Legenda Brand Indonesia

Kopi Kapal Api, Kopi Lokal dengan Rasa Mendunia

Kopi, sebuah minuman yang bersifat universal dan disukai banyak orang. Di Indonesia, kopi tidak hanya menjadi sekadar minuman, tetapi juga teman dan media dalam membangun hubungan sosial. Waktu ngopi biasanya menjadi ajang berkumpul dengan keluarga, teman, hingga orang yang baru dikenal. Karena itu, kopi tidak bisa terlepas dari keseharian orang Indonesia.

Bagi pecinta kopi, pasti sudah akrab dengan kopi instan lokal, Kopi Kapal Api.  Kopi yang diproduksi oleh PT Santos Jaya Abadi (SJA) tersebut, kini sudah menguasai  lebih dari 60% pasar kopi di Indonesia. Dengan kesederhanaan dan rasanya yang khas, Kopi Kapal Api merupakan produk lokal yang membanggakan. Bukan hanya karena kualitas yang terjaga dan harga terjangkau, Kopi Kapal Api sudah menjadi oleh-oleh khas Indonesia yang tersebar ke dua puluh negara.

Meski sudah mendunia, Kopi Kapal Api memiliki sejarah ceritanya sendiri. Berikut adalah sejarah Kopi Kapal Api dahulu hingga sekarang, yang wajib Anda ketahui sebagai penikmat kopi Indonesia.

  1. Berawal dari Pendatang

Kopi Kapal Api dulunya tidak serta merta terkenal. Seorang pelaut bernama Goe Soe Loet datang ke Indonesia, tepatnya di Pelabuhan Tanjung Perak pada 1920. Beberapa waktu kemudian, ia mulai berjualan bubuk kopi tanpa merk di Surabaya. Beberapa tahun kemudian, ia membuka usaha pabrik kopi dengan dua saudaranya, bernama “Kopi Bubuk Hap Hoo Tjan”. Di saat yang sama, mereka membuka pabrik penggorengan kopi dengan 1500 pekerja di kawasan Pabean Surabaya. Karena berawal dari pelabuhan, mereka mulai menjajakan dagangannya di Pelabuhan Tanjung Perak dan sekitarnya, menggunakan sepeda keliling.

  1. Berkembang Menjadi Merk Dagang Lokal

Kopi buatan Goe Soe Loet banyak diminati terutama di area pelabuhan. Karena pelanggan mereka adalah pelaut yang singgah dengan kapal mereka, ia pun terinspirasi membuat logo produk ‘Kapal Api’. Filosofinya, kapal api adalah transportasi laut dengan teknologi yang terbilang tinggi dan mewah di masa itu. Keberadaan kapal api bisa mempermudah dan mengembangkan perdagangan antarnegara semakin pesat. Untuk itu, Gose Soe Loet menggunakan logo kapal api dengan  harapan agar usaha kopinya bisa membawa harapan baru dalam perdagangan dunia.

  1. Masa Pecah Kongsi dan Bangkrut

Meski usaha Goe Soe Loet semakin berkembang, ia dan saudaranya memutuskan pecah kongsi. Aset-aset perusahaan yang sudah didapat pun dibagi. Goe Soe Loet pun menerima bagian yaitu pabrik penggorengan kopi. Meski sudah pecah kongsi, ia tetap ingin melanjutkan usahanya. Ia pun tetap memproduksi kopi dengan dibantu oleh anaknya yaitu Soedomo, dua saudara lainnya, Indra dan Soetikmo.

Pada 1981, bisnis kopi bubuk Hap Hoo Tjan mengalami keterpurukan dan akhirnya bangkrut. Namun, di lain pihak, Soedomo dan saudaranya sudah membangun perusahaan baru bernama PT Santos Jaya Abadi (SJA).

Soedomo memutuskan untuk tetap menggunakan logo kapal api dan menciptakan produk dengan merk baru yaitu Kopi Kapal Api. Kopi buatan Soedomo diracik dengan menyesuaikan lidah orang Indonesia. Ia juga tidak lupa memperhatikan kualitas bahan kopi sehingga kopinya menjadi kopi beraroma khas yang disukai banyak orang.
Berkembangnya bisnis Kopi Kapal Api tidak hanya di Indonesia saja. Kopi Kapal Api bisa merambah ke luar Indonesia dengan cepat, yaitu ke Arab Saudi pada 1985, 1987 ke Hongkong, lalu ke Malaysia, dan Taiwan. Hingga sekarang, Kopi Kapal Api sudah meyebar hingga ke dua puluh negara. Bahkan, banyak warga asing maupun warga Indonesia di luar negeri menjadikan Kopi Kapal Api sebagai oleh-oleh khas Indonesia.

  1. Produk dan Harga Semakin Bervariasi

Suksesnya bisnis Kopi Kapal Api  tidak membuat Soedomo berhenti berusaha. Ia justru ingin meluaskan bisnisnya dengan membuat beberapa produk lain. Ia tetap memproduksi Kopi Kapal Api sebagai produk unggulan perusahaan, namun mulai membuat produk baru yang lebih bervariasi, seperti kopi Excelso, ABC, Yaa, Good Day, Fresco, hingga kopi Kapten.

Untuk harga, PT SJA mengungkapkan bahwa pemasaran produk dan jenisnya disesuaikan dengan kuantitas dan kualitas. Kopi Kapal Api sendiri memiliki ukuran kemas mulai dari ukuran sachet 65 gram, 165 gram, 380 gram, 425 gram, dan 500 gram. Harganya pun bervariasi bergantung variasi kualitas rasanya, seperti Kopi Kapal Api Special 65 gram seharga Rp 5.500, Kopi Kapal Api Bubuk+Gula Mantap Rp 10.500, Kopi Kapal Api 3in1 Grande+Chocolate Topping Rp 11.200, Kopi Kapal Api 165 gram Rp 11.900, Kopi Kapal Api 380 gram Rp 21.900,Kopi Kapal Api Luwak Blend 200 gram Rp 99.900, dan masih banyak lainnya.

Meski demikian harga yang dberikan tetap memperhatikan kondisi pasar sehingga semua produk Kopi Kapal Api dan anak produk lainnya tetap bisa dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

  1. Target Pasar dan Inovasi Produk

Pada Oktober 2017, Kopi Kapal Api  dan perusahaan SJA mengklaim berhasil menguasai pasar kopi bubuk di Indonesia hingga lebih dari 60%. Hal ini tentu saja dikarenakan target pasar yang dituju adalah masyarakat secara umum.

Selain itu, SJA juga melakukan banyak inovasi produk kopi dan selain kopi hingga membangun anak perusahaan yang mendukung bisnis Kopi Kapal Api. Bisnis-bisnis tersebut ialah PT Agel Langgeng (produksi permen dan biscuit), PT Excelso Café (bisnis kafe), PT Frastrata Buana (perusahaan distribusi produk), PT Sulotco Jaya Abadi (perkebunan kopi), PT Santos Premium Krimer (produksi krimmer), dan PT Weiss Tech (produksi mesin pembuat kopi). Dengan meningkatnya target, maka SJA berusaha untuk semakin mengembangkan bisnis lebih luas lagi sehingga dibentuknya Kapal Api Global pada 2009.

Melihat sejarah dan kondisi terbaru bisnis yang berada di belakang Kopi Kapal Api, menjadikan Anda tidak memandang sebelah mata terhadap kopi lokal, bukan? Siapapun yang mengetahui sejarah dan perkembangan Kopi Kapal Api, pasti turut bangga dengan produk lokal yang mendunia tersebut. Bahkan, tidak jarang dari Anda yang ingin mengetahui kunci sukses keberhasilan Kopi Kapal Api  yang berawal dari kopi tanpa merk hingga menjadi bisnis kopi khas Indonesia dengan lebih dari 10.000 pegawai. Berikut, adalah pemaparan kunci kesuksesan bisnis Kopi Kapal Api  yang bisa menambah wawasan bisnis Anda.

  1. Penggunaan Teknologi Mutakhir (Newest Technology)

Produk kopi buatan perusahaan SJA yang terletak di Sidoarjo tersebut, selalu berkomitmen untuk menerapkan teknologi teranyar di bidangnya, sehingga konsistensi kualitas kopi tetap terus terjaga. Berdasarkan sejarah perusahaan, Kopi Kapal Api  adalah kopi pertama yang dibuat oleh pabrik dengan drum roaster buatan Eropa, ketika di masanya kopi lain diproduksi menggunakan mesin goreng biji kopi tradisional.

Selain itu, Kopi Kapal Api  juga produk kopi pertama yang memungkinkan penjualnya meningkatkan efisiensi pemesanan dan pengiriman menggunakan sistem aplikasi. Kini, hal tersebut semakin dikembangkan dengan adanya big data processing berbasis Oracle  dan sistem e-commerce secara mandiri.

  1. Strategi Pemasaran (Marketing Strategy)

Tahukah Anda jika Kopi Kapal Api merupakan merk kopi pertama yang memasang iklan di televisi? Kopi Kapal Api  adalah merk kopi pertama yang beriklan di stasiun televisi yakni TVRI. Berbagai strategi pemasaran pun terus dilakukan dan diperbarui demi meningkatkan popularitas merk dan penjualan. Dilansir dari majalah Swa, Paulus Nugroho, Direktur Pengelola SJA, memaparkan bahwa ia sudah menerapkan teori basic marketing dari Philip Kotler-Markplus, yaitu marketing 1.0, 2.0, dan 3.0. Sekarang, SJA sudah merambah ke marketing 4.0 yaitu moving from traditional to digital and marketing content.

  1. Pengembangan SDM (Human Resource Development)

Kesadaran akan banyaknya pesaing di luar sana, menyebabkan SJA terus memperkuat sumber daya manusia (SDM). Karenanya, sejak sekitar 1990, SJA mulai melakukan tranformasi internal dengan merekrut tenaga profesional. SJA juga senantiasa mendorong learning and teaching organization seperti mengirimkan karyawan ke berbagai pelatihan, penerapan e-learning sebagai saranan training  hingga membangun SJA learning centre.

  1. Perencanaan Masa Depan (Future Plan)

Dengan perkembangan zaman yang semakin maju, SJA tidak ingin hanya sebagian pegawainya saja yang memahami kopi. Ke depannya, SJA berencana untuk menyusun program untuk edukasi internal mengenai kopi, seperti sejarah kopi, cara mengetes kopi, dan sebagainya. SJA juga memiliki rencana lain untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa SJA adalah ahli kopi, yaitu dengan membuat museum kopi.

Bagaimana? Tertarik menjadi pebisnis kopi?

Sebagai pemula di dunia bisnis, Anda bisa belajar banyak hal dair Kopi Kapal Api. Dengan melihat yang ada di depan mata, Goe Soe Loet bisa menciptakan dan mewariskan sebuah bisnis kopi dengan omzet Rp 10 triliun per tahun ke anak dan cucunya. Untuk itu, jangan pernah melewatkan peluang yang tersaji di depan Anda. Lihatlah dengan kaca mata bisnis, dan Anda bisa belajar dan menghasilkan banyak keuntungan saundercover.co.id/l mengharumkan nama Indonesia, seperti Kopi Kapal Api, produl lokal dengan rasa mendunia.

Brand Kecantikan Ala MARTHA TILAAR

Produk kecantikan kini sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Era modern seperti saat ini menjadikan wanita berlomba-lomba untuk menjadi cantik seperti layaknya seorang artis. Menjadi cantik selalu di barengi dengan usaha. Bukan cantik namanya jika tidak dibarengi dengan usaha.

Salah satu usaha untuk mempercantik diri yang sedang terkenal adalah dengan menggunakan kosmetik. Kosmetik bisa berfungsi untuk menutupi kekurangan seseorang yang terdapat pada bagian wajah, sehingga kosmetik dapat membuat seseorang menjadi sempurna.

Sempurna adalah sesuatu yang sangat di idam-idamkan wanita, apalagi menggunakan kosmetik yang berbahan dasar alami seperti tumbuh-tumbuhan yang kaya akan vitamin yang dapat menutrisi kulit.

Kini sudah banyak beredar kosmetik di pasaran dengan jenis, fungsi serta kelebihannya masing-masing yang dapat digunakan oleh berbagai macam jenis kulit, umur serta kelebihan yang akan di dapat jika Anda menggunakannya. Tentunya hal itu sangat membantu untuk wanita karir yang harus di tuntut untuk tetap berpenampilan menarik, memiliki kulit sehat dan terawat.

Ataupun untuk remaja sampai ibu rumah tangga yang harus berpenampilan baik agar lebih percaya diri di lingkungannya. Harga kosmetik yang relatif terjangkau membuat kosmetik sudah menjadi konsumsi kulit sehari-hari. Tanpa kosmetik tentu akan terlihat berbeda karena banyak ketidak sempurnaan yang akan terlihat sehingga membuat orang-orang akan merasa Anda tidak merawat diri dengan baik. Oleh sebab itu, tampil cantik di era saat ini sudah menjadi kewajiban secara tidak langsung.

Martha tilaar hadir untuk menjawab segala keresahan wanita akan kulitnya. Martha tilaar adalah pelopor kosmetik yang paling tua, kualitasnya tidak perlu dipertanyakan lagi, meskipun banyak bermunculan produk kosmetik serupa, Martha tilaar tetap bersaing dan menjadi produk kecantikan yang istimewa yang sudah memiliki tempat di hati konsumen masing-masing.

Martha tilaar sendiri terlahir dengan nama Martha Handana di Gombong, Kebumen, Jawa tengah pada tanggal 4 september 1937. Martha sendiri adalah seorang pengusaha yang bergelut di bidang kecantikan serta jamu dengan merek yang bernama Sariayu. Pertama kali Martha tilaar bekerjasama dengan Kalbe Farma dan berdiri dengan nama perusahaan Martina Berto. Martha sendiri kemudian mendirikan perusahaan yang Martha Tilaar yang di tata seperti rumah museum. Adapun banyak penghargaan yang sudah di terima adalah 9001 certification yang sangat membanggakan.

Adapun jenis perawatan yang tersedia di Martha Tilaar adalah makeup, kesehatan wajah, rambut, hingga seluruh tubuh. Perawatan tersebut telah teruji khasiatnya untuk mempercantik tampilan wanita modern masa kini. Martha tilaar sendiri sudah memberikan pelayanan sesuai teknologi yang berkembang sampai saat ini. Hal tersebut membuat inovasi yang melahirkan brand loyalty dan terus menarik konsumen dan membuat konsumen lama tetap setia dengan perawatan yang ada di Martha Tilaar Day Spa.

Martha tilaar ini juga menjadi satu-satunya pendiri Global Compact PBB dari Asia yang juga mendapatkan sertifikat ISO 14001 dan sertifikat GMP CPKB (Cara Produksi Kosmetik yang Baik) dan CPOTB (Cara produksi Obat Tradisional yang Baik).

Jika salon spa lain menggunakan bahan alami hingga teknologi canggih untuk membuat citra berbeda pada salonnya, maka Martha Tilaar tetap mempertahankan keunikannya sendiri dengan cara menggunakan kesehatan budaya jawa.

Selain jawa, Martha tilaar melestarikan teknik perawatan yang berasal dari India, yaitu ayuverda dan dari china yaitu akupuntur, acupressure, Chinese coin therapy, pijat tui na, dan kuai zi. Untuk dekorasinya, Marthe tilaar juga terus mengembangkan konsep adat jawa yang sangat kental namun tetap mengusung teknologi modern sehingga melahirkan perpaduan yang seimbang.

Jika Anda tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari keluarga Martha tilaar sebagai investor, berikut visi yang sudah Martha Tilaar jalani sejak dahulu, Martha Tilaar sedari awal membawa nama Indonesia go global, dengan demikian bisnis Martha Tilaar Salon Day Spa juga merambah ke waralaba.

baca juga 100 Daftar Waralaba Dan Franchise Mulai Dari 1 Juta sd 1 Milyar

Adapun pelayanan yang unggul di Martha Tilaar adalah menjanjikan pelayanan sebagai standarisasi pelayanan, kemudian konsistensi dan kesamaan treatment dari hulu sampai ke hilir. Investor yang telah mempercayakan Martha Tilaar dalam membangun cabang baru selalu semakin percaya dan terus menambah perpanjangan kontrak dan menambah cabang baru. Kini sudah ada 69 gerai yang sudah berdiri di seluruh pusat kota di Indonesia.

Adapun dua paket kerja sama waralaba yang di tawarkan adalah sebagai berikut:

  1. Paket Martha Tilaar Salon Day Spa

Adapun dana yang harus di siapkan senilai Rp. 420 juta dengan fasilitas dan equipment lengkap bagi seluruh layanan spa yang akan di hadirkan. Adapun luas tempat yang cocok untuk gerai ini seluas 200 m2.

  1. Paket Martha Tilaar Express

Untuk oaket sederhana ini Anda hanya perlu menyediakan dana sebesar Rp. 340 juta. Luas tempat yang diperlukan hanya 100 m2.

Jika berminat, hubungi segera ke kantor Puspita Martha Building 3A Floor, Jl. KH Wahid Hasyim no. 19-21, Jakarta Pusat. Telpon (021) 294-84-066.

Ayo, tunggu apalagi, bergabung bersama waralaba Martha Tilaar menjanjikan peluang besar di tengah berlomba-lombanya produk fashion hingga kosmetik di era modern seperti saat ini. Jangan ragu dan hubungi kami ke alamat yang sudah tertera di atas tersebut.

Optik Seis: Bisnis Ritel Kacamata Top Brand untuk Indonesia

Seiring berjalannya waktu, perkembangan fashion item di dunia semakin pesat. Banyak fashion item yang dikreasikan dari berbagai benda yang sebelumnya tidak dianggap fashionable. Salah satu fashion item yang banyak digemari dan yang memiliki fungsi estetik setelah menjadi fashion item adalah kacamata.

Kacamata secara fungsional, membantu untuk memperbaiki kondisi mata seseorang yang mengalami gangguan penglihatan. Namun, beberapa orang mulai menggunakan kacamata sebagai bagian dari gaya berpakaian atau fashion item yang berciri khas.

Hal ini dimulai dari penggunaan kacamata yang awalnya untuk membantu memperbaiki kondisi penglihatan, beralih menjadi pelengkap bahkan penyempurna penampilan seseorang, seperti populernya penggunaan kacamata aviator (kacamata khusus pilot tentara Amerika Serikat) karena digunakan oleh Tom Cruise di film Top Gun pada  1986.

Di Indonesia, kacamata sebagai fashion item bukanlah barang langka. Banyak orang terutama publik figur seperti artis hingga model yang menggunakan kacamata untuk menunjang penampilan mereka. Bahkan, muncul istilah bahwa kacamata tidak lagi hanya menjadi alat bantu penglihatan namun menjadi bagian penting dalam life style.

Dengan pesatnya kemajuan teknologi dan informasi, menyebabkan segala sesuatunya memiliki peluang bisnis. Termasuk dalam memanfaatkan popularitas kacamata sebagai fashion item. Optik Seis adalah salah satu pelopor bisnis di bidang fashion item untuk kacamata.

Optik Seis  merupakan bisnis ritel di bidang fashion item kacamata yang sudah terkenal dengan mengusung berbagai top brand  kacamata luar negeri di Indonesia.

Beberapa brand kacamata yang dijual secara khusus di Optik Seis adalah Ray Ban, Oakley, Prada, Dolce and Gabbana, Calvin Klein, Emporio Armani, Police, Saint Laurent, Bottega Venetta, Stella McCartney, Alexander McQueen dan beberapa top brand lainnya. Penjualan kacamata dengan brand–brand tersebut juga membuat Optik Seis  memiliki hak eksklusif secara resmi dalam hal pelayanan dan penjualan lebih lanjut yang tidak dimiliki optik lain.

Tidak jarang bisnis lokal yang bekerja sama dengan produk luar sebagai distributor secara resmi. Dengan segudang top brand yang tersedia, sejarah Optik Seis menjadi hal penting yang menarik untuk diketahui. Menurut Rudhy Buntaram, Director of Optik Seis, bisnis yang mengkhususkan diri sebagai ahli kacamata tersebut dimulai oleh kakeknya. Toko pertama Optik Seis dibuka kali pertama di Pasar Baru pada 1927. Dalam kurun waktu seundercover.co.id/lan puluh tahun, Optik Seis berhasil menjadi pesaing untuk bisnis sejenis di dalam negeri.

Dilansir dari wawancara Brava Radio, Rudhy Buntaram menjelaskan bahwa kunci keberhasilan bisnis keluarganya tersebut adalah konsistensi dan upaya mengembangkan bisnis sesuai dengan perubahan di sekitarnya, terutama trend.

Jika dulu Optik Seis lamban dalam mengikuti perkembangan trend fashion item, sekarang Optik Seis sudah mampu menyamakan kedudukan dengan bisnis sejenisnya dan tetap terus meengembangkan eksistensi dirinya di kancah bisnis. Di antaranya melalui kerja sama dengan brand–brand luar yang sudah terbukti kualitas dan popularitasnya.

Tidak hanya itu, menurutnya menjadi pebisnis juga harus memiliki sifat kompetitf dengan selalu mengikuti perkembangan teknologi. Bagi pria yang sukses digandeng Billy Boen sebagai founder PT Jakarta International Management (JIM) tersebut, kacamata bukan sekadar alat bantu melihat, tapi juga membuat pemakainya tampak trendy dan menjadi bagian dari gaya berpakaian.

Keyakinannya tersebut membuatnya yakin untuk terus mengeksplorasi bisnisnya hingga seratus tahun, bahkan selamanya.

Layaknya optik pada umumnya, Optik Seis memiliki koleksi frame berbagai merk, dengan berbagai bahan seperti plastik, logam, hingga titanium sesuai kebutuhan pembeli. Tidak hanya itu, Optik Seis berhasil melebarkan sayap dengan menyediakan produk berkualitas lainnya seperti contact lens dalam berbagai pilihan menarik. Harga yang dibeirkan untuk produk Optik Seis  pun beragam.

Produk kacamata rerata dibandrol mulai dari Rp 900.000 hingga Rp 9.000.000, dan bisa berubah sewaktu-waktu. Untuk produk contact lens bisa didapatkan mulai dari Rp 230.000,-.

Optik Seis juga siap melayani servis kacamata seperti penggantian lensa atau memperbaiki bagian yang yang rusak atau lepas. Namun, servis yang diberikan hanya untuk brand kacamata yang dijual di Optik Seis.

Untuk masalah strategi marketing, Optik Seis memiliki banyak strategi yang tidak kalah dengan bisnis-bisnis sejenisnya. Yang rutin dilakukan oleh Optik Seis  adalah pemberian diskon untuk tiap pembelian kacamata dengan ketentuan yang berlaku, misalnya untuk pembelian menggunakan kartu kredit bisa mendapatkan potongan harga hingga 30%.

Optik Seis juga turut mempromosikan kacamata top brand yang dimilikinya dengan melibatkan publik figur. Peringatan 90 tahun pada September 2017 kemarin, Optik Seis sukses mengadakan “90 Frames of Fame” yang diisi oleh 120 selebritas dengan seundercover.co.id/lan penata gaya ternama.

Di bidang kepedulian sosial, Optik Seis juga turut andil, misalnya pada World Sight Day, Optik Seis sempat menggelar pemeriksaan mata gratis bagi siswa dan guru dan membagikan 3000 kacamata gratis untuk guru/siswa yang membutuhkan.

Setiap tahun, Optik Seis selalu menyediakan warna dan suasana baru untuk koleksi kacamata dari top brand yang up to date. Juga, Optik Seis senantiasa memanjakan kolektor dan pengagum kacamata di Indonesia dengan berbagai koleksi unik.

Optik Seis pernah dengan berani menjadi pemilik koleksi kacamata limited edition dari brand Dolce and Gabbana yaitu Carreto Siciliano yang hanya diproduksi 100 buah di dunia dengan harga Rp 100 juta pada pertengahan 2016 lalu. Pada April 2017, Optik Seis berhasil mendatangkan label kacamata hipster terbaru yaitu Oliver Peoples asal California yang berhasil membuat koleksi ikonik seperti koleksi The Row untuk Ashley dan Mary-Kate Olsen.

Belajar dari bisnis fashion item Optik Seis memanglah menarik. Pada kenyataannya, tidak banyak bisnis yang mampu bertahan hingga lebih dari dua generasi, apalagi di bidang fashion item. Optik Seis berhasil membuktikan diri pada Anda, bahwa setiap bisnis yang ditekuni dengan upaya dan usaha yang bersungguh-sungguh pasti mampu dipertahankan.

Perkembangan teknologi, informasi, dan mode fesyen menjadi syarat mutlak bagi Anda, para pebisnis, untuk memajukan bisnis melalui usaha yang kompetitif. Bila Anda masih pemula, jangan lupa untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan berani, yang bisa menjadi langkah besar Anda dalam memulai bisnis.

baca juga 150 Daftar Penyedia Jasa SEO dan Tools SEO Indonesia Dan Luar Negri

Sebagai bisnis ritel profesional, Optik Seis tidak hanya terkenal di dalam negeri, namun juga mampu membuat nama Indonesia dikenal oleh bisnis-bisnis fashion item ternama di dunia melalui kerja sama. Hal ini pula yang membuat Anda bisa dengan bangga menyebut Optik Seis  sebagai bagian dari penyedia fashion item top brand untuk masyarakat lokal di Indonesia.

Kini, Optik Seis memiliki 135 gerai yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan sasaran para pemerhati fashion, artis, model, hingga kalangan muda, Optik Seis  mampu meraih omzet penjualan puluhan juat setiap bulan. Mengesankan, bukan? Tertarik untuk membeli kacamata top brand dunia? Anda bisa mengunjungi Optik Seis terdekat di kota Anda atau mengunjungi optikseis.com untuk melihat koleksi kacamata terbaru dari Optik Seis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *