ROI SEO: 5 Hal Inilah yang perlu Anda ketahui , Dibandingkan dengan PPC atau ukuran pemasaran berbayar lainnya, nilai SEO sulit diukur. Dalam artikel ini, kami menjelaskan mengapa menghitung laba atas investasi begitu rumit, bergantung pada apa, dan bagaimana Anda dapat mengevaluasinya secara bermakna.

Pengembalian investasi (ROI) adalah tujuan setiap pemasar online. Ini adalah tolok ukur yang ingin diketahui oleh setiap pemimpin bisnis. Dan ini tidak kalah benarnya dengan SEO ROI.

Jasa

Jika Anda sudah menjalankan iklan bayar per klik (PPC), Anda akan tahu bahwa menghitung ROI sangat mudah di sini: cukup bandingkan pendapatan dengan pengeluaran. Jika angkanya positif, Anda mendapatkan laba atas investasi (ROI) positif:

image size-full">
ROI SEO

Namun meskipun mudah untuk menghitung ROI untuk iklan online, sayangnya jauh lebih sulit untuk melakukannya untuk ukuran SEO Anda.

Peringkat mesin pencari mungkin merupakan cara paling jelas untuk memetakan ROI SEO. Jika situs web Anda berkinerja baik dalam hasil pencarian, Anda telah menghasilkan nilai untuk situs web Anda. Sayangnya, ini sebenarnya bukan ROI SEO, tetapi lebih seperti medali. Itu bersinar indah keemasan, tetapi hanya tanda kesuksesan Anda.

image size-full">
ROI SEO

Gbr.2: Peringkat kata kunci dan lalu lintas organik yang dihasilkan membantu menilai keberhasilan SEO

Meskipun Anda dapat menggunakan peringkat kata kunci dan lalu lintas organik untuk mengevaluasi keberhasilan SEO Anda, sulit untuk membuat pernyataan yang kuat tentang laba atas investasi. Jadi apa itu ROI SEO, dan bagaimana cara menghitungnya?

Apa itu laba atas investasi SEO?


Menurut definisi, ROI SEO menunjukkan laba atas investasi dari langkah-langkah SEO Anda. Jika kampanye SEO Anda menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada jumlah yang Anda keluarkan untuk menerapkannya, maka selamat – Anda mendapatkan ROI situs web yang positif.

Tidak seperti iklan PPC, tidak ada biaya tetap per klik organik di SEO . Alih-alih membayar untuk posisi teratas, SEO adalah tentang mendapatkan visibilitas organik Anda di Google!

Jadi sementara beberapa saluran digital dapat menjamin sejumlah lalu lintas dan pendapatan yang dihasilkan untuk jumlah tertentu, Anda tidak dapat secara langsung dan konkret mengukur nilai SEO Anda, atau pendapatan yang dapat ditelusuri kembali ke ukuran SEO.

Terlebih lagi, SEO bukanlah resep sukses dalam semalam. Semua tindakan dirancang untuk jangka panjang, dan bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk membuahkan hasil.

Anda tentu saja dapat menentukan laba atas investasi SEO yang diharapkan berdasarkan perkiraan biaya, penjualan, dan faktor lainnya. Untuk perhitungan yang lebih akurat atau untuk membandingkan apakah harapan dan kenyataan cocok, Anda harus memasukkan beberapa aspek lagi.

image size-full">
ROI SEO

Gbr. 3: Dalam hal ROI SEO, pendapatan dan pengeluaran tidak selalu mudah diukur

Cara Menghitung ROI SEO


Kami telah mengatakan bahwa Anda menghitung ROI SEO Anda dengan mengurangi semua biaya yang terkait dengan upaya SEO Anda dari pendapatan yang dihasilkan oleh mereka.

Tapi itu tidak mudah, karena “pendapatan dari SEO” dan “biaya dari SEO” bisa lebih dari sekadar jumlah uang. Untuk menentukan nilai upaya SEO Anda, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor.

ROI SEO, antara lain, mencakup tingkat keberhasilan Anda mengarahkan lalu lintas yang memenuhi syarat dari halaman hasil mesin pencari (SERP) ke situs web Anda sendiri. Lalu lintas yang memenuhi syarat berarti prospek atau pengguna yang menawarkan potensi penjualan tertentu kepada Anda sebagai operator situs web dan pengusaha. Ini dapat berasal dari sumber yang berbeda:

  • Langganan
  • Pengunjung yang kembali
  • Keterikatan
  • Langganan buletin
  • Akun baru
  • Pembelian
  • Apa yang membuat menghitung ROI SEO begitu sulit adalah Anda harus menganalisis koneksi dan profil tautan yang dihasilkan dari lalu lintas situs web dan mesin telusur, lalu mengalikan data tersebut dengan hasil konversi.

Alat seperti Google Analytics dapat membantu Anda di sini. Namun masih sulit untuk menyinkronkan, menganalisis, dan memetakan data dengan cara yang benar-benar koheren.

Tidak ada data, tidak ada ROI SEO


Pengembalian investasi SEO yang sebenarnya hanya bermakna seperti data dasar dan tingkat detail. Itu harus selalu diatur sesuai dengan tujuan. Jadi, Anda perlu mengetahui asal lalu lintas Anda dan melacaknya hingga tindakan yang diinginkan. Anda kemudian harus menempatkan semua data ini dalam kaitannya satu sama lain.

Misalnya, Anda dapat melacak tautan dari forum online yang mengarah ke produk di toko web Anda. Kemudian ROI SEO Anda dapat mempertimbangkan, misalnya, daftar tautan masuk yang telah dikonversi menjadi pembelian. Atau Anda dapat menganalisis detail dari hasil pencarian (menggunakan kata kunci yang sesuai, tag jangkar, atau dalam konteks konten) yang mengarah pada pembelian.

Anda kemudian menghubungkan informasi ini bersama-sama. Misalnya, dengan menghitung jumlah total link forum atau jumlah artikel blog yang mendapat peringkat untuk kata kunci yang sesuai (di halaman Google 1). Dan terhadap semua pembelian yang diambil bersamaan, tentu saja, Anda harus mengurangi biaya seperti agensi atau tim SEO internal Anda, untuk mendapatkan ROI SEO yang sebenarnya.

Jasa

image size-full">
ROI SEO

Mengapa menghitung ROI SEO begitu rumit?


Pertama-tama: senang melihat Anda belum menyerah dalam menghitung ROI SEO Anda! Karena ya, itu rumit. Ini tentu lebih rumit daripada ROI PPC yang disebutkan di atas.

SEO adalah sedikit keterampilan lunak di antara upaya pemasaran online. Itu tidak menunjukkan hasil langsung, dan itu terdiri dari berbagai faktor.

Namun, pertama-tama, Anda perlu tahu berapa biaya SEO Anda untuk dapat mulai menghitung laba atas investasi.

Cara menghitung biaya SEO


Apakah Anda bekerja dengan agensi atau pakar SEO eksternal ? Kemudian biaya SEO Anda sering kali bergantung pada berapa banyak volume atau ukuran spesifik apa yang Anda pesan. Keuntungan dari ini? Itu membuat perhitungan biaya SEO Anda cukup jelas.

Apakah SEO Anda dilakukan di rumah ? Maka biaya Anda mudah dihitung jika semua orang yang terlibat melakukannya penuh waktu. Tetapi segera setelah pembuat konten, pemasar digital, pengembang, dll. masing-masing melakukan hanya satu aspek dari upaya SEO Anda sebagai bagian dari bisnis sehari-hari mereka, itu menjadi lebih sulit untuk dihitung, dan harus didasarkan pada proporsi upah per jam mereka.

Oh, dan jika Anda menggunakan perangkat lunak atau alat berbayar apa pun untuk mengimplementasikan SEO Anda, maka biaya ini juga harus disertakan saat menghitung ROI SEO Anda.

Bagaimana menghitung pendapatan SEO


Jadi, katakanlah Anda sekarang sudah menyiapkan pengeluaran Anda.

Selanjutnya Anda perlu menghitung pendapatan yang dapat Anda kaitkan dengan ukuran SEO Anda. Untuk menentukan seberapa sukses strategi SEO Anda, pertama-tama Anda perlu mengetahui kinerja organik situs web Anda. Dan Anda mengukurnya menggunakan indikator kinerja utama:

peringkat SERP . Bagaimana peringkat situs web atau halaman Anda untuk istilah pencarian tertentu, dan bagaimana peringkat ini berubah dari waktu ke waktu, memberi tahu Anda dengan tepat seberapa sukses ukuran SEO Anda.

Jasa


lalu lintas organik . Anda perlu mengetahui berapa banyak pengunjung yang datang ke situs Anda. Dan yang lebih penting, Anda perlu tahu berapa banyak peringkat halaman Anda di SERP.
Tingkat bouncing .

Yang tinggi (di atas 80%) sering menunjukkan masalah dengan SEO teknis. Namun, jika hanya laman individual yang memiliki rasio pentalan tinggi, laman tersebut mungkin berhasil memuaskan niat pengguna sehingga pengunjung segera menemukan informasi yang mereka cari dan menghilang lagi. Dalam hal ini rasio pentalan ini tidak ada hubungannya dengan kinerja situs web.


Rasio klik-tayang (RKT) . RKPT tinggi (di atas 10%) menunjukkan bahwa Anda telah berhasil menerapkan penargetan dan situs web Anda menyiapkannya dengan cara yang menarik sehingga sebagian besar pengguna mengklik tautan.


Konversi lunak dan keras . Konversi lunak adalah tindakan yang mengungkapkan niat pengguna yang jelas. Ini dapat berupa langganan buletin, unduhan, berbagi sosial, dll.

Konversi sulit dapat berupa kontak melalui formulir, email atau telepon, pendaftaran percobaan, dan sebagainya. Konversi lunak sering mendahului yang sulit, itulah sebabnya Anda harus benar-benar memelihara prospek ini.


Halaman per sesi . Ini adalah cara lain untuk mengukur keterlibatan pengguna. Karena jika pengguna banyak mengonsumsi konten situs web Anda, maka ini memiliki efek positif pada lamanya kunjungan mereka, dan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk meyakinkan pengguna tentang produk atau layanan Anda dan karenanya mengonversi mereka.


Tayangan halaman organik . Ini memberi Anda informasi tentang kesadaran merek Anda: seberapa sering domain Anda muncul di hasil penelusuran untuk kueri penelusuran tertentu, dalam jangka waktu tertentu? Apakah naik atau turun dibandingkan periode sebelumnya?


ROI SEO lebih dari uang


Dan di sinilah masalah dengan menghitung ROI SEO yang sempurna menjadi jelas. Anda tentu saja dapat menetapkan nilai individual untuk indikator kinerja utama individual.

Tetapi satu-satunya cara Anda dapat menghitung pendapatan dari SEO adalah dengan konversi keras – dengan kata lain, penjualan. Dan ini sulit untuk ditetapkan murni untuk aktivitas SEO.

Manfaat dari strategi SEO Anda adalah hal yang sangat individual. Itu tergantung pada model bisnis, strategi monetisasi, dan tujuan pemasaran.

Jasa
image size-full">
ROI SEO

Gbr.4: Banyak variabel berbeda masuk ke ROI SEO, yang membuatnya rumit

Apa yang dapat membantu Anda setidaknya sedikit adalah tolok ukur. Ini memberikan konteks yang akan membantu Anda memahami bagaimana Anda bersaing dengan orang lain, atau bagaimana konten Anda dibandingkan dengan pesaing Anda.

SEO vs. PPC: Mana Yang Menghasilkan ROI yang lebih baik?


SEO dan PPC keduanya cara yang efektif untuk menghasilkan lalu lintas. Perbedaannya terletak pada waktu yang dibutuhkan untuk melihat hasilnya. SEO adalah investasi jangka panjang, karena seringkali membutuhkan waktu berbulan-bulan agar situs web Anda muncul di hasil mesin pencari untuk kata kunci yang kompetitif.

Juga perlu diperhatikan: lebih dari 70 persen dari semua pengguna internet hanya mengklik tautan yang berperingkat di halaman 1 hasil pencarian. Dan mendapatkan peringkat di halaman 1 itu sulit, terutama untuk kata kunci yang kompetitif.

PPC adalah pendekatan yang lebih langsung: Anda hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda. Keuntungannya di sini adalah Anda dapat langsung menghasilkan klik saat iklan Anda ditayangkan.

Baik SEO dan PPC memiliki tujuan masing-masing, dan idealnya Anda menggabungkan kedua metode tersebut untuk mendapatkan hasil maksimal dari konten Anda.

Manakah dari dua metode yang lebih cocok untuk Anda sangat bergantung pada tujuan bisnis dan anggaran pemasaran Anda. Tetapi itu juga tergantung pada produk atau layanan yang Anda tawarkan, dan seberapa rumitnya itu.

Apakah Anda ingin menghasilkan prospek dan penjualan dengan cepat? Maka PPC mungkin menjadi tempat terbaik untuk menghabiskan anggaran pemasaran online Anda.

Atau, apakah Anda memiliki tujuan jangka panjang dan ingin menghasilkan loyalitas pelanggan yang erat? Mungkin produk atau layanan Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut? Maka SEO mungkin merupakan investasi yang lebih baik.

Sebagai investasi jangka panjang, SEO juga lebih cocok jika Anda memiliki anggaran terbatas. Tergantung pada industri dan persaingannya, PPC dapat dengan cepat menjadi sangat mahal.

Tip: Meskipun nilai SEO tidak dapat ditentukan 100%, dalam laporan ‘Nilai Lalu Lintas Mingguan’ Ryte, Anda dapat melihat betapa berharganya lalu lintas Anda dalam istilah PPC. Berdasarkan harga klik kata kunci berperingkat organik Anda, Ryte menunjukkan nilai lalu lintas organik Anda. Yang menunjukkan berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk iklan berbayar untuk mendapatkan lalu lintas situs web yang sama tanpa memberi peringkat secara organik untuk kata kunci:

image size-full">
ROI SEO

Gbr. 5: Lacak nilai situs web dalam ikhtisar Kinerja Organik

Untuk menjawab pertanyaan awal: SEO memiliki potensi jangka panjang yang lebih besar untuk mencapai ROI positif daripada PPC. Alasan untuk ini terletak pada sifat kumulatif SEO. Semakin lama Anda secara konsisten dan teratur mempraktikkan SEO sesuai praktik terbaik, semakin meyakinkan hasil (trafik, konversi, penjualan) yang akan Anda lihat dalam jangka panjang.

baca juga

Kapan akhirnya saya akan mencapai ROI SEO?


Kami selalu berbicara tentang “jangka panjang” di sini. Tapi apa sebenarnya yang dimaksud dengan “jangka panjang”? Apalagi dalam kaitannya dengan topik yaitu tentang kecepatan dan komponen algoritma yang bisa berubah setiap hari.

Katakanlah Anda hanya melakukan SEO, tanpa ada aktivitas iklan berbayar.

Anda dapat mengharapkan untuk melihat hasil pertama dalam 3 hingga 6 bulan. Itu mungkin terdengar lama dalam kaitannya dengan umur berbagai layanan online.

Tetapi yang tidak boleh Anda lupakan adalah bahwa hasil SEO bertambah secara eksponensial dari waktu ke waktu . Hasil PPC menghilang segera setelah Anda berhenti membelanjakan uang untuk itu.

Yang penting adalah Anda harus menyesuaikan ekspektasi ROI SEO Anda secara bertahap, karena ini adalah proses yang berkelanjutan. Sebagai aturan praktis, jika Anda masih tidak melihat ROI setelah 12 bulan SEO, saatnya untuk mempertimbangkan kembali strategi Anda.

Tapi satu hal yang pasti: semakin cepat Anda memulai optimasi mesin pencari, semakin cepat Anda akan melihat hasilnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 + 5 =

You May Also Like