Manfaat Media Sosial Untuk Mengembangkan Bisnis

Jasa

undercover.co.id – Manfaat media sosial bagi sebuah bisnis adalah alat pemasaran digital yang dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan pelanggan kamu dan calon pelanggan bisnis online. Namun dalam perjalanannya, media sosial lebih dari sekedar sarana komunikasi online. Banyak manfaat lain dari media sosial, terutama bagi pemilik bisnis, dapat dirasakan oleh pengguna. Apa manfaat lain dari media sosial?

Bangun dan tarik minat komunitas

Salah satu fokus pemasaran melalui media sosial mungkin adalah kemampuannya dalam membangun dan menarik minat publik. Sebagai pemilik bisnis, kamu akan berkesempatan untuk berinteraksi dengan pelanggan baru melalui media sosial. Di sini, kamu dapat membangun dan menarik minat mereka melalui komunikasi yang efektif atau berbagi konten. Mulailah dengan “suka”, lalu “cinta”, dan bahkan membela kamu. Respon publik terhadap media sosial sangat bervariasi. Setiap pemilik akun media sosial bisa merasakan respon dari positif hingga negatif. Untuk mendapatkan pujian publik, kamu harus memperhatikan metode pemasaran online yang efektif. Salah satunya adalah dengan menyediakan konten yang menjawab pertanyaan atau kebutuhan pembaca. Ketika apa yang mereka inginkan benar, mereka akan tertarik dan mulai menyukai kamu. Sama seperti hubungan lainnya, jika hubungan menjadi lebih kuat, produk bisnis kamu juga akan disukai. Bahkan, mereka akan memberikan layanan pelanggan secara gratis dan menjawab pertanyaan serta keluhan konsumen lain melalui media sosial.

Media sosial lebih dari sekadar pemasaran

Media sosial dapat digunakan untuk mendukung strategi pemasaran bisnis kamu. Namun, manfaat media sosial melampaui platform pemasaran. Konten bersama juga dapat meningkatkan interaksi dengan perusahaan. Pemilik bisnis dapat membagikan tiga tema konten di media sosial mereka.

  1. Dengan menggunakan konten ini, kamu dapat mengedukasi pelanggan kamu dan memastikan bahwa produk kamu dapat mengoptimalkan aktivitas mereka.
  2. Pelanggan membutuhkan hal-hal kreatif dan cara baru dalam menggunakan produk, sehingga mereka membutuhkan jenis konten ini.
  3. Seperti layanan pelanggan, jenis konten ini dapat berisi pertanyaan dan jawaban untuk membantu pelanggan menggunakan produk kamu dengan lebih baik.

Layanan pelanggan melalui media sosial

Siapapun akan mengajukan keluhan ketika mereka menemui masalah. Kini, jaman telah berubah. Jika sebelumnya keluhan lebih banyak disampaikan melalui telepon, di era digital ini, 65% pelanggan lebih memilih untuk menyampaikan keluhan melalui media sosial daripada melalui call center. Alasannya karena media sosial lebih praktis, tidak perlu mengeluarkan pulsa puluhan ribu, dan administrator bisa membaca lebih cepat. Mereka hanya fokus pada peningkatan branding dan pemasaran melalui media sosial. Di saat yang sama, keluhan dan masalah pelanggan di media sosial juga akan diabaikan.

Pengembangan produk

Melalui media sosial, kita bisa memahami produk mana yang diinginkan konsumen. Padahal, kita bisa memahami tren produk dan persaingan di pasar. Umpan balik berupa saran dan kritik di media sosial dapat menjadi dasar bagi pemilik usaha untuk mengembangkan produk terbaru. Selain itu, pengguna media sosial juga dapat menjadi penguji dan pengontrol kualitas yang baik untuk bisnis kamu. Beberapa di antaranya akan menyampaikan error dan masalah lain yang berkaitan dengan produk kamu, yang tentunya sangat menguntungkan bukan?

Pro dan kontra media sosial

Berapa banyak waktu yang kamu habiskan di media sosial dalam sehari? Fakta menunjukkan bahwa orang Indonesia menghabiskan rata-rata 3 jam 26 menit setiap hari untuk membuka media sosial. Akankah media sosial membuatnya lebih mudah atau akan menghambat hidup kamu? Apakah dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas dan kesadaran merek perusahaan? Atau hanya membuat ketagihan dan membuang-buang waktu?

baca juga

Keuntungan dari media sosial:

1. Jangkau dunia

Baik orang yang kamu cari adalah teman masa kecil, teman sekolah, teman kerja, atau kenalan dari negara lain, kamu dapat mencari melalui media sosial. Media sosial tidak mengenal batas dan kamu dapat berinteraksi dengan orang-orang di seluruh dunia. Dengan menggunakan media sosial, kamu dapat bertemu orang baru, menjalin kontak bisnis yang lebih luas, mencari berbagai informasi, dan mencari lowongan kerja.

2. Berbagi informasi secara real-time

Ada banyak platform media sosial yang menyediakan kemampuan pesan instan yang memungkinkan pengguna berbagi informasi secara real time melalui obrolan. Untuk bisnis online yang konsumennya tersebar di berbagai tempat, media sosial dapat digunakan sebagai sarana komunikasi langsung dengan konsumen. Selain itu, pemilik bisnis juga dapat melakukan konferensi dengan pelanggan melalui conference call.

3. Media periklanan gratis dan tertarget

Metode pemasaran digital yang efektif adalah melalui media sosial. Mengapa? Karena akan jauh lebih murah dibanding media lain. Bahkan jika kamu berpromosi melalui media sosial pribadi, biayanya gratis. Namun ada juga fungsi berbayar agar pemilik bisnis bisa berbagi konten dengan pengguna berdasarkan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya. Untuk memahami fitur berbayar ini, kamu perlu mempelajari pemasaran digital.

4. Berita menyebar dengan cepat

Saat ini, semua orang bisa belajar tentang perkembangan dunia melalui akun media sosial. Fungsi berbagi media sosial memungkinkan informasi menyebar dengan sangat cepat. Dari satu akun ke akun lainnya membuat kabar tersebut tersebar. Bayangkan apa jadinya jika produk bisnis kamu tersebar melalui media sosial? Pemasaran media sosial kamu pasti akan meningkat pesat!

baca juga

Kekurangan media sosial:

1. Penindasan di dunia maya

Sangat miris melihat fenomena komentar dadakan yang sering terjadi di Indonesia. Mereka tidak tahu alasannya, tetapi cenderung memberikan komentar negatif hingga menimbulkan efek cyberbullying. Saran dan komentar negatif yang disampaikan dengan bahasa kasar justru dapat menimbulkan frustasi bagi pemilik akun. Hal tersebut dapat mengundang orang lain untuk melakukan hal yang sama, meskipun mereka tidak mengetahui sumber masalahnya. Contoh nya adalah kampanye untuk mempromosikan e-book di LinkedIn, namun masih ada beberapa komentar yang ingin menghancurkan tujuan nya yang sedari awal masih belum jelas tujuan menjelekkan itu apa. Namun anehnya, ada saja orang yang menyukainya.

2. Penipuan dan pencemaran nama baik

Kebebasan untuk membuat akun media sosial membuka pintu bagi para penjahat. Sayangnya, sebagian besar akun palsu digunakan untuk informasi negatif. Salah satunya mengaku sebagai akun resmi seseorang, lalu mulai difitnah.

3. Buang waktu

Jajak pendapat yang dilakukan oleh Globalwebindex menunjukkan bahwa pengguna internet menghabiskan 28% waktu online mereka di media sosial. Selain itu, menurut laporan Forbes, 89% karyawan menghabiskan waktu membaca status terbaru dan informasi yang dibagikan di media sosial. Dari situ dapat disimpulkan bahwa orang-orang sebenarnya hanya membuang-buang waktu di media sosial dengan sia-sia.

4. Menjadi bumerang

Mungkin tidak apa-apa untuk membuat lelucon di antara teman-teman. Tetapi jika perusahaan kamu melakukan sesuatu yang bodoh dan kemudian menyebarkannya melalui media sosial, maka perusahaan kamu akan menjadi bahan lelucon bagi orang-orang di seluruh dunia. Ketika kamu melakukan kesalahan dalam menggunakan media sosial untuk pemasaran digital, dampaknya akan sangat merugikan kamu dan bisnis kamu. Jadi bijaklah menggunakan media sosial dalam menunjang bisnis kamu.

Jasa

Leave a Reply

error: Content is protected !!