Jasa SEO Undercover

Strategi konten e-niaga: 5 taktik yang jelas terbukti berhasil

undercover.co.id – Strategi konten e-niaga , Dari memahami audiens target Anda secara mendalam hingga memakukan struktur dan eksekusi konten Anda, panduan lengkap kami akan membantu Anda menarik orang dan menutup mereka.

Membuat strategi konten e-niaga yang berfungsi dengan baik bukanlah tugas yang mudah. Namun lakukan dengan benar dan Anda akan menarik pengunjung yang berharga setiap bulan, menghabiskan uang karena mereka menemukan Anda dalam hasil pencarian untuk hal-hal yang mereka minati.

Bagaimana Anda bisa mencapai ini? Dengan membuat konten yang unik, terstruktur, dan menarik untuk toko online Anda! Tetapi sebelum menekan keyboard, Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan mendasar. Dalam artikel ini, saya telah memetakan 5 taktik jelas yang akan memastikan Anda siap untuk mulai memenangkan permainan konten e-niaga.

Jika Anda menginginkan panduan tentang cara menemukan kata kunci terpenting Anda, lihat panduan lengkap kami untuk penelitian kata kunci e-niaga .

Dan lihat panduan lengkap kami untuk SEO e-niaga untuk lebih banyak lagi tentang seluruh topik ini.

  1. Pahami audiens toko Anda, di dalam dan di luar
    Deskripsi produk dan artikel blog terbaik tidak ditulis untuk semua orang. Mereka ditulis dengan mempertimbangkan audiens tertentu: pelanggan utama Anda. Sekarang, ini tidak secara otomatis mengikuti Anda di media sosial. Mereka adalah orang-orang yang benar-benar membeli barang-barang Anda!
image size-full">
Strategi konten e-niaga

Mencari tahu siapa mereka adalah seni yang tinggi, jadi gunakan semua data transaksional dan intelijen pelanggan yang bisa Anda dapatkan. Alat analitik Anda (seperti Google Analytics) sudah memiliki data demografis dasar tentang pengunjung situs web Anda, jadi Anda dapat mencoba membangun persona berdasarkan usia, jenis kelamin, minat, dan sebagainya untuk lebih membantu strategi Anda.

Saya juga merekomendasikan untuk menyiapkan formulir survei (menggunakan alat seperti Hotjar atau TypeForm ), atau bahkan mengatur obrolan umpan balik nyata dengan pelanggan Anda. Ini akan memberi Anda banyak wawasan cemerlang tentang kebutuhan dan harapan mereka.

Setelah Anda mengenal audiens Anda, cobalah untuk berbicara dalam bahasa mereka sambil mempertahankan suara merek Anda sendiri. Jangan ragu untuk menyapa pembaca secara langsung dengan mengatakan Anda. Gunakan humor – atau tidak, jika audiens Anda agak berpikiran fakta. Apa pun yang Anda lakukan, jaga agar suara Anda tetap konsisten di seluruh situs Anda.

Mesin pencari menggunakan konten untuk memahami tujuan dan konteks halaman, tetapi akhir-akhir ini mereka terlalu elegan untuk memerlukan omong kosong berisi kata kunci. Anda harus selalu membuat halaman dengan mempertimbangkan pengunjung manusia Anda. Saat mesin pencari bekerja untuk mengevaluasi dan memberi peringkat konten seperti yang dilakukan manusia, mereka juga akan menghargai upaya tersebut!

Strategi konten e-niaga

Contoh di atas memiliki deskripsi produk yang agak aneh, tetapi saya rasa itu menguntungkan mereka, karena audiens akan beresonansi dengan konten memeable seperti itu!

Memaku suara yang sempurna untuk audiens Anda adalah kuncinya. Tetapi pelanggan juga mencari produk berdasarkan atribut tertentu seperti ukuran, warna, nomor model, tahun, merek, dan banyak lagi. Sertakan ini jika relevan di halaman detail produk dan atribut teknis Anda (seperti tag judul, deskripsi, dan data terstruktur). .

  1. Gunakan struktur yang jelas untuk daftar produk dan URL
    Pelanggan menghargai presentasi produk yang jelas dan konsisten, offline dan online. Ini membutuhkan pendekatan terstruktur untuk mencantumkan dan mengatur produk Anda:

Struktur nama produk


Mulailah dengan mengadopsi struktur yang konsisten untuk nama produk, juga dikenal sebagai ‘judul produk’, di inventaris Anda. Ini adalah real estat SEO utama karena diprioritaskan oleh perayap dan berfungsi sebagai berita utama pada halaman produk individual.

Berikut adalah beberapa kunci untuk menerapkan struktur nama produk yang efisien:

  • Siapkan pola yang konsisten, seperti [Desain/Model], [Kategori], [Ukuran], [Warna], [Nama Merek]. Misalnya: Kaos Logo Signature, XL, Biru, Wanita, Ryte
  • Hindari mencantumkan produk dalam kategori/segmen yang sama saat menggunakan format nama yang berbeda (ini terlihat ceroboh dalam tampilan daftar)
  • Sertakan kata kunci berkinerja terbaik dalam nama produk Anda, seperti ‘untuk berolahraga’, ‘untuk menyajikan kopi’
  • Perhatikan panjang judul produk maksimum di setiap platform (Amazon: 150-200 karakter, Shopify: 255 karakter)
  • Jangan khawatir tentang judul yang terpotong (misalnya dalam tampilan seluler), tetapi muat terlebih dahulu informasi yang paling penting.
  • Jangan menambahkan terlalu banyak kata kunci, dan jangan terlalu berisi spam dengan judul halaman produk Anda
  • Struktur deskripsi produk
  • Mirip dengan judul produk, deskripsi produk untuk item di toko Anda harus mengikuti format yang ditetapkan. Anggap saja sebagai ekuivalen digital dari toko ritel, dengan produk serupa ditampilkan dalam gaya yang rapi dan mudah dikenali.
Strategi konten e-niaga

Hindari menggunakan font yang berbeda atau mengubah struktur paragraf dan frekuensi subjudul/poin Anda. Amazon mempermudah ini dengan secara otomatis menampilkan hingga lima poin di paruh atas di sebelah gambar produk Anda, diikuti dengan deskripsi aktual di bawah ini. Di situs Anda, cobalah untuk menyesuaikan dengan format yang sesuai untuk audiens Anda dalam hal kepadatan, panjang, dan gaya (selengkapnya di bawah dalam Pembuatan Konten ).

Tip: Beriklan di marketplace? Tingkatkan daftar produk dengan metadata! Ada lebih dari sekadar memenuhi mata untuk daftar produk yang bagus. Di balik layar, Amazon memungkinkan Anda menentukan banyak kriteria untuk produk, seperti ‘target audiens’, ‘penggunaan yang dimaksudkan’, ‘kesempatan’, dan beberapa ‘istilah pencarian’. Ini sama sekali tidak terlihat oleh pelanggan, tetapi sangat memengaruhi hasil pencarian.

Platform lain, seperti Shopify, memungkinkan untuk menambahkan tag dan mengelompokkan produk ke dalam koleksi untuk presentasi yang terstruktur dengan jelas. Juga, jika produk Anda memiliki barcode, sertakan nomor barcode di suatu tempat (Anda akan terkejut dengan dampaknya).

struktur URL


Konten terbaik akan berkilau jika didukung oleh struktur situs web yang konsisten . Bertujuan untuk format URL yang jelas untuk membantu pengunjung bernavigasi di sekitar situs. Idealnya, struktur URL mencerminkan arsitektur kategori Anda serta navigasi breadcrumb Anda.

Lebih sederhana lebih baik – mencari tahu rencana permainan Anda sebelum membuat daftar produk Anda akan menghindari banyak masalah di kemudian hari (halaman duplikat, 404… astaga!). Bekerja dengan sesuatu seperti mydomain.com/category/product-name/ dan menyimpang dengan risiko Anda sendiri.

Tip: Buat nama kategori sesuai dengan kata kunci teratas. Untuk kemenangan maksimal, buat halaman kategori sesuai dengan kata kunci yang paling banyak dicari yang digunakan oleh pelanggan Anda. Lihat panduan kami untuk penelitian kata kunci e -niaga , lalu cocokkan kategori dengan kata kunci teratas untuk lalu lintas penelusuran yang terjamin – dan untuk memastikan Anda menawarkan apa yang diinginkan pelanggan.

  1. Tulis konten e-niaga menarik yang meningkatkan konversi
    Dengan penawaran produk Anda di atas fondasi struktural yang kokoh, mari tambahkan semangat dengan membuat konten yang bermanfaat dan menarik untuk halaman transaksional Anda. Dan sementara kita melakukannya, mari kita rapikan beberapa konten yang ada dengan beberapa perbaikan cepat.
Strategi konten e-niaga

Tingkatkan deskripsi produk Anda


Pada nilai nominal, deskripsi produk dimaksudkan untuk membuat kasus yang menarik untuk membeli produk Anda dengan menampilkan semua fitur dan manfaat penting. Di bawah permukaan, mereka juga dapat membantu Anda naik ke puncak SERP dengan memasukkan topik dan kata kunci yang membantu Mesin Pencari mengetahui relevansi Anda untuk kueri tertentu.

Tidak ada resep yang jelas untuk menyusun deskripsi yang sempurna, tetapi pada titik ini Anda memiliki semua bahan di tempat, dan Anda dapat mulai menguji untuk melihat apa yang membuat saus rahasia Anda.

Sekarang Anda seharusnya sudah mengidentifikasi kata kunci dengan kinerja terbaik, suara yang sempurna untuk audiens Anda, dan struktur yang konsisten untuk judul dan deskripsi produk. Sekarang saatnya untuk mengguncang dan membakar mereka menjadi konten pemenang sambil mengingat petunjuk ini:

  • Panjangnya sepenuhnya relatif untuk deskripsi produk, pastikan untuk memimpin dengan fakta-fakta kunci dan informasi yang paling relevan.
  • Memasukkan spesifikasi rinci sangat berguna untuk beberapa deskripsi dan dapat diambil dari database, dan terletak di dalam menu tarik-turun HTML untuk menjaga halaman tetap bersih
  • Buat paragraf tetap pendek dan berikan banyak spasi
  • Tekankan manfaat utama dalam subjudul atau teks tebal, cocok untuk mereka yang membaca sekilas teks
  • Saring informasi teknis yang kompleks menjadi poin-poin
  • Sertakan tautan internal ke produk terkait dan halaman informasi
  • Pelanggan mengambil keputusan dalam hitungan detik. Apakah deskripsi produk Anda mudah untuk ‘dipindai’? Apakah ukuran font Anda cukup besar (di ponsel)? Apakah Anda membanjiri pelanggan dengan terlalu banyak teks?

baca juga

    Jika Anda perlu memberikan lebih banyak detail, panduan, kasus penggunaan, dan sebagainya – tautkan ke hub konten informasi! Lebih lanjut tentang itu lebih jauh ke bawah

    Pikirkan konten di luar teks, dan gabungkan lebih banyak visual
    Sebuah gambar bernilai seribu kata. Lengkapi halaman produk Anda dengan menambahkan foto produk yang unik, lengkap dengan teks alternatif deskriptif yang membantu pencarian gambar visual dan aksesibilitas.

    Pikirkan tentang menyertakan video pendidikan dan infografis panduan pembelian yang membandingkan beberapa produk, yang meningkatkan kegunaan halaman Anda serta keaslian Anda. Potongan konten seperti ini juga menghasilkan aset berkualitas tinggi yang dapat ditautkan dengan sendirinya!

    Berbagi itu peduli, dan dirujuk dari situs web lain yang memiliki reputasi baik adalah dukungan bagus yang dipertimbangkan mesin pencari dalam hal peringkat.

    Sertakan bukti sosial jika memungkinkan


    Manfaatkan buzz dari mulut ke mulut dengan menyertakan testimonial dan ulasan pelanggan di listingan Anda. Tentu, Anda pasti perlu memantau dan memoderasi untuk menjaga semuanya tetap bersih (spam yang dibuat pengguna adalah ancaman nyata bagi reputasi Anda). Tetapi Anda akan mendapat manfaat dari umpan balik ‘suara pelanggan’ otentik yang dibuktikan oleh penelitian sebagai faktor utama dalam keputusan pembelian.

    Peringkat juga secara organik memasukkan kata kunci yang relevan dalam halaman Anda yang bahkan tidak pernah Anda pikirkan! Ini bisa sangat membantu untuk memenangkan lalu lintas kata kunci longtail yang menguntungkan (yaitu kata kunci dengan volume pencarian yang lebih rendah tetapi tujuan yang sangat spesifik).

    Jika produk Anda tidak memiliki widget umpan balik atau tidak ditampilkan di situs ulasan, mungkin kirimkan testimonial dari salah satu anggota tim Anda (dengan foto), bagikan apa yang menjadi penjual utama produk tersebut kepada pelanggan. Sebagai aturan umum, pembeli suka membeli apa yang populer. Jadi, jika produk Anda diulas di majalah atau platform peringkat online, bagikan paparan di halaman produk dengan tautan.

    Tes untuk sukses


    Anda dapat mengandalkan pengujian pemisahan A/B melalui alat seperti Google Optimize untuk melihat jenis deskripsi produk, ajakan bertindak, gambar (apa pun!) yang paling cocok untuk audiens Anda. Temukan alur Anda dengan menguji panjang yang berbeda, kata (kunci), format, dan lainnya untuk melihat apa yang sesuai dengan pelanggan.

    Pengujian A/B mengirimkan beberapa lalu lintas ke versi pengujian halaman di mana sesuatu yang kecil telah dimodifikasi, dan pengunjung lain melihat halaman normal tanpa perubahan apa pun.

    Ini menggunakan beberapa JavaScript mewah, dan memungkinkan penguji untuk terus menguji untuk melihat versi halaman mana yang berkonversi lebih baik sehingga mereka dapat membuat kode keras di dalam situs.

    1. Perluas jangkauan Anda dengan hub konten
      Konten adalah raja! Karena tanpa konteks dan informasi latar belakang, produk Anda hanyalah… barang. Saat Anda mempertahankan hub konten informasi di situs Anda, Anda tidak hanya menambahkan cerita dan relevansi budaya di sekitar cantuman Anda – Anda juga menarik hasil pencarian organik dengan daya tarik magnetis.
    Strategi konten e-niaga

    Menarik bagi semua kata kunci informasi yang baru ditemukan, dengan hub konten seperti bagian FAQ, blog, panduan cara, dan sebagainya, menciptakan celah besar ke saluran penjualan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk memulai proses menyenangkan untuk memenangkan mereka sebagai pelanggan yang jatuh cinta.

    Host blog yang menarik di situs web Anda


    Daripada menunggu media untuk menampilkan perusahaan atau produk Anda, kendalikan percakapan dengan menambahkan blog ke situs web Anda. Konten panjang yang ditulis dengan baik telah terbukti meningkatkan peringkat pencarian, berbagi media sosial, dan waktu yang dihabiskan di situs.

    Hasilkan topik dengan mendokumentasikan proses pengembangan dan inovasi di balik suatu produk. Wawancarai beberapa insinyur dan pakar Anda. Bahkan menulis tentang topik gambaran besar seperti keberlanjutan untuk memposisikan merek Anda dan mendapatkan istilah pencarian terkait tersebut.

    Anda bahkan dapat membuat segmen dan tema berulang seperti Tanya Jawab dengan influencer, pendapat Anda tentang topik yang sedang tren, dan hal lain yang benar-benar sesuai dengan audiens target Anda.

    Beberapa tip untuk menulis posting blog yang mematikan:

    • Tentukan frase kunci fokus untuk setiap cerita (idealnya termasuk istilah pencarian bernilai tertinggi Anda). Plugin situs web seperti Yoast bahkan membantu Anda memastikan bahwa Anda cukup menggunakannya.
    • Orang suka skim. Buat paragraf pendek dan ringkas, serta berikan daftar atau tabel bila perlu.
    • Ukur keterbacaan dengan Flesch Reading Ease dan alat lainnya.
    • Hindari menggunakan kalimat pasif dan memposting konten duplikat .
    • Sampaikan poin utama Anda di paragraf pertama dengan ringkasan TL;DR (Terlalu Panjang; Tidak Dibaca).
    • Bercabang ke media non-tekstual seperti podcast dan video, sementara juga mempublikasikan transkripsi di blog Anda.
    • Jawab pertanyaan pelanggan secara proaktif di halaman FAQ yang dioptimalkan
    • Mesin pencari memprioritaskan halaman yang menjawab pertanyaan umum tentang produk dengan cara yang paling membantu. Ini bisa jadi Anda, jadi cari tahu apa pertanyaan-pertanyaan ini – dan jawablah di halaman FAQ khusus !

    Halaman-halaman ini harus disusun berdasarkan topik dan mengarah ke panduan terperinci jika perlu. Tidak ada yang suka memiliki satu halaman yang diisi dengan pertanyaan dan jawaban, tetapi memiliki satu pertanyaan per halaman juga tidak baik untuk dapat ditemukan oleh mesin pencari.

    E-niaga dengan struktur FAQ-Ideal

    Saya menyarankan Anda untuk mencari semua pertanyaan penting dari riset kata kunci, dukungan pelanggan, dan tim penjualan Anda, lalu mengelompokkannya secara tematis. Kemudian buat halaman FAQ untuk setiap topik, jawab pertanyaan tersebut dan tautkan ke panduan bantuan terkait atau halaman produk bila diperlukan.

    Bagian FAQ yang kuat menghilangkan ketegangan dari karyawan layanan pelanggan dan dukungan telepon Anda, serta meningkatkan peluang Anda untuk memenangkan Cuplikan Unggulan yang cantik !

    Tip: Manfaatkan perdagangan percakapan. Salah satu kata kunci terbesar dalam belanja online saat ini adalah ‘perdagangan percakapan ‘ , yang berarti pembelian melalui perintah verbal/teks melalui aplikasi perpesanan, obrolan, dan asisten suara seperti Alexa atau Apple HomePod.

    Biasanya, hanya hasil peringkat teratas yang ditampilkan kepada pelanggan. Jadi membangun jawaban yang bermanfaat seputar produk Anda membawa Anda ke urutan pertama ketika orang bertanya: “Siri, apa platform pengoptimalan situs web dan SEO terbaik untuk bisnis saya?” (Anda sudah tahu itu Ryte.)

    Publikasikan panduan dan konten penjelasan


    Pelanggan sangat menerima konten yang bermanfaat dan dapat ditindaklanjuti selama tahap pertimbangan perjalanan mereka. Lakukan riset tentang apa yang mendorong kesadaran di antara pelanggan dan jenis konten informasi apa yang mereka cari.

    Kemudian tangkap penelusuran tersebut dengan panduan bermanfaat di situs Anda yang memperkenalkan produk Anda sebagai pahlawan untuk memecahkan kueri tersebut.

    1. Kejar pembuatan konten di luar situs web Anda sendiri
    Strategi konten e-niaga

    Konsumen lebih menyukai merek yang responsif, berpengetahuan luas, dan membantu. Perluas posisi Anda dengan bergabung di media sosial setiap kali pertanyaan mengenai produk atau segmen bisnis Anda muncul. Jika Anda menjual di Amazon, Anda sudah menerima undangan untuk menjawab setiap kali pelanggan memiliki pertanyaan tentang produk Anda.

    Dapatkan undangan dari blog atau majalah untuk menulis artikel baris demi baris sebagai pakar, sambil menautkan secara agresif ke toko online atau bagian blog Anda. Jika tidak ada yang mengundang Anda untuk membagikan pendapat Anda di platform mereka, selalu ada postingan cerita cantik di LinkedIn. Anda punya ini!

    Juga jangan ragu untuk mendapatkan inspirasi dari artikel kami tentang 5 ide pemasaran konten yang TIDAK melibatkan blog Anda .

    Jadi begitulah, panduan kami untuk strategi konten e-niaga. Saya yakin itu membuat ide kreatif Anda mengalir, tetapi jangan khawatir dulu jika Anda belum menemukan strategi yang sangat brilian itu. Hal-hal ini membutuhkan waktu! Saya sarankan Anda menyelidiki setiap poin ini satu hari pada satu waktu selama fase penemuan Anda, dan Anda akan memiliki gagasan yang jauh lebih baik tentang apa yang dibutuhkan situs web Anda.

    Dan jangan lupa untuk membaca panduan terkait kami untuk SEO teknis untuk e-niaga, penelitian kata kunci untuk e-niaga , dan menginternasionalkan toko online Anda .

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!