyimpulkan data tersebut tidak dijelaskannya, meski begitu data tersebut bisa dipercaya karena kita tidak bisa mengukur kesalahan metode pengambilan sampel datanya.

Sehingga apa yang telah disajikan oleh Google Trend, itulah hasil yang sebenarnya.

Selain itu juga sudah banyak bukti bahwa data tersebut benar dan memiliki efek yang baik dalam menjadikan data Trends tersebut sebagai acuan dalam strategi SEO.

Dibuktikan dengan masih banyaknya pegiat konten dan SEO strategist yang menggunakan Google Trends sebagai acuan dalam menyusun konten mereka, contohnya dalam menentukan kata kunci yang bagus dan populer.

Benefit terhadap Produksi Konten SEO

Produksi konten dibutuhkan riset yang mendalam untuk menunjang keberhasilan meraih tujuan pembuatan konten tersebut.

Apalagi kalau kontennya merupakan salah satu bagian strategi SEO untuk mendulang traffic yang tinggi pada suatu situs web.

Sehingga produksi konten SEO Anda akan menjadi berjalan dengan lancar jika proses produksinya mengalami mandek di tengah jalan.

1.    Mengetahui trend yang sedang hot

Anda bisa mendapatkan insight mengenai trend apa yang lagi hot.

Baik dalam rentang waktu 1 jam lalu bahkan beberapa tahun yang lalu.

Dan Anda mampu memproduksi konten yang terkait hal itu dan memakai keyword yang relevan.

Sehingga bisa berbaur dalam gejolak trend tersebut.

baca juga

2.    Menemukan situs web yang bisa menjadi backlink

Selain menyajikan grafik visualisasi data, juga menyajikan situs web mana yang memiliki traffic tertinggi yang membahas trends tersebut.

Sehingga ini bisa menjadi salah satu backlink yang baik untuk strategi SEO situs web Anda.

Akhirnya, dengan mengambil benefit dari Google Trends, Anda akan tahu dan paham apa saja yang lagi nge-trend secara terkini.

Bahkan mampu menambah insight Anda sebagai digital marketer.

Selain itu juga sebagai salah satu acuan dalam produksi konten SEO, maka peluang untuk menuju keberhasilan strategi SEO akan besar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *