Digital Marketing Untuk Bisnis Jam Tangan

https://undercover.co.id – Digital Marketing Untuk Bisnis Jam Tangan , Bisnis jam tangan bisa menjadi salah satu bisnis yang dapat dipilih oleh para pebisnis.

Apalagi bisnis jam tangan dapat ditingkatkan keuntungannya dengan merancang dan membangun jam tangan sendiri. Meskipun ini melibatkan lebih banyak pekerjaan tetapi memberikan bisnis jam tangan yang benar-benar unik untuk dijual.

Cara Memulai Bisnis Jam Tangan Mewah dan Unik

Rencanakan Bisnis Anda

Hal yang penting agar sukses sebagai seorang pebisnis adalah sebuah rencana yang jelas. Sehingga hal ini akan membantu anda dalam memetakan secara spesifik bisnis anda dan menemukan beberapa hal yang tidak diketahui.

Beberapa topik yang perlu dipertimbangkan dalam rencana bisnis anda seperti berapa biaya awal dan biaya berkelanjutan yang diperlukan untuk memulai bisnis jam tangan mewah dan unik, menentukan target pasar anda dan menentukan nama bisnis anda.

Menentukan Target Market Anda

Selanjutnya anda harus menentukan siapa yang menjadi target market anda. Biasanya target pasar jam tangan mewah dan unik cenderung orang dewasa yang memiliki pendapatan bebas dan menghargai gaya. Pelanggan ini akan menggunakan jam tangan untuk memnuat pernyataan mode dan memiliki uang untuk membeli jam tangan mewah dan unik ini.

image size-full">
Digital Marketing Untuk Bisnis Jam Tangan

Pendanaan Bisnis Anda

Pendanaan bisnis yang anda rencanakan harus jelas berapa dan darimana sumbernya. Biaya yang diperlukan ini tidak hanya saat membuka bisnis jam tangan saja namun juga untuk biaya berkelanjutan.

Misalnya pendanaan awal atau membuka bisnis ini dibutuhkan untuk beberapa keperluan seperti membeli persediaan barang untuk dijual, menyiapkan kampanye iklan dan menyiapkan dan menghosting situs web sebagai toko online anda.

Kemudian biaya berkelanjutan yang termasuk dalam pendanaan ini misalnya seperti biaya hosting situs web, biaya pembelian inventaris dan pembayaran perbaikan klaim garansi.

Menentukan Nama dan Logo Bisnis Anda

Hal penting lainnya dalam memulai sebuah bisnis adalah memilih nama dan logo bisnis anda. Jika anda menjalankan bisnis dengan kepemilikan tunggal, maka beroperasi menggunakan nama bisnis dengan nama anda sendiri juga bisi menjadi pilihan.

Namun, anda juga dapat membuat pertimbangan lain dalam menentukan nama dan logo bisnis anda misalnya dengan memerhatikan alasan anda membangun bisnis atau berkaitan dengan visi misi anda membangun bisnis jam tangan.

Menentukan Lokasi Bisnis

Jam tangan memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpan inventaris.

Meski begitu pemilihan lokasi tetap harus dipertimbangkna dengan melihat beberapa hal seperti terletak di pusat kota dan meudah diakses. Selain itu desain ruangan juga harus dibuat dengan visi anda dan menarik untuk orang datang. Lokasi dan desin ruangan ini harus anda buat juga dengan menyesuaikan budget yang anda rencanakan diawal.

Mendaftarkan Bisnis Anda

Setiap negara atau kotamadya mungkin memiliki kebijakan bisnis yang berbeda. Namun, agar bisnis anda tidak menjadi masalah di masa yang akan datang, maka sebaiknya daftarkan nama bisnis anda.

Pastikan anda mempunyai dokumen yang diperlukan dan teliti sebelum mendaftarkan bisnis anda dengan memeriksa catatan bisnis negara bagian anda dan catatan merek dagang anda tidak memiliki kesamaan dengan yang lain.

Digital Marketing Untuk Bisnis Jam Tangan

Sumber Jam Tangan Untuk Bisnis

Terdapat beberapa sumber dalam pembuatan jam tangan untuk bisnis yang anda jalankan. Pastikan sumber manapun yang anda pilih dapat menciptakan jam tangan yang mewah dan unik, agar jam tangan yang anda jual memiliki ciri khas tersendiri untuk menarik pelanggan.

Membuat Jam Tangan Mewah dan Unik Sendiri

Margin keuntungan pada jam tangan lebih banyak ketika jam tangan dirakit dari bagian-bagian individual daripada dibeli sebagai unit yang diproduksi. Oleh karena itu, sumber jam tangan untuk bisnis ini dapat dilakukan dengan membuatnya sendiri.

Meski membuat jam tangan sendiri sangat mungkin untuk anda lakukan, namun teknis ini tergantung pada jenis jam tangan yang anda buat.

Jam tangan memiliki ukuran kecil dan masing-masing bagiannya rumit, jadi untuk menyatukannya membutuhkan latihan dan kemahiran. Sehingga anda perlu belajar dari seorang profesional dan meluangkan waktu untuk mempelajari seni pembuatan jam sebelum benar-benar menjual kreasi anda kepada pelanggan.

Keuntungan utama dari membuat jam tangan sendiri adalah jam tangan itu menjadi unik bagi pemakai dan kolektor jam tangan yang menghargai keahlian dan merek anda mempunyai khas tersendiri. Namun, mempelajari cara membuat jam tangan ini juga membutuhkan waktu belajar yang tak sedikit.

Digital Marketing Untuk Bisnis Jam Tangan

Grosir Jam Tangan Mewah dan Unik

Jika anda bisnis jam tangan, maka belum tentu menjual jam tangan merek sendiri. Banyak merek jam tangan memiliki program grosir dan jika anda memenuhi kriteria mereka, anda dapat membeli stok dari mereka dan menjual jam tangan mereka.

Memulai jam tangan juga bisa menjadi cara yang bagus untuk beralih ke penjualan jam tangan merek anda sendiri. Menjual merek jam tangan populer yang sudah dikenal dan disukai konsumen dapat mendatangkan traffic ke situs anda, dan begitu anda memiliki traffic yang stabil dan dana untuk memproduksi jam tangan sendiri, sehingga nantinya anda dapat menjual jam tangan anda sendiri.

Keuntungan utama dari produk jam tangan grosir adalah tidak perlu menghabiskan waktu dan dana untuk membuat jam tangan sendiri dan anda dapat menarik konsumen ke toko dengan lebih mudah karena mereka sudah terbiasa dengan merek grosir.

Namun, anda harus membeli inventaris di muka dari pemasok grosir dan akan terikat pada aturan dan ketentuan penjualan kembali mereka yang dapat membatasi bisnis anda.

Dari Pemasok Pabrikan Dengan Label Pribadi

Pilihan lain untuk sumber produk jam tangan adalah pemasok label pribadi. Pemasok label pribadi membuat produk jam tangan dan kemudian mereka akan menempatkan merek anda di atasnya, tanpa Anda harus benar-benar mendesain jam tangan sendiri.

Sehingga proses ini sedikit lebih mudah daripada membuat jam tangan sendiri. Keuntungan utama dari pelabelan pribadi Anda mendapatkan produk jam tangan dengan merek anda sendiri di atasnya tanpa harus meluangkan waktu, tenaga, dan dana untuk benar-benar membuat jam tangan.

Namun, anda tidak bisa menentukan tampilan jam tangan, sehingga mungkin saja produk anda tidak unik dan akan ada pedagang lain yang menjualnya.

Digital Marketing Untuk Bisnis Jam Tangan

Manfaat dan Tips Berjualan Via Tiktok Untuk Bisnis Jam Tangan Mewah dan Unik

Selanjutnya hal yang harus anda rencanakan adalah strategi marketing untuk bisnis yang anda jalankan. Marketing ini dapat anda lakukan dengan memanfaatkan melalui platform digital, mengingat saat ini banyak sekali orang yang aktif dalam beberpa platform digital seperti Tiktok.

Sebagai salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna, dengan memanfaatkannya sebagai bagian dari marketing maka akan membuat bisnis anda dikenal dan meningkatkan penjualan. Terdapat beberapa tips konten berjualan via tiktok untuk bisnis jam tangan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Cuplikan Video Pembuatan Jam Tangan

Konten yang dapat anda sajikan dalam Tiktok bisnis anda adalah cuplikan video pembuatan jam tangan. Video ini dapat berisi potongan-potongan kegiatannya saja, tidak perlu kegiatan keseluruhan yang digabungkan dengan memerhatikan estetika video agar menarik secara visual.

Anda juga dapat menyajikan video pembuatan seperti membuat jam tangan edisi terbatas. Dengan taktik pemasaran kelangkaan dapat mendorong pelanggan untuk membeli dengan cepat karena mereka tahu bahwa hanya ada sejumlah stok yang dibuat dan setelahnya habis.

  • Tampilkan Orang yang Bekerja Dengan Anda

Jika anda memang memiliki orang-orang yang bekerja dengan anda. Maka anda dapat menampilkannya dalam sebuah konten video. Anda dapat membuat video seperti rutinitas harian anda bersama mereka. Sehingga anda dapat menciptakan aksebilitas serta membangun koneksi dengan audiens anda melalui tour singkat yang disajikan.

  • Bagikan Tips

Anda juga dapat menampilkan video tutorial sebagai bagian dari konten. Jadi, meskipun Tiktok ini digunakan sebagai media pemasaran sebuah produk, maka anda tidak harus membuat konten jualan saja. Anda bisa membagikan berbagai trik seputar jam tangan misalnya tips agar jam tangan tidak berembun atau tips agar jam tangan awet dan tahan lama.

  • Penawaran Kreatif Melalui Siaran Langsung

Saat akun bisnis anda di Tiktok sudah memiliki banyak pengikut, misalnya 1000 orang. Maka anda dapat melakukan siaran langsung agar terlibat dan berkomunikasi dengan audiens anda.

Selain itu, beri penawaran kreatif untuk mereka. Tawarkan jam tangan berharga rendah dan tinggi untuk mendatangkan pelanggan dari kedua ujung spektrum harga.

Saat anda baru mulai merek jam tangan, anda mungkin tidak dapat memenuhi semua titik harga. Namun, seiring pertumbuhan bisnis anda maka kembangkan koleksi yang melayani kedua jenis pelanggan sehingga dapat mendatangkan beragam pelanggan.

baca juga

    Anda juga dapat menawarkan personalisasi, hal ini dilakukan karena jam tangan sering dibeli sebagai benda pusaka yang akan diturunkan dari generasi ke generasi, diberikan sebagai hadiah, dibeli untuk menandai momen tak terlupakan dalam hidup seseorang.

    Maka tawarkan layanan personalisasi seperti ukiran di bagian belakang kotak arloji atau di tali arloji untuk membuat jam tangan anda semakin mewah dan unik.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!