Panduan Membangun Backlink

SEO UNDERCOVER CO ID 79

underover.co.id – Backlink, merupakan hal terpenting dalam meraih kesuksesan kampanye SEO . Panduan terbaru pada artikel kali ini akan mengajarkan langkah-langkah terbaik untuk membangun backlink ini.

Apakah SEO Anda sudah benar-benar sukses? Apakah Anda sudah mengetahui cara mana yang bekerja dan yang tidak bekerja?

Table of Contents

Apa itu Backlink?

‘Backlink’ tercipta ketika sebuah situs menautkan link yang akan mengarahkan kesitus lain. Dan situs yang menautkan link situs lain tersebut dinamakan dengan ‘Eksternal Backlink’.

Bagaimana Backlink terlihat :

Peringkat SEO itu dapat diumpamakan seperti rangkaian puzzle, dan backlink-backlink tersebutlah bagian terbesar dari puzzle tersebut. Sebelum menuju kepada materi langkah terbaik membangun backlink, Anda perlu memastikan apakah situs Anda sudah siap untuk menerima backlink?

Sedikit Backlink Namun Efektif

Sisi buruk dari link buliding adalah, hal ini sangat memakan waktu dan biaya. Untuk melawan kedua masalah tersebut, Anda harus mempelajari langkah untuk mendapatkan keuntungan dari setiap backlink.

Berikut ini langkah yang dapat digunakan untuk menyempurnakan goal tersebut :

  • Secara teknis Anda harus memiliki situs SEO yang sudah dioptimasi
  • Anda harus memiliki arsitektur situs SEO yang kuat
  • Situs SEO harus berisi konten-konten berkualitas

Langkah Dasar Backlink

Dan berikut ini adalah langkah dasar yang perlu dijalani sebelum melompat ke link building :

Memperbaiki seluruh kerusakan teknis

Jika sebuah situs memiliki kerusakan teknis, maka hal itu akan mengganggu pengalaman pembaca. Ketika pengalaman pembaca terganggu, maka Google akan segera bertindak untuk membatasi pertumbuhan traffic situs tersebut.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah, segera menyelesaikan masalah tersebut. Jika tidak maka mungkin Anda akan berpikir, mengapa backlink Anda tidak bekerja?

Sekali lagi, Anda perlu menempatkan SEO seperti rangkaian puzzle. Anda tidak dapat menyelesaikan puzzle jika tidak memiliki semua bagian dari puzzle tersebut.

Pastikan secara teknis situs Anda sudah dioptimasi pada bagian terpenting dari SEO puzzle.

Beberapa masalah teknis yang perlu Anda perhatikan :

  • 404 error
  • 302 redirects
  • Kecepatan saat memuat situs ( kecepatan dapat diukur menggunakan Google PageSpeed Insights)
  • Ramah perangkat mobile
  • Kerusakan Canonical
  • META data terduplikat

Mengembangkan arsitektur yang kuat

Arsitektur situs adalah bagaimana link ekuitas terdistribusi melalui situs anda. Semakin baik arsitektur situs, maka akan semakin sedikit backlink yang dibutuhkan.

Jika Anda menggunakan pendekatan SEO berbasis konten, maka langkah terbaiknya adalah dengan membalikkan silo SEO.

Apa itu silo SEO? Singkatnya, silo merupakan struktur dari sebuah situs.

Menghasilkan konten berkualitas

Konten merupakan bagian terakhir sekaligus bagian terpenting dalam SEO puzzle. Strategi konten yang Anda gunakan mungkin saja akan membuat kesuksesan bagi kampanye SEO, namun mungkin juga akan menghancurkannya.

Tidak peduli seberapa banyak backlink yang Anda dapat, tidak peduli sebaik apa Anda melakukan optimasi pada situs, jika Anda tidak menangani konten dengan serius, maka semuanya akan sia-sia. Maka sebaiknya Anda dapat menyiapkan konten yang matang.

Konten yang buruk dapat mengakibatkan penurunan traffic secara drastis. Perlu Anda ketahui bahwa konten akan menentukan kesuksesan dari SEO.

Aturan Mendapatkan Backlink Berkualitas

Berikut 5 aturan pokok untuk mendapatkan backlink yang berkualitas :

Relevansi

Relevansi merupakan kriteria paling penting untuk link tambahan yang efektif. Google mengartikan relevansi berdasarkan 3 hal :

  • Relevansi tema umum konten dengan link domain
  • Relevansi antara halaman konten dan link
  • Relevansi backlink yang menuju domain

Perlu diingat:

Link yang tidak memiliki kepercayaan relevansi aliran topikal masih memiliki perluang. Evaluasi peluang Anda dengan melalui metriks pihak ketiga.

Site Authority

Saat ini Google sudah tidak lagi melakukan update pada PageRank, dan Anda harus percaya  pada metriks pihak ketiga. Tidak ada tools yang benar-benar sempurna untuk menganalisa pihak ketiga, namun mereka akan melakukan pekerjaannya dengan baik.

Artikel sebelumnya sudah menjelaskan mengenai tools terbaik untuk SEO. Tools analisis terbaik adalah :

  • Majestic
  • Ahrefs
  • Open Site Explorer

Fokus kepada situs dan traffic asli

Mendapatkan backlink dari situs yang memiliki traffic asli merupakan cara lain untuk memperkuat tier utama SEO. Backlink tersebut merupakan backlink yang sangat susah untuk didapat namun juga merupakan backlink yang paling menguntungkan.

Anda akan membutuhkan tool semacam SEM Rush untuk menganalisa karena Anda tidak dapat mengetahui secara tepat jumlah traffic sebuah situs tanpa masuk kedalam analitik mereka.

Mendistribusikan Anchor text dengan cerdas

Anchor text merupakan teks yang bisa diklik yang terdapat dibagian atas Hyperlink atau URL. Mendistribusikan backlink anchor text secara sembarangan dapat merugikan Anda hingga dua kali lipat.

Kesalahan dalam mendistribusikan anchor text dapat menghambat situs Anda untuk mendapatkan peringkat. Yang paling penting, anchor text yang agresif akan mengakibatkan penalti. Sebagai aturan umum, Anda harus tetap menjaga agar anchor text tetap sama persis dibawah 1%. Sebagian besar anchor text harus diberi cap.

Backlink berada dilingkungan ‘bersih’

Anda harus fokus untuk mendapatkan backlink dari situs berstAndar tinggi. Jika mereka memiliki link yang bersifat scammy, tentu saja Anda tidak akan menginginkan backlink dari situs tersebut.

Pastikan untuk memeriksa situs prospektif dan tanyakan :

  • Apa yang mereka hubungkan?
  • Apakah outbound link mereka relevan?
  • Apakah outbound link mereka menuju situs yang terpercaya?

Jika Anda melihat “perjudian” atau apapun itu pada situs yang menjadi target backlink, maka jauhi situs tersebut. Anda tahu bagaimana seharusnya situs bersih terlihat. Sekarang akan dijelaskan backlink seperti apa yang tidak seharusnya digunakan untuk tier utama SEO Anda.

Hindari Tier Utama Dari Backlink Buruk

Hindari tier utama SEO dari backlink berikut “

Ada beberapa backlink yang seharusnya tidak menyentuh situs Anda. jika Anda tetap memilih untuk menggunakan backlink tersebut, ketahuilah bahwa potensi Anda untuk mendapatkan penalti dari Google akan semakin besar.

Segala sesuatu yang tidak relevan

Tier utama SEO seharusnya merupakan dinding dari relevansi keseluruhan situs Anda. Dikatakan ‘hampir seluruh’ link harus relevan karena ada beberapa situasi yang tidak menjadikan relevansi sebagai sebuah kewajiban.

Jaringan publik

Anda dapat mendatangi seluruh forum SEO dan membeli backlink pada jaringan publik. Jaringan-jaringan tersebut akan sering mengatakan di iklan bahwa layanan mereka merupakan “jaringan blog pribadi”. Namun itu semua hanyalah iklan.

Sekali Anda beriklan dijaringan, maka itu tidak akan lagi menjadi pribadi. Melihat kedalam sejarah pendeknya, Google akan melakukan cara untuk membasmi jaringan publik. Setelah itu, mereka akan menghancurkan seluruh situs yang menggunakan jaringan tersebut.

Sangat mudah bagi Google untuk menemukan jaringan tersebut, karena :

  • Terdapat jumlah outbound link yang berlebihan pada halaman utama. Rata-rata terdapat 25-50 lebih outbound link. Halaman utama pada sebuah situs tidak mungkin memiliki outbound sebanyak itu.
  • Otubound link tersebut tidak memiliki relevansi satu sama lain, terdapat beberapa link yang menuju situs SEO, situs kebugaran, situs makanan, dan masih banyak lagi. Hal ini sangat tidak masuk akal
  • Konten yang sangat pendek dalam setiap postingan, konten-konten tersebut hanya mencapai panjang 250 hingga 300 kata saja. Algoritma Google PAnda sangat tidak menyukai jenis konten yang pendek seperti ini.
  • Anda bisa berlari, namun tidak dapat bersembunyi. Sebagian jaringan akan mencoba untuk melakukan block terhadap usaha tool crawler seperti Ahrefs dan Majestic. Disisi lain, jaringan tidak akan melakukan blok kepada crawler yang mana akan mengakibatkan crawler tersebut mendapatkan laporan yang diberikan kepada Google oleh sebagian kompetitor yang marah. Ini merupakan situasi lose-lose. Tentu akan sangat merugikan.

Komentar di Blog

Backlink yang didapatkan dengan cara meninggalkan komentar diblog lain memang merupakan langkah yang paling murah yang dapat dilakukan. Namun hal tersebut juga merupakan langkah sempurna untuk mengantarkan situs Anda kepada penalti Google.

Coba Anda bayangkan,

Outbound link yang berlebihan + link yang tidak relevan + outbound link yang mengarah kepada ‘lingkungan yang buruk’ = sebuah backlink racun

Jika Anda masih mengingat aturan ke #5, tentu saja Anda tidak menginginkan backlink yang berasal dari lingkungan tersebut.

Sidebar atau footer backlink

Mungkin saja sidebar dan footer backlink dapat bekerja dengan baik, namun cara ini juga beresiko bagi situs Anda. Link yang berdiri sendiri akan terlihat seperti backlink berbayar, dan Anda seharusnya mengetahui bagaimana Google menagani hal seperti ini.

Vendor yang menjual otoritas backlink berkualitas tinggi tersebut juga akan menjualnya kepada situs yang lain. Kebanyakan dari situs-situs tersebut tidak relevan dengan situs Anda.

Sebagai pengingat, Anda tidak akan menginginkan link Anda tinggal bersama link yang tidak relevan atau link yang berasal dari ‘lingkungan yang kotor’.

Satu lagi note penting untuk sidebar atau footer backlink :

Link-link tersebut hampir selalu merupakan link yang digunakan untuk memperluas situs. Hal ini akan mengganggu situs jika Anda menggunakan anchor text. Hal tersebut juga dapat merusak poril dari anchor text.

Namun jika Anda memilih untuk menggunakannya, maka sangat direkomendasikan untuk menggunakan anchor text yang terpercaya.

Ada satu pengecualian untuk aturan ini : jika Anda dapat memanipulasi codenya, maka link Anda akan tampil hanya dihalaman utama.

Automasi backlink

Sebagaimana aturan umum dari kekuasaan, Anda seharusnya menghindari automasi tool untuk link building pada tier utama.

Sebagian dari software-software tersebut termasuk Ultimate Demon,SENuke, GSA. Software tersebut akan mempengaruhi platform dan akan dengan mudah menggiring penalti ke situs Anda.

Anda sekarang sudah mengetahui apa yang link Anda butuhkan untuk menghindari masalah tersebut seperti wabah. Selanjutnya akan dijelaskan langkah untuk mempertahankan otoritas situs.

Direktur SEO, Pengembang, Pembicara, Penulis di Site Objective Situs Brian Harnish membongkar tautan yang sangat buruk yang berakibat menenggelamkan web anda dari Google.

Dia menulis di searchenginejournal.com sebagai berikut.

Setiap profesional SEO tahu bahwa tautan beserta konten adalah tulang punggung SEO.

Tautan tetap menjadi salah satu faktor yang menentukan peringkat di Google secara signifikan.

Apa yang terjadi ketika Anda mendapatkan tautan buruk pada skala yang cukup banyak hingga dapat merusak situs Anda?

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

undercover.co.id – Membahas SEO tak lengkap rasanya tanpa membahas backlink. Dengan backlink, situs Anda akan tertancap kuat, dan akan mendapatkan reputasi baik di mata Google.

Apa itu backlink?

Backlink adalah sebuah link yang mengarah ke situs Anda. Di setiap artikel, kami selalu menyertakan sumber lengkap dengan tautannya.

Nah, link yang kami tulis di artikel merupakan backlink untuk situs tersebut. Situs Anda pun kelak demikian; bila ada yang membicarakan situs Anda, lalu menuliskan link ke situs Anda tersebut, maka Anda baru saja mendapatkan backlink.

Algoritma Google selalu berubah, namun ada satu hal yang hingga kini masih jelas; backlink masih jadi faktor penentu SEO.

Ini mematahkan banyak teori yang menyatakan kalau backlink sudah tak dianggap oleh Google. Backlink memang sering jadi sasaran dalam melakukan black hat SEO, namun pada akhirnya akan ketahuan juga oleh Google, sehingga resiko penalti akan segera dihadapi.

Namun jujur saja mendapatkan link secara organik bukanlah hal yang gampang, apalagi bila situs Anda terbilang masih baru. Jangankan ada yang memberikan link, pengunjung situs saja baru mencapai ratusan.

Lalu, bagaimana caranya mendapatkan backlink?

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan backlink. Beberapa cara di sini termasuk semi black hat, sehingga Anda perlu hati-hati dalam memutuskan akan menggunakannya atau tidak.

Apa saja?

Ingin Link? Inilah Cara Membuat Konten Link yang Berkualitas

Membuat konten yang berkualitas membutuhkan banyak waktu, tenaga, strategi serta perencanaan yang matang. Jenis link yang alami ini biasanya adalah jenis yang paling sulit didapatkan. Link alami (link editorial) adalah link yang sebenarnya di sukai oleh Google.

Anda pasti ingin melakukan yang terbaik untuk website Anda bukan? Oleh karena itu mari kita tengok bagaimana cara untuk menciptakan link konten yang berkualitas.

Apa Itu Link Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas tidak lain dan tidak bukan adalah konten yang bermanfaat untuk pengunjung. Faktor yang mempengaruhi apakah konten Anda layak adalah:

  • Informasional, biasanya berita terbaru.
  • Inspirasional, adalah konten yang dapat memotivasi orang lain untuk mengambil suatu tindakan atau mendukung suatu tujuan.
  • Pendidikan, adalah konten yang mengajarkan sesuatu kepada orang lain.
  • Menghibur, konten ini biasanya memberikan hiburan dan bermain pada emosi pengunjung seperti kebahagiaan, kesedihan, kengerian, kejutan dan lain-lain.

Namun selama konten Anda merupakan jawaban dari pertanyaan yang orang-orang cari itu sudah cukup. Namun, tidak sedikit konten di website yang terkesan biasa-biasa saja. Akibatnya, konten tersebut minim interaksi seperti halnya komentar, share, dan like bahkan link.

Konten, Konten dan Konten

Faktanya, membuat konten yang mennarik itu tidaklah mudah. Apalagi content creator sekarang sudah banyak sekali sehingga persaingannya pun juga meningkat. Bayangkan saja, konten Anda bersaing dengan postingan blog, infografis, video, dan masih banyak lagi. Belum lagi jika Anda mempunyai kasus seperti ini, konten Anda bagus namun kalah dengan konten yang lebih rendah kualitasnya dari milik Anda. Mengapa? Karena strategi publishing Anda tidak benar.

Sekarang, pikirkanlah bahwa konten sama dengan aset seperti halnya properti atau saham. Konten yang Anda miliki akan sangat berpengaruh pada ranking SEO website Anda. Namun sesungguhnya membuat konten yang menarik merupakan setengah dari perjuangan.

Menjalin Hubungan dengan Influencer

Sudah membuat konten yang bagus dan menarik, namun tidak ada yang meliriknya, bukankah itu menjadi sia-sia? Sayangnya, konten yang bagus saja tidak menjamin Anda mendapatkan link. Itulah sebabnya Anda perlu membangun hubungan dengan influencer.

Dengan menjalin hubungan dengan influencer, Anda tidak hanya menambah satu jaringan, tapi juga menambahkan seluruh jaringan influencer itu ke jaringan Anda. Tapi Anda harus hati-hati memilih influencer. Pilihlah influencer yang berkaitan dengan konten Anda seolah-olah itu alami. Cocok satu sama lain dan masuk akal untuk audiens Anda dan audiens influencer itu  sendiri.

Pikirkan bahwa influencer pasti memiliki pengikut setia di Twitter, Instagram, Facebook atau bahkan Youtube. Di antara pengikut tersebut pasti ada yang memiliki blog, website, atau bahkan seorang jurnalis. Oleh karena itu, wajib bagi Anda untuk mengidentifkasi influencer yang Anda pilih. Utamakan kualitas bukan kuantitas, sama seperti membuat konten.

10 Cara Membuat Link Konten yang Menarik

Seperti yang telah kita ketahui bahwa menciptakan konten yang menarik, layak mendapatkan link membutuhkan banyak waktu, tenaga, serta biaya. Berikut ini beberapa taktik yang dapat membuat konten Anda lebih layak mendapatkan link.

  1. Buatlah Konten yang Tidak Ada Matinya

Konten berita akan cepat tenggelam seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, ciptakanlah konten yang tidak habis masanya. Konten inilah yang selalu relevan dengan perubahan zaman. Misalnya:

  • Panduan
  • Ebook
  • Cara memposting sesuatu
  • List
  • Penjelasan
  • Ceklist, dan lain-lain

Dan jangan lupa untuk memberikan judul yang bisa mengundang klik dari audiens.

  • Memulai Podcast

Podcast bisa menarik link secara alami. Hal ini karena ketika Anda mengundang tamu untuk wawancara, mereka cenderung akan menautkan ke web Anda. Selain itu, jika podcast Anda sukses menjangkau banyak orang, bayangkan berapa bloger lain yang menautkan link Anda ke website mereka.

  • Ciptakan Pusat Sumber Daya

Selain menerbitkan dan mempromosikan konten, Anda juga harus mengorganisasi konten Anda menjadi satu sumber daya untuk pengunjung. Membuat panduan, studi kasus, whitepaper, webinar dan lain-lain membutuhkan pekerjaan yang ekstra. Oleh karena itu ada beberapa orang yang lebih suka menautkannya ke pusat sumber daya Anda daripada menginvestasikan banyak waktu dan tenaga untuk menciptakan sumber daya sendiri.

  • Miliki Jiwa Kepemimpinan

Jadilah pemimpin untuk topik konten Anda. Mulailah menciptakan konten yang membuat Anda menonjol dan buatlah orang-orang berpikir bahwa Anda lah pemimpin dari konten tersebut. Bisa jadi Anda akan dianggap ahli dalam bidang tersebut. Oleh karena itu, Anda harus:

  • Yakin dan tahu dengan apa yang Anda buat.
  • Jadilah diri sendiri, jangan mengikuti gagasan lama yang sudah pernah dibuat.
  • Jadilah menarik dengan ide dan wawasan Anda.
  • Jangan jadi membosankan.
  • Ahli Dalam Mengumpulkan

Penulis harus memiliki strategi untuk ini. Alih-alih penulis mengumpulkan semua konten sendiri,  mereka menggunakan kutipan pemikiran-pemikiran ahli untuk menciptakan konten baru dengan nama baru. Secara para pemasar juga akan menautkan kembali linknya ke konten Anda.

  • Bermitra dengan Brand Lain

Di tengah-tengah kegundahan, Anda pasti pernah berpikir apakah Anda harus bekerja sama dengan orang lain? Jawabannya iya. Bermitra dengan brand lain, itu artinya Anda menyajikan konten ke audiens baru.  

  • Bertarget dan Optimalkan Untuk Kata Kunci yang Relevan

Istilahnya, jangan membuat konten yang sembarangan dan tidak bertarget. Selain itu, fokuskan juga dalam kata kunci yang ingin Anda gunakan. Hal ini untuk membantu audiens bisa menemukan konten Anda.

  • Tambahkan Konten Visual

Tambahkan visual ke dalam konten Anda seperti infografis, visualisasi data, atau Gif dapat membantu konten Anda semakin menjadi lebih menarik. Standar dalam sebuah postingan blog pasti memiliki:

  • Subjudul (H2 dan H3 untuk memecah konten).
  • List berpoin.
  • Quotes bercetak tebal dan miring.
  • Kalimat pendek dan sederhana.
  • Sertakan Sudut Pandang Anda

Sertakan alasan Anda mengenai apa uniknya konten Anda dengan milik orang lain. Biasanya penulis kesulitan membuat konten yang berbeda dengan orang lain karena mereka terlalu ‘meniru’. Oleh karena itu, Anda perlu menulis menurut sudut pandang Anda sendiri agar lebih unik.

  1. Apakah Anda Mau Menautkan ke Konten Anda?

Inilah pertanyaan yang harus Anda jawab jujur. Pasti Anda sudah tahu niche apa yang Anda tulis dan audiens yang Anda targetkan. Sekarang dengan jujur saat melihat konten Anda, apakah Anda mau untuk menautkan link ke konten Anda sendiri? Jika tidak, Anda  saja tidak mau menautkan link ke konten Anda sendiri, apalagi mereka?

baca juga

Undercover.co.id Services

Panduan Bisnis Affiliasi

Website Cuma 50 Ribu

Pembuatan Website Profesional

Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

Jasa Sosial Media Maintenance

Ringkasan

Jangka waktu: setiap 3 bulan.

Hasil terdeteksi: 2-6 bulan.

Link rata-rata yang dikirim per bulan: 40

Alat:

  • Google Trend
  • Survei Konsumen Google
  • Buzz Sumo
  • Brand Partner

Manfaat:

  • Konten yang menarik akan menarik link jangka pendek dan panjang.
  • Konten yang berkualitas akan membangun hubungan yang positif di dalam komunitas mauapun di luar komunitas Anda.

Panduan untuk Membuat Link melalui Komentar Blog

undercover.co.id Siapa sangka bahwa komentar pada blog Anda juga bisa membantu kelancaran bisnis.

Faktanya, banyak pelaku SEO yang salah memandang komentar blog dan menganggap mereka tidak ada gunanya.

Akibatnya, banyak orang mengira komentar blog tidak berpengaruh pada SEO. Untuk Anda yang belum tahu, berikut beberapa penanganan untuk mengatasi komentar blog agar berguna untuk SEO.

Jangan gunakan bot pada komentar blog agar tidak terlihat spam

Akhir-akhir ini kita sudah banyak sekali mempelajari tugas dan mempraktekan bersama mengenai pembuatan konten, reklamasi link, podcast dan masih banyak lagi.

Seakan-akan komentar blog bukan apa-apa untuk membangun link. Namun, alih-alih mengabaikan komentar blog karena biasanya mengandung spam, mungkin Anda harus menambah sudut pandang bahwa komentar blog juga termasuk berinteraksi dengan komunitas kecil Anda.

Matt Cutt, seorang engineer Google pernah menjelaskan bagaimana perbedaan komentar blog yang spam dengan komentar blog alami. Intinya adalah Anda bisa melihat bahwa komentar yang ditinggalkan relevan atau tidak dengan topik yang dibahas.

Manfaat Memiliki Link Komentar Blog

Komentar blog yang aktif sama pentingnya dengan SEO. Jadi, Anda juga harus aktif dalam berinteraksi ke sesama pengguna blog.

Meninggalkan satu atau dua komentar setiap harinya dapat menghasilkan sesuatu yang positif seperti:

  • Mendapatkan lebih banyak traffic di website Anda. Jika ini adalah tujuan Anda, maka meenginvestasikan waktu dengan melakukan aktivitas ini adalah yang terbaik karena Amdaa bisa mendapatkan banyak traffic pada niche Anda.
  • Bisa membangun reputasi Anda menggunakan komentar blog. Pastikan Anda menggunakan nama asli dan foto profil Anda sendiri jika blog Anda memungkinkan. Jangan menggunakan teks anchor atau nama inisial yang sama sekali tidak berhubungan dengan situs website Anda.
  • Meninggalkan kesan expert. Ciptakan kesan expert dengan cara memberi mereka masukan atau bantuan serta menunjukkan keahlian yang relevan kepada mereka. Pastikan mereka menyetujui terlebih dahulu atas bantuan yang Anda tawarkan. Atau ketika mereka masih kebingungan terhadap sesuatu dan melempar pertanyaan ke audiens, pastikan Anda memberi jawaban yang terbaik.
  • Membangun Inbound Link. Jika Anda meluangkan waktu untuk mengomentari postingan blog orang lain dengan backlink kembali ke situs web Anda, maka hasil akhirnya akan sekitar 60 backlink per bulan dan 720 per tahun.
  • Petunjuk dan konversi. Jika Anda mampu menarik lebih banyak orang untuk mengunjungi situs web Anda, dan pengunjung tersebut bisa berpotensi menjadi pelanggan atau klien Anda di masa mendatang.

baca juga

    Tips Dalam Mengomentari Top Blog

    Untuk menemukan blog yang berkualitas tinggi atau istilahnya Top Blog dan terlibat interaksi dengan orang-orang yang sudah pro, berikut ini beberapa tipsnya.

    • Temukan situs website yang memiliki kualitas tinggi. Bagaimana kita tahu suatu situs memiliki kualitas yang tinggi? Biasanya yang memiliki otoritas domain 60+.
    •  Setelah menemukannya, cobalah meninggalkan komentar yang relevan dengan topik yang sedang mereka ulas.
    • Saat menulis komentar pastikan menyebutkan nama penulis dengan benar dan menambahkan sedikit pujian, menyebutkan informasi berharga yang Anda dapatkan sambil menambahkan data tambahan untuk merapikan artikel.
    • Ingatlah untuk mengakhiri komentar blog Anda dengan manis misalnya dengan mengucapkan terima kasih kepada penulisnya.

    Dalam meninggalkan komentar, diharapkan untuk tidak terlalu panjang dan bertele-tele.

    Cukup jaga antara 100 kata saja. Yang paling akhir dan penting adalah bagaimana komentar Anda dibuat sedemikian rupa sehingga bisa menjadi tempat diskusi.

    Tentu saja harus relevan dengan topik yang sedang di ulas karena jika tidak maka persentase komentar Anda akan diabaikan menjadi 100%. Jadilah komentator yang berharga dan jangan jadi tukang spam!

    baca juga

    Ringkasan

    Jangka waktu: setiap bulan terus menerus

    Hasil terdeteksi: 4-12 bulan

    Tautan rata-rata per bulan: 4

    Alat:

    • Komentar manual, jangan spam dan jangan di otomatiskan.

    Manfaat:

    • Komentar ke blog lain akan memberi Anda jangkauan lebih luas ke audiens dan target Anda.
    • Komentar ke blog dapat menumbuhkan otoritas dan kepemimpinan serta memberi Anda kesan ahli jika terlihat di situs web yang terkenal.

    Cara Mengubah Penyebutan Brand yang Tidak Berlink Menjadi Link

    undercover.co.id Memonitor penyebutan brand Anda pada website itu sangat penting. Memperhatikan penyebutan brand Anda sangat penting untuk membangun link serta reputasi Anda. Jika Anda belum menjalankan strategi membangun link building ini, maka berikut alasan mengapa Anda harus melakukannya:

    • Tentu saja mendapatkan link
    • Peluang untuk terlibat dalam komunitas yang tertarik dengan brand Anda
    • Pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana orang memandang brand Anda

    Menemukan interaksi yang dapat melibatkan bisnis Anda tentu tidak mudah dan tidak boleh dipaksakan. Namun bukan berarti kita harus pasrah dan duduk diam. Nah, bagaimana cara agar mereka mau menautkan link ke situs Anda ketika mereka menyebut brand Anda?

     Memonitor Penyebutan Merk: Menciptkan Link yang Efektif

    Link sponsor adalah cara awal yang bagus untuk membangun brand Anda. Mensponsori acara lebih baik dan menghemat waktu daripada Anda membangun link dari nol. Selain itu, mensponsori acara juga menambah nilai bagi pembaca dan menambah publikasi yang menyebut Anda. Namun keberhasilannya juga tergantung dengan konten Anda apakah berkualitas atau tidak.

    Mengkonvert Brand Link yang Tidak Tertaut Menjadi Tertaut

    Siapkah Anda untuk mengubah brand link yang tidak tertaut menjadi tertaut di website Anda? Taktik ni akan membuat Anda senang dan membantu mengubah profil backlink Anda. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan.

    • Mendaftar BuzzSumo alert atau Google Alert
    • Atur peringatan backlink untuk menerima laporan harian
    • Atur penyebutan brand untuk menerima perpendekan harian
    • Mulai mengucapkan terima kasih kepada situs web yang menyebutkan Anda dan menawarkan bantuan atau saran. Kemudian bertanya kepada mereka apakah mereka mau menautkan link Anda agar memudahkan pembaca.

    Google alert dapat memberikan manfaat yang besar jika digunakan dengan tepat. Di sana banyak sekali fitur yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda. Seperti taktik sebelumnya, Anda harus menggunakan strategi agar tidak gagal. Namun jika masih gagal, mungkin ini alasannya.

    • Anda tidak menghubungi orang yang tepat, pastikan orang yang Anda hubungi masih bekerja di website tersebut.
    • Anda tidak menyikapinya dengan baik. Terkadang Anda bisa gagal karena terlalu terlihat memaksakan. Sebaiknya Anda menjual ide dengan benar dan tidak terlihat spam.

    baca juga

    Bisakah Penyebutan Merk Mempengaruhi Ranking Google Anda?

    Penyebutan brand mungkin saja dapat mempengaruhi Google dalam mengevaluasi otoritas merk. Dan kita tahu bahwa otoritas, relevansi dan kepercayaan sangat berpengaruh pada SEO. Oleh karena itu, link masih berguna untuk peringkat.

    baca juga

    Ringkasan

    Jangka waktu: setiap bulan

    Hasil terdeteksi: 2-6 bulan

    Tautan rata-rata yang dikirim per bulan: 10

    Alat:

    • Buzz Sumo atau Google Alert
    • Banatag atau Yesware
    • Buzz Stram atau Pitch Box

    Manfaat:

    • Pastikan Anda mendapat kredit dari konten Anda agar tidak kehilangan peluang tinggi.
    • Memantau penyebutan merk adalah taktik membangun link yang mengonversi tinggi sehingga mudah bagi Anda untuk mulai beroperasi.

    Cara Membuat Link Menggunakan Testimoni dan Ulasan

    undercover.co.id Testimoni dan ulasan adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu oleh pebisnis yang mulai menjalankan usahanya. Apalagi jika testimoni itu berupa kata pujian untuk kualitas konten Anda. Misalnya penempatan keyword sangat tepat, konten memiliki kualitas yang tinggi, kontennya mampu survive di peringkat tinggi mesin pencarian.

    Kata-kata tersebut pasti sangat dinanti-nantikan. Tahukah Anda bahwa testimoni atau review produk suatu usaha dapat menjadi link? Banyak testimoni-testimoni di luar sana yang dibuat menjadi tautan.

    Nilai Dari Sebuah Testimoni dan Review

    Testimoni dan review mungkin bukanlah sebuah infografis ‘mewah’ yang bisa dipajang di website Anda. Namun testimoni dan review lebih dari itu, mereka bisa membangun kepercayaan yang dapat menyelesaikan masalah link Anda. Berikut manfaatnya:

    • Testimoni dan review dapat menyediakan konten segar setiap harinya. Apalagi jika Anda sering mendapatkannya, maka bayangkan berapa banyak konten yang Anda dapatkan setiap hari.
    • Dapat memberi sinyal ke mesin pencari bahwa website Anda sudah update sehingga dan memberi kesempatan kepada Anda untuk lebih dijelajahi itu tergantung kualitas konten Anda.
    • Testimoni dan review juga bisa digunakan untuk membantu meningkatkan peringkat Anda berdasarkan keyword tertentu.

    Selain yang berhubungan dengan SEO di atas, keuntungan adanya testimoni dan review adalah dapat menambah kredibilitas brand. Dengan itu, Anda dapat mempengaruhi calon pelanggan, pengguna, atau klien yang masih dalam tahap pengambilan keputusan. Orang atau perusahaan yang memberikan testimoni juga akan mendapatkan exposure melalui penyebutan situs mereka. Akhirnya, baik yang memberikan maupun yang mendapatkan testimoni, semua menang.

    Cara Mendapatkan Lebih Banyak Testimoni dan Review

    Melihat segala keuntungan yang dipaparkan di atas mengenai testimoni dan review pasti membuat Anda ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan lebih banyak testimoni dan review. Untuk memulai mendapatkan tipe tautan yang seperti ini, mulailah untuk menemukan brand resmi yang menampilkan ulasan dan review di situs web mereka.

    Berikut adalah beberapa ide yang patut Anda coba untuk meningkatkan review dan testimoni di website Anda.

    • Terapkan rencana tranfer. Misalnya Anda dapat menawarkan minimal 10% transfer.
    • Buat formulir untuk pelanggan agar mereka mau menandatangani secara digital setiap kali mereka memberikan review.
    • Kirimkan kode diskon ke pelanggan via email dan bagikan secara sosial ke pelanggan.
    • Mengotomatiskan rencana setelah pembelian kepada pelanggan yang memberikan ulasan positif.

    baca juga

      Ringkasan

      Jangka waktu: setiap bulan terus menerus

      Hasil terdeteksi: 3-6 bulan

      Ulasan rata-rata dikirim per bulan: 15

      Alat:

      • Otomatisasi email (Mailchimp, Hubspot, Aweber)

      Manfaat: 

      • Ulasan dan testimoni dapat membangun kepercayaan dan kredibilitas tidak hanya untuk konsumen, melainkan juga untuk mesin pencari.
      • Ulasan dan testimoni termasuk konten organik yang sangat berguna untuk website Anda.

      Apa itu Reklamasi Link dan Cara Mendapatkan Kembali Link yang Hilang

      Pada chapter pertama, Anda telah mempelajari hal-hal mengenai teknik SEO yang wajib Anda kuasai sebelum masuk ke langkah selanjutnya.

      Jika Anda pengincar ranking SEO nomor satu di mesin pencarian, tentu Anda mengetahui pentingnya link dalam SEO.

      Link building yang berkualitas, akan menghasilkan website yang berkualitas pula.

      Namun sebelum itu, Anda akan diperkenalkan terlebih dahulu mengenai apa itu reklamasi link dan bagaimana cara mendapatkan kembali link yang hilang.

      Link bisa rusak kapan saja. Kerusakan tersebut biasanya terjadi ketika website menghapus suatu halaman atau mengubah URL pada saat perbaikan situs web.

      Adalah reklamasi link yang bisa dengan cepat memperbaiki link yang rusak dan membantu Anda dalam mencapai website yang SEO. Lalu apa itu reklamasi link?

      Definisi Reklamasi Link

      Reklamasi link adalah upaya untuk menemukan link yang rusak dan memperbaikinya dengan menghubungi situs web lain yang terhubung ke website Anda. Singkatnya, reklamasi link ini bisa membantu Anda saat:

      • Konten ada yang terhapus, link hilang.
      • URL diubah.
      • Terjadi perubahan besar-besaran pada situs web.

      Namun, konsep reklamasi ini terus berubah seirig banyaknya link builder yang terus melakukan perkembangan SEO teknis sehingga ide-ide SEO pun juga terus berkembang. Tapi yang pasti adalah link building dalam website itu tidaklah sulit.

      Cara Mendapatkan Kembali Link yang Hilang

      Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, link bisa saja rusak dan hilang kapanpun. Faktor-faktor yang menyebabkannya juga bisa terjadi saat website Andaa terlihat ‘sehat’ sekalipun. Link hilang harus segera ditangani sebelum menganggu lebih jauh ranking SEO website Anda.

      Hal yang harus dilakukan sebelum memulai

      Sebelum masuk pada praktik dalam mendapatkan kembali link yang hilang, buatlah spreadsheet terlebih dahulu yang berisi URL lama Anda, anchor teks, URL baru, dan lokasi keberadaan link yang rusak. Gunakanlah tools seperti Ahref atau Majaestic yang bisa membantu Anda dalam bagian ini.

      Cara terbaik untuk memperbaiki masalah internal link adalah dengan cara manual yaitu pergi ke halaman yang mengandung link rusak kemudian menggantinya dengan link baru. Sedangkan untuk memperbaiki masalah link eksternal, cara terbaik untuk memperbaikinya adalah dengan reklamasi link dan 301 redirect.

      Tentu link direct selalu bernilai lebih baik daripada link redirect. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menunggu beberapa minggu setelah proses reklamasi link sebelum menaruh link redirect ke tempatnya.

      Berapa banyak link yang ada untuk diklaim kembali?

      Kembali lagi fokus pada langkah-langkah dalam mendaptkan kembali link yang hilang atau rusak. Kini Anda harus mencari tahu terlebih dahulu berapa banyak halaman yang terhubung ke halaman Anda yang hilang atau rusak.

      Jalankan URL Anda yang berstatus 404 melalui alat link building Anda untuk melihat setiap link dan anchor teks yang merujuk pada halaman Anda yang hilang. Lakukan langkah ini di setiap halaman yang hilang. Jika halaman Anda berstatus eror 404 namun tidak ada link yang terhubung di sana, mungkin saja permasalahan itu muncul karena ada masalah dengan redirect lama.

      Bersihkan eror 404

      Bagian ini memang memiliki kesan sulit dan ribet sehingga banyak yang berkahir harus meminta bantuan web developer. Namun percayalah bahwa membersihkan eror 404 tidak akan sesulit itu. Caranya, gunakan alat yang sudah disebutkan di atas, salah satu Ahrefs. Ahrefs bisa digunakan untuk melihat link yang down, situs migrasi ke URL HTTP baru, serta bisa menghilangkan redirect.

      Setelah Anda sukses membersihkan link yang berstatus eror 404, beritahu situs web lain yang me-link website Anda mengenai link Amda yang rusak dan beritahu mereka link baru yang sudah diperbaiki.

      Brand mention dan Link Gambar

      Membersihkan eror 404 bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan kembali link yang rusak atau hilang. Anda juga bisa melakukannya melalui Brand mention yang tidak tertaut ke website Anda atau Anda juga bisa mengklaim kembali tautan gaambar Anda.  

      Gunakan tools seperti Tineye  atau operator pencarian manual seperti allintitle:

      [sebutkan judul gambar Anda]

      untuk mencari dan menemukan di mana gambar Anda digunakan. Kemudian Anda bisa dengan cepat menemukan di mana halaman yang menggunakan konten brand Anda.

      Tidak semua link dapat diklaim ulang

      Namun perlu Anda ketahui bahwa tidak semua link yang hilang bisa kembali walaupun sudah melakukan cara di atas.

      Ini biasanya karena faktor umur link Anda. Bahkan melakukan pengembalian link ini tingkat keberhasilannya hanya 50 persen saja. Semakin tua link Anda, maka kesempatan untuk link kembali semakin kecil.

      Walaupun begitu, memperbaiki eror akan sangat berguna untuk pengunjung yang membutuhkan informasi di website Anda.

      Setelah beberapa minggu pastikan Anda telah menyiapkan 301 redirect untuk semua halaman web yang sebelumnya muncul dengan eror 404.

      Meskipun link-link tersebut sudah diperbaiki, akan sangat menguntungkan jika Nada menyiapkan redirect untuk halaman-halaman tersebut.

      baca juga

      Undercover.co.id Services

      Panduan Bisnis Affiliasi

      Website Cuma 50 Ribu

      Pembuatan Website Profesional

      Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

      Jasa Sosial Media Maintenance

      60 Daftar Jasa SEO Jakarta Dan Indonesia

      Kesimpulan

      Jangka watku: bulan 1, 2 , 3 dan setiap kuartal.

      Hasil terdeteksi: 4-12 bulan setelah implementasi.

      Rata-rata tautan yang dikirim per bulan: 5 sampai 10 tergantung pada situs.

      Alat yang digunakan:

      • Tineye
      • Screaming Frog
      • Deepcrawl
      • Ahrefs
      • Majestic

      Keuntungan reklamasi link:

      • Reklamasi link dapat membantu Anda mendapatkan kembali link yang hilang dan membantu dalam peringkat website Anda.
      • Reklamasi link adalah cara mudah untuk memulai kampanye membangun link karena sebenarnya Anda tidak benar-benar membangun link namun membersihkan yang lama dan mengganti ke yang baru.

      Bagaimana Cara Memata-matai Saingan Anda untuk Mendapatkan Link yang Mirip

      Ada yang bilang, jejak digital seseorang tidak bisa dihapus, itu benar adanya. Lewat catatan digital tersebut, perusahaan dapat memanfaatkan data pengguna untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens mereka.

      Perilaku pengguna, demografi, dan apa yang biasanya kita beli, semua tersedia hanya dengan kita mengklik tombol. Jika kita dapat mengungkap jumlah kata ini kepada pengguna, bayangkan apa yang bisa kita lakukan jika kita menerapkan teknik ini untuk memata-matai pesaing kita?

      Dengan mengetahui bagaimana dan darimana pesaing Anda memperoleh link, Anda akan menemukan peluang untuk membangun hubungan dengan orang-orang yang relevan dengan bisnis Anda.

      Ada beberapa alat yang dapat membantu Anda dalam memberikan pengetahuan tentang kinerja pesaing Anda. Alat tersebut adalah SEMrush, Ahrefs, dan Majestic. Membangun link itu memang sulit, tapi untungnya kita bisa mengakali itu dengan analisis tautan kompetitor.

      Apa Itu Analisis Tautan Kompetitor?

      Analisis tautan kompetitor melibatkan penggunaan perangkat lunak yang canggih untuk mengungkapkan data backlink pesaing Anda. Pembuat link mengurutkan data ini berdasarkan kesempatan untuk menemukan situs web yang cenderung tertaut ke situs web mereka. Ada dua cara untuk membangun analisis tautan kompetitor.

      • Buatlah halaman web yang lebih baik daripada pesaing Anda dan jangkau domain rujukan yang meminta tautan ke halaman Anda (mirip metode skycraper).
      • Temukan tautan ke laman yang mati atau dialihkan ke situs web pesaing Anda dan beritahu domain pengarah bahwa link tersebut sudah mati dan tawari dengan link yang relevan dari situs Anda.

      Tingkat keberhasilannya tergantung dengan sifat link itu sendiri. Umumnya,  jika situs web telah menautkan ke konten serupa di masa lalu, maka mereka cenderung akan menautkannya lagi.

      Selanjutnya, situs web ini akan meningkatkan peluang bisnis Anda untuk terus maju. Temukan kemitraan atau hubungan dengan situs web lain yang sudah dibentuk oleh pesaing Anda dan mulailah menanam benih Anda sendiri. Pada akhirnya, analisis tautan kompetitor bisa menjadi senjata berharga bagi Anda.

      Cara Memperoleh Link dengan Analisis Tautan Kompetitor

      1. Ekstrak profil backlink pesaing (SEMrush attau Ahrefs)

      Dengan menggunakan salah satu perangkat lunak di atas, Anda bisa mengekstrak data baclink pesaing dan mengunduhnya sebagai CSV. SEMrush memberikan informasi penting seperti Anchor text, tanggal pertama kali di indeks, dan status kode URL.

      Sementara Ahrefs menyediakan alat analisis tautan paling komprehensif yang memungkinkan webmaster untuk mengatur data berdasarkan volume total backlink dan domain rujukan yang unik secara terpisah.

      • Atur Spreadsheet Anda berdasarkan peluang

      Anda bisa mengeskpor data CSV ke dalam Google Sheet. Anda mungkin akan mendapatkan banyak sekali data yang membingungkan. Oleh karena itu filter data tersebut di Spreadsheet berdasarkan jenis tautan, peringkat domain, dan lalu lintas. Setelah Amda mendapatkan tautan yang relevan dengan bisnis Anda, kumpulkanlah kontak informasi untuk mulai penjangkauan.

      •  Buatlah konten yang mirip

      Saat mengatur spreadsheet, Anda akan melihat bahwa URL tertentu akan cenderung menarik lebih banyak link daripada yang lain. Dengan melihat hal itu, Anda bisa mempelajari konten  seperti apa yang banyak mendapat link. Jika sudah maka mulailah menghubungi website menautkan link tersebut dan mulai mengirim pitch email.

      Ada beberapa tindakan persuasif yang bisa Anda cantumkan di email Anda.

      • Membongkar fakta yang tercantum di artikel pesaing.
      • Menjelaskan bahwa artikel Anda sudah di update ke informasi terbaru.
      • Menarik otoritas brand Anda sendiri atas pesaing.
      • Mencantumkan kutipan ahli ke dalam artikel Anda.

      Setelah Anda mengirim email, sebaiknya Anda menunggu terlebih dahulu satu minggu  atau dua minggu dengan sabar. Jika tidak ada balasan maka itu tergantung pada template email Anda dan seberapa persuasif kalimat Anda.

      baca juga

      Undercover.co.id Services

      Panduan Bisnis Affiliasi

      Website Cuma 50 Ribu

      Pembuatan Website Profesional

      Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

      Jasa Sosial Media Maintenance

      Ringkasan

      Jangka waktu: triwulan

      Hasil terdeteksi: 1-4 bulan

      Alat yang dibutuhkan:

      • SEMRush
      • Ahrefs
      • Majestic
      • Spyfu

      Manfaat analisis link kompetitor:

      • Mencerahkan kampanye Anda tentang membangun strategi membangun link.
      • Menjembatani kesenjangan konten antara Anda dan pesaing Anda.
      • Bekerja sama dengan situs web yang berspesialisasi dalam menautkan ke konten yang serupa.

      Beberapa Cara Mendapatkan Backlinks

      Buat Dummy Blog

      Ini bisa dibilang cara paling lazim yang dilakukan orang untuk mendapatkan backlink. Cara ini mampu mendongkrak jumlah backlink dengan cepat dalam waktu singkat.

      Mengapa disebut dummy? Ini karena blog ini hanyalah blog untuk membangun backlink; bukan menjadi situs yang asli. Kelak dari blog inilah Anda akan menuliskan link menuju situs Anda. Ini kelak dihitung sebagai satu backlink.

      Praktisi black hat SEO biasanya membuat tak hanya satu atau dua blog, namun bisa mencapai ratusan. Bayangkan, ratusan backlink menuju ke satu situs! Tentu situs Anda akan melejit langsung ke halaman satu Google.

      Dummy blog seringkali diisi dengan artikel hasil spinner, sehingga kualitas artikelnya pas-pasan dan sulit dipahami.

      Supaya tak mudah dideteksi oleh Google, biasanya praktisi backlink membuat dummy blog ini dalam susunan tertentu. Ada tingkatan-tingkatan yang lazim disebut tier, sehingga bot Google tak mudah mendeteksi dan memberikan penalti ke situs Anda. Susunan ini dapat berupa piramida, jaring laba-laba, dan lain-lain.

      Namun inti dari tingkatan backlink ini sederhana saja. Anggaplah situs Anda punya empat tingkatan. Maka tier ini dimulai dari tier 3. Tier 3 membuat backlink untuk tier 2, tier 2 membuat backlink untuk tier 1, baru backlink dari tier 1 mengarah ke situs asli (money site).

      Bergabung ke Forum

      Cara lain yang cukup familiar adalah bergabung ke situs-situs forum, seperti Kaskus, Viva, atau Indonesiaindonesia. Forum-forum seperti ini sudah dipenuhi pengunjung, sehingga kans situs Anda dikunjungi lebih besar.

      Di forum-forum seperti ini Anda bisa mencoba membantu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh orang lain. Misalnya di satu thread, apabila ada yang bertanya tentang sesuatu yang topiknya mirip dengan blog Anda, Anda bisa coba menjawabnya. Di akhir jawaban, Anda bisa cantumkan link menuju ke situs Anda.

      Atau Anda bisa buat thread baru yang berisi cuplikan artikel Anda. Sebaiknya tulisan di thread ini jangan copas. Usahakan agar sesuai dengan gaya bahasa yang jamak digunakan di forum tersebut. Bila di Kaskus biasa digunakan istilah “gan” atau “sis”, maka selingi tulisan Anda dengan istilah-istilah tersebut.

      Cara lain memaksimalkan forum adalah dengan mencantumkan link signature. Link signature adalah semacam jejak yang Anda cantumkan di profil user Anda di situs tersebut. Biasanya link signature ini bisa diatur agar update dengan artikel terbaru di situs Anda. Jadi, misalkan Anda baru menulis artikel, maka kelak signature link Anda di situs tersebut akan berubah jadi link menuju ke tulisan terbaru itu.

      Namun signature link punya Page Rate yang rendah, sehingga 10-15 signature link pun belum memberi dampak siginifikan pada situs Anda. Malah beberapa blogger berpendapat bahwa memasang signature link dapat dideteksi sebagai spam link oleh Google, dan ini akan beresiko penalti dari Google.

      Berbagi tips di Grup Facebook

      Sedikit mirip dengan pembahasan sebelumnya. Salah satu trik yang bisa Anda lakukan sebagai cara mendapatkan backlink adalah dengan berbagi tips di grup facebook.

      Facebook punya 1 milyar pengguna aktif. Jadi segala macam grup tersedia di situs jejaring sosial satu ini. Anda tinggal mencari yang sesuai dengan topik bahasan blog Anda.

      Setelah mendapatkan grup yang sesuai, maka bergabunglah. Lalu mulailah berbagi tips atau sekadar berkomentar. Setelah Anda cukup diterima oleh anggota grup tersebut, barulah mulai memposting link menuju situs Anda.

      Beberapa situs SEO beranggapan bahwa backlink dari situs Facebook dihitung oleh Google. Namun ada catatan penting: backlink ini tidak memberi dampak signifikan, kecuali ada pengguna yang mengakses situs Anda melalui link ini.

      Apalagi Facebook punya PR yang mencapai PR9, sehingga link dari Facebook bernilai tinggi. Namun supaya aman, lakukan ini tanpa spam link. Biarkan link dari situs Anda menyebar secara alami.

      Kirim e-mail ke teman

      Anda pastilah punya kolega atau rekan kerja. Coba intip kontak di e-mail Anda. Tanpa sadar, Anda mungkin sudah mengumpulkan 100 kontak lebih di e-mail Anda ini.

      Mengapa tidak dimanfaatkan?

      Anda bisa mengirimkan tautan menuju ke situs Anda ke beberapa teman. Atau, saat berkirim e-mail, cantumkan tautan menuju ke situs Anda di akhir tulisan. Siapa tahu ada di antara mereka yang tertarik menuju ke situs Anda, lalu membagikan link ini ke teman-temannya yang lain.

      Pengguna rutin e-mail biasanya lebih melek teknologi dan cenderung suka membaca, sehingga kemungkinan situs Anda diakses dan dibaca lebih besar.

      Namun hindari mengirim e-mail berisi link ke banyak orang sekaligus. Tindakan seperti ini dianggap sebagai spamming, dan e-mail Anda beresiko difilter sebagai spam e-mail.

      Guest Blogging

      Cara lain adalah dengan menulis di blog orang lain yang lebih besar. Tindakan ini disebut sebagai guest blogging, karena Anda berperan sebagai “penulis tamu” di blog tersebut.

      Namun ada beberapa catatan yang perlu diingat: blog yang ingin Anda jadikan sasaran menulis ini haruslah blog yang lebih besar, dengan traffic yang ramai. Selain itu topiknya masih cukup bersinggungan dengan topik blog Anda.

      Temukan e-mail pemilik blog yang ingin Anda jadikan target menulis. Sampaikan bahwa Anda ingin menyumbang tulisan di blog mereka, dengan syarat Anda dibolehkan mencantumkan link menuju ke situs milik Anda sendiri.

      Guest  blogging yang dilakukan dengan benar di situs yang sudah populer dapat memberikan lonjakan traffic ke situs Anda.

      Bookmark di Social Bookmark

      Cara lain yang dapat memberikan traffic dan backlink adalah bookmarking rutin ke situs-situs social bookmark. Cara ini cukup praktis, dan kadang akan ada satu-dua pengunjung dari luar negeri yang masuk ke situs Anda. Ini lumayan menguntungkan, karena pengunjung yang diverse dianggap sebagai sinyal yang bagus oleh Google.

      contoh Social bookmarking terdiri dari Digg, Pinterest, StumbleUpon, Scoop.It, Diigo, dan Google Bookmarks.

      Anda tinggal membuat akun di situs-situs tersebut. Setelah itu, tiap selesai menulis, submit link Anda ke situs-situs tersebut. Bila dicek di Google Search Console, Anda akan mendapati bahwa link yang Anda tautkan ke situs-situs tersebut dianggap sebagai backlink oleh Google.

      Menulis di Wikipedia

      Cara lain yang cukup berhasil mendongkrak page rank Anda adalah menulis tentang suatu entri di Wikipedia. Misalnya Anda punya situs tentang psikologi. Maka tulislah suatu entri tentang Psikologi di Wikipedia. Di daftar referensi, cantumkan link menuju ke salah satu artikel situs Anda.

      Jika Anda tidak punya ide untuk menulis entri, Anda bisa menambahkan atau melengkapi entri yang sudah ada di Wikipedia. Ini masih bisa dilakukan dan berpeluang sangat besar, mengingat entri di Wikipedia berbahasa Indonesia kerap kali pendek dan kurang lengkap.

      Perlu diingat bahwa entri yang Anda tulis di Wikipedia haruslah bermanfaat dan didasari hasil penelitian/buku/artikel yang kredibel. Hasil editan di Wikipedia biasanya disortir terlebih dahulu oleh pihak editor, dan apabila Anda menulis entri secara asal-asalan, entri Anda tidak diterima.

      Wikipedia punya Page Rank yang besar, PR9. Artinya ini akan memberikan dampak signifikan bila backlink Anda berhasil masuk dalam Wikipedia. Apalagi entri di Wikipedia lebih cepat masuk halaman satu Google, sehingga biasanya bila entri Anda masuk halaman satu Google, artikel asli di blog Anda ikut naik.

      Berkomentar di Situs yang Lebih Besar

      Saat ini Google menerapkan sistem Domain Rank dan Page Rank dalam tiap situs. Artinya, Google menetapkan sistem reputasi pada satu situs.

      Semakin baik reputasi situs tersebut, semakin mudah artikel dari situs itu untuk masuk ke halaman satu Google.

      Page Rank, atau PR, punya tingkatan dari 1 sampai 9. Semakin besar PR-nya, semakin baik situs tersebut di mata Google.

      Nah, Anda bisa mencoba berkomentar di situs-situs tersebut. Cantumkan juga link menuju ke situs Anda.

      Namun perlu diingat bahwa Anda harus menulis komentar yang berkualitas, dan sisipkan link ke situs Anda dengan cara yang halus. Ini karena sebagian situs/blog difilter secara langsung oleh pemiliknya. Bila komentar Anda dianggap spam, maka komentar Anda akan dihapus begitu saja oleh si admin.

      Akan tetapi, bila Anda berhasil menuliskan link Anda ke situs yang lebih besar, maka ini akan dianggap sebagai backlink oleh Google.

      baca juga

        Menulis di Situs Editorial

        Anda tentu tahu Kompasiana, bukan?

        Kompasiana adalah situs editorial di mana Anda bisa menuliskan pendapat Anda tentang suatu fenomena secara bebas di sini. Bila artikel Anda dibaca banyak orang, maka artikel Anda akan tercatat sebagai trending.

        Anda bisa menulis pendapat Anda tentang fenomena yang bersinggungan dengan topik blog Anda. Setelah itu, cantumkan link menuju ke blog Anda.

        Google menilai tinggi link dari situs seperti Kompasiana, terutama bila artikel tersbut masuk dalam trending. Bila strategi ini berhasil, artikel Anda akan ikut naik peringkat di Google.

        Cara lain adalah menulis di situs penulisan lepas seperti Hipwee. Hipwee adalah situs dengan pengunjung mencapai 300.000 tiap bulannya, sehingga bila artikel Anda viral, maka situs Anda ikut kena getahnya.

        Namun, admin Hipwee akan menghapus link yang Anda cantumkan di artikel Hipwee. Lalu bagaimana caranya?

        Di artikel yang Anda tulis, cantumkan gambar. Kelak akan ada opsi penulisan caption. Di caption itu, tulislah sumber gambar, lalu cantumkan link menuju ke situs Anda di caption tersebut. Cara ini biasanya efektif.

        Nah, demikian tadi beberapa tips dan trik backlink menuju ke situs Anda. Backlink adalah upaya yang membutuhkan ketelatenan. Seperti akar yang menancap dalam, semakin dalam dan banyak backlink Anda, situs Anda akan tumbuh tinggi dan besar, dan secara konsisten artikel Anda akan tampil di halaman satu Google.

        Membangun Tautan Podcast: Inilah Cara Mendapatkan Link dengan Cara Menjadi Tamu di Podcast

        Dalam dunia bloger, podcast jarang di hargai. Sekalipun Anda adalah seorang yang mahir dalam pembuatan link yang tahan banting algoritma, sayangnya podcast tidak begitu digemari. Namun sebenarnya podcast itu juga penting dalam SEO.

        Sama seperti membangun link video, pembuatan link podcast juga dimaksudkan agar orang-orang tahu akan eksistensi brand Anda. Meskipun Anda juga bisa mempromosikan sendiri. Alur podcast kira-kira seperti ini:

        • Transkrip
        • Quotes
        • Mention
        • Link
        • Amplifikasi sosial

        Bangun Link dan Otoritas

        Peningkatan terbesar bagi seorang pebisnis atau bloger adalah peningkatan eksposur sebagai otoritas di industri Amda berkecimpung. Podcast memberi Anda kesempatan untuk berdialog langsung dengan audiens Anda.

        Walaupun harus diakui bahwa Anda mungkin tidak menemukan hasil yang sama setelah melakukan podcast dengan membuat konten yang berkualitas. Namun podcast bisa menjadi sesuatu yang menantang untuk Anda kembangkan.

        Cara Memutar Podcast

        Untuk menjadi narasumber dalam wawancara, lakukanlah riset terlebih dahulu. Dengarkanlah podcast-podcast yang sudah ada, kemudian cari celah topik apa yang belum dibahas. Hubungi mereka dengan menggunakan email.

        Isi email harus menjelaskan terlebih dahulu latar belakang Anda menghubungi mereka dan meminta baik-baik untuk menjadi narasumber mereka. Berikut ini topik-topik yang bisa Anda bahas.

        • Bagaimana melakukan audit SEO teknis.
        • Cara melakukan audit konten.
        • Cara melakukan untuk podcast.

        baca juga

        Undercover.co.id Services

        Panduan Bisnis Affiliasi

        Website Cuma 50 Ribu

        Pembuatan Website Profesional

        Jasa Seo Profesional dan Terpercaya 

        Jasa Sosial Media Maintenance

        Kesimpulan:

        Jangka waktu: setiap 3 bulan

        Hasil terdeteksi: 4-12 bulan

        Podcast rata-rata per bulan: 1

        Alat:

        • Melakukan pencarian manual
        • Buzz Stream
        • Bananatag atau Yeswere

        Manfaat:

        • Meningkatkan keragaman profil link Anda.
        • Podcast meningkatkan otoritas dan kepercayaan brand Anda, tidak hanya pada mesin pencarian namun juga audiens potensial Anda.

        Interlinking Untuk SERP

        undercover.co.id – Ada sangat banyak diskusi internet marketer, webmaster, serta pelaku SEO, yang mengulas perihal link building. Saya juga kerap temukan diskusi perihal kiat bangun backlinks teranyar dengan teknik yang tuturnya paling ‘mumpuni’ yang bakal tingkatkan peringkat suatu halaman situs di mesin pencari Google. Saya lihat, ada hal utama yang terlupakan dalam diskusi itu, mereka melupakan kiat internal links yang ada pada suatu situs/situs (blog).

        Internal linking

        Yaitu suatu link dari satu halaman situs menuju halaman lain didalam situs yang sama, di mana berisi masih tetap terkait. Ini yaitu salah satu langkah untuk menolong crawler Google dalam menjelajahi halaman website kita.

        Diluar itu, internal links juga sangat mungkin beberapa pengunjung situs kita dalam temukan info lain yang masih tetap berkenaan. Tentu ini bakal bikin pengunjung bakal ada lebih lama di website kita. Pada intinya, internal linking dalam situs/situs (blog) yaitu salah satu sisi yang sangatlah utama didalam tingkatkan onsite SEO (Search Engine Optimization) .

        Apa sajakah faedah Internal Linking?

        Buat saya pribadi, maksud paling utama dari internal linking yaitu untuk mempermudah mesin pencari dalam menjelajahi, mengindeks seluruhnya halaman, serta lihat susunan situs (blog) saya keseluruhannya. Susunan situs yang rapi bakal bikin seluruhnya halaman situs Anda terindeks dengan baik di Search Engine, serta ini berarti halaman website Anda bakal gampang dicocokkan dengan pencarian user di Search Engine, umpamanya Google.

        Tingkatkan pemakaian serta pengalaman user di website Anda

        Sesungguhnya telah banyak situs (blog) yang mengulas perihal utamanya internal linking untuk SEO, namun sesungguhnya bukanlah itu saja faedahnya. Seperti yang telah dijelaskan diatas, internal links bakal mempermudah pengunjung untuk menavigasi situs Anda serta buka halaman content lain di situs Anda.

        Pikirkan seorang yang temukan suatu link artikel Anda didalam hasil pencarian Google. Sesudah mereka membacanya serta temukan info yang mereka perlukan, kemungkinan mereka bakal tutup halaman situs Anda atau menghimpit tombol back.

        Tidak sama perihal bila mereka temukan anchor text links didalam artikel Anda perihal info yang lain yang mungkin saja menarik buat pengunjung. Link ini bakal mengarahkan pembaca itu ke tulisan yang lain yang masih tetap terkait. Apabila mereka suka pada tulisan Anda, mungkin saja saja dia bakal jadi subscriber situs (blog) Anda serta bakal kembali lagi di lain kali.

        Internal links dapat bikin pengunjung berlama-lama di situs (blog) Anda serta buka halaman-halaman lain di situs (blog) itu. Bikin pengunjung kerasan di situs (blog) Anda bakal turunkan tingkat bounce rate (rasio pentalan) situs Anda, serta ini sangatlah utama lantaran Google mempertimbangkan tingkat bounce rate juga sebagai metrik dalam memastikan apakah situs (blog) Anda mempunyai content berkwalitas atau tak. Bila pengunjung terlampau cepat meninggalkan situs (blog) Anda, Google dapat berasumsi bahwa situs (blog) itu tak memberi faedah untuk pembacanya, serta ini dapat menyebabkan turunnya peringkat situs (blog) Anda di mesin pencari Google.

        Tingkatkan SEO (Search Engine Optimization) website Anda

        Dengan bikin internal links, Anda telah menolong spider mesin pencari untuk menjelajahi website Anda dengan gampang serta cepat. Memposting banyak content dengan internal links tentu bakal tambah baik dari pada membiarkan halaman post itu tak ada link ke halaman post Anda yang lain.

        Bikin internal links ke halaman lain dengan keyword yang relevan adalah langkah yang sangatlah efisien untuk tingkatkan nilai SEO tulisan Anda.

        Tentu hal semacam ini sangatlah gampang dikerjakan. Umpamanya usaha atau situs (blog) Anda yaitu beroperasi di sektor layanan seo  Anda dapat bikin internal link dengan memakai frase keyword “Jasa SEO Premium Di jakarta

        Tingkatkan visibilitas content didalam situs Anda

        Bersamaan menambahnya saat, content didalam situs/situs (blog) Anda tentu bakal makin bertambah dari hari ke hari. Sebagian content mungkin saja saja bakal terbenam serta makin susah diketemukan oleh pengunjung situs Anda lantaran banyak content yang baru.

        Pengaruh Interlinking Dalam Website Untuk Menaikan SERP , Bila Anda mempunyai suatu halaman content yang mau Anda tunjukkan pada pengunjung situs (blog) Anda, tetapi nyatanya halaman itu tak sepopuler halaman yang lain, jadi Anda dapat memberikan link menuju halaman tersebut di dalam halaman content lain yang cukup kerap di baca oleh pengunjung situs (blog) Anda.

        Anda dapat menunjukkan konten-konten lama punya Anda lewat cara meletakkan internal link menuju halaman tersebut di dalam tulisan yang popular serta kerap dikunjungi pembaca situs (blog) Anda. Makin banyak halaman situs (blog) Anda yang di buka oleh pengunjung serta dibuka oleh mesin pencari, jadi visibilitas situs (blog) Anda bakal makin baik. Tentu ini bakal memberi hasil yang tambah baik pada situs serta usaha Anda.

        Baca Juga

        Cermati ini Saat Bikin Internal Linking

        Bila kita mengerjakannya dengan benar, jadi hasil sebaiknya bakal kita saksikan dalam halaman pencarian Google.

        Karenanya, cermati beberapa hal di bawah ini saat bikin internal linking :

        Buat internal linking ke halaman yang berkenaan.
        Buat internal linking sewajarnya, janganlah terlampau banyak.
        Pakai anchor text yang berfariasi serta sesuai sama halaman yang dituju.
        Kerjakan internal linking secara teratur.

        Pengaruh SEO Link Internal

        Pengaruh SEO link internal pada peringkat di Google, bisa tembus halaman satu google?

        Penautan Internal ternyata memiliki beberapa pengaruh pada peringkat halaman di Google.

        Google menjelaskan bahwa perubahan pada penautan internal dapat membuat perubahan dramatis pada peringkat situs, baik positif maupun negatif.

        Di Hangout Webmaster, Google John Mueller menjelaskan cara terbaik untuk memperbarui tautan internal.

        Mengubah Link Teks Internal

        John Mueller menjelaskan, Jika anda melakukan pembaharuan teks tautan secara internal agar lebih mudah dimengerti oleh pengguna, biasanya itu juga membantu mesin telusur untuk lebih memahami konteks laman tersebut.

        Jika anda hanya mengubah teks seperti tulisan dan anda mengubah link dari satu teks ke teks lainnya, maka tidak akan ada perubahan pada peringkat.

        John Mueller menasihati bahwa mempraktikkan SEO dengan baik akan menggiring website pada kualitas terbaiknya.

        Ia menerangkan bahwa Google melihat situs melalui dari bagaimana penggunaan SEO disusun dengan baik, jadi asal menautkan link teks internal saja tidak akan cukup untuk mengangkat kualitas sebuah halaman website.

        Kenyamanan Pengguna

        Di samping itu, seberapa nyaman atua tidak nyamannya pengguna ketika membuka situs, dapat dilihat dari berapa lama penguna tetap betah berada di sebuah halaman kemudian tergerak untuk memahami konten di halaman lainnya.

        Jika terlalu banyak link internal yang ditautkan ke dalam sebuah halaman, tentunya hal itu akan menganggu pembaca yang ingin membaca sebuah informasi dari sebuah situs website.

        Ketika link internal ditempatkan dengan rapi dan nyaman, tidak terlalu banyak, berjarak namun tidak mengganggu penglihatan maka itu akan menjadi lebih nyaman untuk pembaca.

        Jadi, pengguna kemudian mengklik tautan lainnya karena merasa penting untuk mengetahui penjelasan lain dari suatu artikel yang lain dari satu situs yang sama akan membuat google memperhitungkan bahwa website tersebut memiliki kualitas link internal konten yang berkualitas juga selain yang muncul di halaman pertama.

        Link-link terkait akan mempengaruhi penilaian google pada keseluruhan isi sebuah website.

        Membantu Memahami Konteks Halaman

        Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan penjelasan John Mueller menyatakan bahwa memperbaharui link internal dan anchor text akan membantu mesin pencari “lebih memahami konteks halaman tersebut.”

        Sebelumnya, faktor penentu peringkat juga akan dipengaruhi oleh teks internal dan link terkait lainnya ketika ditambahkan dalam sebuah halaman, namun di masa modern ini, hal tersebut tidak terjadi.

        Kini google melihat link internal hanya sebagai faktor untuk memahami konteks halaman konten, kemudian memutuskan keseluruhan konten di dalam sebuah web layak dinilai berkualitas dan direkomendasikan kepada pembaca.

        baca juga

          Gambar yang Harus Dihindari

          Faktor pemeringkat berikutnya yang dijelaskan oleh John Mueller ialah tidak menggunakan gambar ketika menautkan halaman.

          Alasan utama tampaknya adalah tautan gambar tidak membantu Google memahami konteks bahasan halaman itu relevan atau tidak dengan yang lainnya.

          Perlu anda ketahui bahwa ada gambar-gambar tertentu yang mungkin anda anggap bagus tapi ternyata tidak demikian bagi Google.

          Meskipun demikian, ada juga situasi yang menunjukkan sebuah gambar diterima oleh google sebagai pendukung teks yang berpengaruh.

          Ciri-ciri gambar tersebut ialah seperti gambar infografik di mana di dalamnya terdapat informasi singkat mengenai isi teks.

          Intinya ketika anda ingin menambahkan gambar, berpeganganlah pada unsur jika sebuah gambar bermanfaat untuk anda, mengandung informasi yang berguna untuk mendukung teks, maka hal itu juga akan dinilai bernilai oleh Google.

          Ad Blocker Detected

          Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

          Refresh