Pemasaran Video 4.0

Memilih SEO Agency
Jasa

undercover.co.id – Kita semua tahu bahwa gambar bernilai ribuan kata, tetapi bagaimana dengan video?

Bukankah mereka terdiri dari seribu gambar dalam diri mereka sendiri?

Nah, itulah alasan mengapa pemasaran video terus meningkat selama beberapa tahun terakhir.

Sebagian besar bisnis yang menggunakan platform digital sudah menggunakan pemasaran video, karena telah terbukti berkali-kali sebagai alat yang ampuh dan efektif.

Jika Anda belum melakukannya, artikel ini akan meyakinkan Anda bahwa belum terlambat untuk mulai menggunakan pemasaran video.

Jika sudah, itu bagus sekali. Artikel ini akan membantu Anda memiliki pemahaman dasar yang lebih kuat dan mempelajari lebih banyak _ tips.

Apa itu Pemasaran Video?

Intinya, pemasaran video adalah ketika Anda menggunakan video untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan Anda sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda.

Ini biasanya dilakukan di media sosial untuk terlibat dengan pelanggan saat ini dan calon, sementara juga mengedukasi mereka tentang merek Anda.

Manfaat Utama Menggunakan Pemasaran Video untuk Bisnis Anda

1. Keterlibatan Media Sosial

Video dapat melibatkan bahkan pembeli terberat, karena terbukti bahwa pelanggan lebih cenderung menonton video daripada membaca deskripsi produk yang panjang.

Ini juga menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik setiap kali seseorang menemukan profil atau situs web merek Anda.

Video berfungsi dengan baik di media sosial, terutama jika itu menyenangkan dan informatif, dan ada peluang lebih tinggi bagi pelanggan yang menontonnya untuk terlibat dengan menyukai dan berbagi video, mengikuti akun Anda, atau bahkan membeli produk Anda.

2. Bangun kepercayaan

Video memungkinkan Anda memandang wajah merek Anda, dan ini pada gilirannya akan memungkinkan Anda membangun koneksi pribadi dengan pelanggan Anda. Alih-alih merek perusahaan berwajah, mereka sekarang dapat mengenal orang-orang yang menjalankan bisnis.

3. Mendorong Penjualan

Akhirnya, mungkin manfaat paling menarik dari menggunakan pemasaran video: itu bisa dan akan membantu Anda meningkatkan konversi dan penjualan.

Ketika digunakan dengan benar, video bisa lebih efektif daripada foto karena memungkinkan lebih banyak kreativitas dan personalisasi. Kami menyukai visual, jadi jika gambar diam sudah berfungsi dengan baik, bayangkan betapa jauh lebih menariknya gambar bergerak.

Berbagai Jenis Pemasaran Video

Tentu saja, ada lebih banyak jenis video yang dapat Anda buat, tetapi ini adalah beberapa yang paling umum:

Video Produk

Video produk ditujukan untuk pembeli potensial dan menjelaskan semua yang perlu mereka ketahui tentang suatu produk (atau layanan). Ini mungkin termasuk fitur-fiturnya, nilai jual dan demo penggunaannya yang mendalam.

Pendidikan

Pemasaran video yang menggunakan konten pendidikan sedang meningkat. Anda tidak hanya mempromosikan merek secara halus, Anda juga memberikan nilai kepada siapa pun yang menonton video.

Dan orang-orang menyukai nilai. Video-video ini biasanya menawarkan informasi atau pengetahuan tentang niche khusus yang terkait dengan merek Anda. Misalnya, perusahaan katering yang sehat dapat menghasilkan video edukasi tentang nutrisi.

Profil Perusahaan atau Bisnis

Profil perusahaan biasanya dibuat untuk meningkatkan kesadaran merek, serta untuk pelanggan yang sudah tertarik dengan merek Anda dan ingin tahu lebih banyak. Ini mungkin lebih efektif untuk perusahaan yang menawarkan layanan seperti konsultasi, pembinaan atau desain, sehingga klien memiliki gagasan tentang budaya perusahaan.

Kesaksian

Anda mungkin sudah menggunakan testimonial tertulis dan itu hebat. Tetapi testimonial video bahkan lebih baik! Tidak ada yang menarik minat calon pelanggan selain mendengar langsung kepuasan pelanggan lain dari menggunakan produk Anda.

Di belakang layar

Banyak bisnis saat ini mengambil pelanggan di belakang layar untuk menunjukkan kepada mereka proses sehari-hari dalam memberikan produk atau layanan. Sangat menyenangkan bagi mereka untuk mengetahui apa yang terjadi di balik iklan dan produk akhir yang dipoles. Ini juga bagus untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan mereka.

Kiat Terbaik untuk Pemasaran Video

1. Tetapkan tujuan Anda

Apa gunanya video Anda? Ini bisa sangat bervariasi dari peningkatan kesadaran merek, peningkatan penjualan, atau sekadar memberi instruksi kepada pelanggan tentang cara menggunakan produk Anda. Sangat penting untuk mengetahui apa yang ingin Anda capai dengan video Anda sehingga dapat dibuat efektif.

2. Tentukan audiens target Anda

Penting untuk mengetahui siapa audiens target Anda. Pertama, Anda harus melakukan riset pasar untuk menentukan demografi sehingga Anda dapat membuat video yang sesuai. Di mana mereka tinggal? Berapa kisaran usia mereka? Jenis kelamin? Pendudukan?

Selanjutnya, pikirkan tentang tipe orang apa yang ingin Anda tonton videonya? Ini adalah pelanggan saat ini, orang-orang yang menyadari merek Anda tetapi belum menjadi pelanggan setia, pelanggan potensial, dan bahkan orang-orang yang belum pernah mendengar tentang Anda.

3. Ceritakan sebuah kisah

Tidak cukup untuk mempromosikan produk atau perusahaan. Anda harus menceritakan sebuah kisah dengan video Anda. Ini akan memastikan bahwa mereka yang menontonnya akan lebih terpengaruh secara emosional dan karenanya, ingatlah lebih banyak. Tidak hanya itu, orang secara alami menyukai cerita dan memiliki sesuatu yang dapat mereka empati akan membuat mereka merasa lebih dekat dengan merek Anda

Kita hidup di era digital dan ribuan konten diunggah setiap menit. Sebagian besar dari kita tidak punya waktu (atau minat) untuk menonton video 30 menit tentang sesuatu yang belum pernah kita dengar. Jadi, singkat saja namun mudah diingat. Anda ingin menarik perhatian dengan cepat.

baca juga

    Contoh Pemasaran Video

    Jika Anda melihat halaman pendaratan situs pebisnis dunia , hal pertama yang akan Anda lihat adalah video pengantar podcast-nya, Ini bagus karena mengundang pengunjung untuk mengetahui lebih lanjut tentang podcast yang mungkin menarik bagi mereka.

    Jika mereka berakhir sebagai pendengar setia, itu sempurna. Jika tidak, mereka menjadi sadar bahwa situs tersebut memiliki podcast tentang bisnis – sesuatu yang mungkin sudah diminati oleh pengunjung situs web ini.

    Kami harap Anda telah mempelajari satu atau dua hal tentang pemasaran video dari artikel ini. Mungkin itu akan menginspirasi Anda untuk mulai menerapkan tips ini!

    Jika Anda memang membutuhkan bimbingan profesional untuk perusahaan Anda dari seorang praktisi bisnis yang berpengalaman, kami  tersedia untuk konsultasi janji.

    Jasa

    Leave a Reply

    error: Content is protected !!