Fitur Terbaru dari Google Disavow Tool

SEO UNDERCOVER CO ID 99
Jasa

undercover – Google mengumumkan bahwa fitur Disavow Link sekarang sudah “bermigrasi” ke interface baru Google Search Console, dengan beberapa perubahan baru tentunya. Google juga meng-update halaman bantuan mereka dengan arahan terbaru.

Fitur Disavow Link membantu pengguna untuk menghapus atau membuang link spam yang mengarah ke situs atau website mereka. Fitur ini juga bisa memberi sinyal kepada Google bahwa backlink spam ini tidak perlu dihitung.

Backlink adalah link yang menghubungkan website lain ke website kita. Singkatnya, backlink adalah link yang terdapat di website lain, yang jika di-klik akan mengarah ke website kita.

Karena bisa meningkatkan popularitas dan traffic website , banyak pemilik website yang menanamkan banyak link di berbagai website. Tapi dengan semakin berkembangnya algoritma Google, backlink yang berlebihan bisa dianggap sebagai link spam yang tidak normal.

Disavow Link ini adalah fitur yang muncul sebagai keluhan dari para pengguna karena dampak dari algoritma Penguin Google. Algoritma ini adalah algoritma link yang memberikan penalti kepada website-website yang memiliki link spam.

Dampaknya, beberapa pengguna kehilangan traffic selama beberapa bulan atau lebih karena tersangkut algoritma Penguin ini. Pengguna yang terjaring harus menghubungi setiap pemilik website tempat mereka membeli link.

Penalti ini sangatlah merepotkan karena harus menghubungi pemilik website meminta link dihilangkan, termasuk link dari situs yang mungkin tidak mereka beli tapi terlihat mencurigakan. Setelah awalnya menolak, Google akhirnya menyadari pentingnya tool yang dapat membantu dan merilis fitur Disavow Link ini.

Keinginan pengguna menghilangkan backlink ini biasanya muncul karena dua hal:

  • Trik menanam link yang tidak bekerja dan menghabiskan energi dan uang untuk pemasangannya (dan sekarang juga butuh banyak energi dan uang lagi untuk menghilangkannya)
  • Seseorang (bisa jadi kompetitor bisnis) yang sengaja menanam link buruk yang mengarah ke website pengguna supaya mendapatkan penalti.
Google Disavow Tool

Penggunaan lain dari Disavow Tool

Sejak awal, Disavow Tool ini diperuntukkan untuk menghilangkan link-link spam. Tapi seiring berjalannya waktu, para pemilik website memanfaatkan website ini untuk membasmi link random yang mereka rasa menyebabkan peringkat website mereka turun.

Itu bukanlah tujuan awal pembuatan fitur ini oleh Google. Instruksi Google jelas menuliskan “gunakan untuk link yang menyebabkan tindakan manual atau kemungkinan menyebabkan tindakan manual”.

Sama sekali tidak tertulis di instruksi untuk menggunakan Disavow Tool ini untuk memperbaiki ranking kata kunci yang turun. Rekomendasi Google ini jelas sangat bertolak belakang dengan penggunaan Disavow Tool untuk memperbaiki peringkat website yang menurun di halaman pencarian.

Perbaikan Disavow Tool

Berikut adalah beberapa perubahan dan perbaikan baru dari fitur Google Disavow Tool:

  • Perbaikan interface
  • Dapat men-download disavow file dalam bentuk text
  • Laporan error untuk file yang di-upload sekarang tidak dibatasi sampai 10 error

baca juga

    Update dari halaman bantuan Disavow Tool

    Google juga meng-update halaman bantuan fitur Disavow Tool dengan menambahkan beberapa tambahan informasi dan instruksi. Sebagai contohnya, sekarang maksimum ukuran file adalah 100.000 baris dan 2 megabytes.

    Ada juga beberapa tambahan informasi seputar cara menghilangkan semua link spam.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!