Jasa

Undercover.co.idBelajar Digital Marketing , Perubahan zaman selalu memberikan perubahan terhadap pola perilaku manusia, termasuk dalam bidang marketing. Jika anda mulai membangun bisnis online saat ini tentu saja anda memerlukan strategi marketing yang trend serta efektif dengan era digital.

Apa itu Digital Marketing dan Bisnis Online?

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah apa sih digital marketing dan bisnis online itu? apakah keduanya sama atau justru berbeda? Nah, bisnis online sebenarnya lebih besar dari digital marketing. Jadi digital marketing itu merupakan bagian dari bisnis online itu sendiri.

Bisnis online biasanya difokuskan pada manajemen dan pengadaan barang. Biasanya para pebisnis akan memikirkan produk apa yang sedang dibutuhkan, kemudian mereka akan membuat atau mengadakan pengadaan barang.

Karena bisnis ini online, maka bisnis ini harus dilakukan secara digital. Oleh sebab itu, digital marketing sangat diperlukan dalam bisnis online sebagai salah satu metode marketing yang menggunakan digital.

Bisnis Online
Bisnis Online

Bagaimana Membangun Bisnis Online dengan Digital Marketing?

Setelah mengetahui perbedaan antara bisnis online dan digital marketing, anda bisa memanfaatkan digital marketing ini untuk membangun bisnis online yang sedang anda jalani. Berikut terdapat beberapa langkah untuk membangus bisnis online dengan digital marketing:

Target Market dan Produk

Sebelum melangkah lebih jauh pada pemanfaatan digital sebagai strategi marketing yang anda jalani, anda harus memastikan siapa target market atau orang-orang yang menjadi sasaran anda dalam melakukan sebuah bisnis. Karena tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa bisnis ini dimulai dari produk, padahal anda harus menentukan target market anda terlebih dahulu.

Setelah anda menentukan target market untuk bisnis online anda, maka anda dapat menentukan produk apa yang akan anda jual.

Dalam berbisnis, anda harus memastikan bahwa produk yang akan anda jual itu laku dan dapat melayani banyak orang. Anda bisa memanfaatkan google trends untuk riset pasar. Sehingga anda bisa mengetahui produk atau jasa apa yang sedang trend dari mesin pencarian tersebut dalam suatu periode tertentu.

Dengan target market yang sudah anda tentukan, maka anda dapat dengan mudah menemukan seberapa besar taget market anda terhadap suatu produk atau jasa tertentu.

Bisnis Online
Bisnis Online

Tempat Distribusi

Setelah anda mendapatkan produk atau jasa yang akan anda jual, maka selanjutnya adalah menentukan tempat distribusi. Untuk mempermudah dan memperlancar penyampaian barang atau jasa, biasanya menggunakan iklan melalui majalah, koran, dan TV.

Namun tentu saja anda harus memiliki uang yang tidak sedikit. Selain itu, menggunakan iklan di media tersebut juga belum tentu sesuai dengan target market anda.

Di era digital saat ini orang-orang lebih sering aktif di sosial media. Oleh karena itu, strategi digital marketing yang bisa dimanfaatkan adalah distribusi di sosial media.

Dalam memutuskan suatu produk atau jasa, saat ini kebanyakan orang menerima informasi dari sosial media, misalnya dengan melakukan pencarian di google atau mengirimkan promosi melalui WhatsApp untuk mengklik link ke dalam sebuah landing page atau halaman iklan.

Dengan memanfaatkan media digital anda dengan mudah memberi informasi ke konsumen anda. Pastikan media digital yang anda pilih itu dapat menjangkau ribuan bahkan jutaan orang yang sesuai dengan target market anda. Inilah yang menjadi salah satu keuntungan dari mendistribusikan bisnis online anda melalui digital marketing, target marketnya tepat.

Karena dengan memanfaatkan media digital ini anda dapat menentukan demografi, usia, profesi, dan jenis kelamin yang sesuai dengan target market anda. Meski terdapat rate berapa post, namun bisa di custom dengan budget tertentu dan relatif lebih murah.

Bisnis Online
Bisnis Online

Konten

Hal selanjutnya yang anda perlukan untuk menjembatani antara target market dengan produk adalah melalui konten. Beberapa fungsi dari konten ini yaitu branding untuk memberitahu kepada target market anda tentang barang atau jasa yang anda jual dan perbedaannya dengan bisnis pesaing.

Fungsi lainnya yaitu sebagai media promosi, iklan di media digital, memberi tahu diskon, media penjualan, customer service, berinteraksi dengan target market dan sebagai sarana untuk review barang atau jasa kita bagi target market yang sudah ditentukan.

Konten ini berhubungan dengan jenis-jenis dari digital marketing yang perlu anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut.

Website Company

Website Company merupakan website yang digunakan untuk melakukan branding produk atau jasa dari bisnis anda. Dalam website ini juga anda bisa menampilkan profil dari bisnis anda sehinga bisnis yang anda punya terlihat lebih profesional bagi tarket market anda.

Disini anda bisa menjelaskan produk atau jasa yang anda punya secara detail, spesifikasi yang jelas, perbandingan dengan produk atau jasa yang sejenis, video yang relevan, review, testimionials, cara membeli sampai dengan harga produk atau jasa yang anda jual.

Dengan mengoptimalkan website ini anda tidak perlu lagi menyebarkan satu persatu flyer dan brosur. Karena dengan mudah anda dapat membagikan link website yang anda punya sehingga membangun branding lebih cepat, promosi lebih efektif dan menjual lebih banyak.

Belajar Digital Marketing
Belajar Digital Marketing

SEO (Search Engine Optimization)

SEO (Search Engine Optimization) digunakan untuk mendukung website yang telah anda buat. Dengan bantuan SEO ini dapat mengoptimalkan website dengan menuliskan kata kunci yang diharapkan dapat menjangkau pengguna internet untuk mengenal produk atau jasa yang sedang anda jalankan.

Anda juga dapat memanfaatkan google analytics untuk mengetahui konten apa yang dilihat para pengunjung, sehingga dengan tips SEO tersebut diharapkan dapat membantu menjangkau pengguna internet untuk mengenal bisnis yang sedang anda jalankan.

Sosial Media Merketing

Sosial media seperti Facebook, Instagram, WhatsApp, Tiktok, YouTube dan lain sebagainya pada mulanya digunakan sebagai hiburan dan berkomunikasi.

Kini di era digital ini, sosial media tersebut juga dapat dimanfaatkan untuk memasarkan bahkan menjual produk atau bisnis anda. Dengan sosial media ini maka kini pemasaran produk tidak lagi terbatas oleh jarak dan waktu.

Anda bisa menjangkau siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sehingga tidak menghalangi untuk melakukan komunikasi kepada siapaun dan dimanapun.

Digital Advertising

Digital advertising merupakan cara untuk mempromosikan sebuah bisnis melalui iklan digital. Digital advertising ini memanfaatkan sejumlah media seperti E-mail, aplikasi di smarthphone dan program afiliasi.

Anda dapat memilih platform mana yang cocok dengan bisnis anda, karena sebuah bisnis punya target masing-masing maka anda dapat menggunakan salah satu atau bahkan semua media untuk bisnis anda.

Setelah itu buatlah urutan konten yang akan anda buat. Misalnya melalui iklan advertising, kemudian list, edukasi, lalu landing page di website, dan produk terjual.

baca juga

Nah, itulah beberapa cara belajar digital marketing untuk membangun bisinis online bagi pemula.

Namun, dalam menggunakan digital marketing ini diperlukan pengetahuan atau bahkan skill khsusus yang harus anda kuasai. Misalnya dalam pembuatan konten di website maka jika anda tidak memiliki kemampuan tersebut maka anda dapat menggunakan jasa freelance untuk membantu anda.

Jasa
0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *