Undercover – Google Snippets adalah fitur yang menampilkan cuplikan atau ringkasan dari sebuah website yang berkaitan dengan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Fitur ini akan muncul di bagian paling atas halaman pencarian, sehingga akan sangat membantu traffic website tersebut.
Walaupun terkesan random alias acak, ada beberapa data yang sudah dihimpun seputar fitur Google Snippets ini:
- 70% dari Snippets adalah paragraf (rata-rata sepanjang 42 kata)
- 19,1% dari Snippets adalah list atau daftar (rata-rata memiliki 6 poin)
- 6,3% dari Snippets adalah tabel (rata-rata 5 baris dan 2 kolom)
- 4,6% dari Snippets adalah video (rata-rata berdurasi 6 menit 35 detik)
- Industri yang banyak mendapatkan fitur Snippets: travel (perjalanan), computer dan elektronik, seni dan hiburan, sains
Fitur Snippets ini biasanya muncul pada saat pencarian dengan kata kunci yang panjang dan spesifik. Dari keseluruhan pencarian kata kunci sepanjang 10 kata yang dicoba, 55,5% menampilkan fitur Snippets, dan hanya 4,3% dari pencarian kata kunci satu kata yang memunculkan Snippets.
Lalu bagaimana tips dan trik untuk bisa menampilkan website di fitur Google Snippets ini? Berikut adalah beberapa tips yang dihimpun dari data website-website yang pernah tampil di Google Snippets:
Jawab kata kunci yang berbentuk pertanyaan
Studi menemukan bahwa 29% dari kata kunci yang men-trigger munculnya Snippets adalah kata kunci dengan kata tanya seperti, mengapa, apakah, dan bisakah. Di antara ketiga kata tanya tersebut, kata “mengapa” adalah yang paling banyak memunculkan fitur Google Snippets.
Statistiknya, 77,6% dari keseluruhan pencarian yang menggunakan kata “mengapa” memunculkan fitur Snippets. Yang kedua adalah kata “bisakah”, dengan presentasi 72,4%.
Dengan membuat beberapa prediksi pertanyaan yang berkaitan dengan konten website andadan membuat konten yang berisi jawabannya, akan semakin memperbesar kemungkinan untuk muncul di fitur Google Snippets ini. Anda juga bisa mencoba beberapa variasi kata tanya yang mungkin muncul.
Perbaharui konten anda
Google selalu menjaga supaya Snippets yang muncul diambil dari konten-konten terbaru. Sekitar 70% dari konten website yang muncul di fitur Snippets dibuat 2 – 3 tahun yang lalu.
Walaupun artikel yang sudah “tua” tetap mendapat kesempatan muncul di Snippets jika memberikan jawaban yang terbaik, website anda dapat mendapatkan kesempatan yang semakin banyak jika sering diperbaharui dengan konten-konten yang relevan.
Berikut adalah presentase yang muncul berdasarkan tanggal dari berbagai jenis konten:
- Paragraf: 44%
- List atau daftar: 47%
- Tabel: 19%
- Video: 20%
Gunakan subfolder secukupnya
Berdasarkan studi yang dilakukan, alamat URL yang panjang memiliki kemungkinan kecil untuk mendapatkan fitur Google Snippets. Idealnya, yang diambil adalah URL dengan 1 – 3 subfolder.
Statistiknya, dari semua fitur Snippets yang diteliti, 37,3% memiliki URL dengan 2 subfolder, 21,9% dengan 1 subfolder, dan 21,2% dengan 3 subfolder. Untuk lebih jelasnya, subfolder adalah bagian dari domain yang dituliskan setelah garis miring atau slash, contohnya adalah:
- lalala.com adalah root domain. Ini berarti tidak memiliki subfolder
- lalala.com/subfolder berarti memiliki satu subfolder
- lalala.com/subfolder1/subfolder2 berarti memiliki 2 subfolder
Kecil kemungkinannya Google akan mengambil Snippets dari halaman utama website alias alamat root domain. Hanya 0,4% link dari Snippets yang mengarah ke alamat domain tanpa subfolder.
baca juga
- 6 Konsep SEO Terkini
- SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye
- FAQ SEO
- 27 Teknik Seo Menaikkan Trafik Website
- Situs Tidak Naik Peringkat ?
Kombinasikan beberapa pertanyaan dalam satu artikel
Ini berguna untuk meningkatkan kemungkinan mendapatkan beberapa Snippets sekaligus hanya dengan satu URL. Anda bisa sengaja membuat konten khusus yang berisi kumpulan pertanyaan yang kira-kira bisa mendatangkan Snippets.
Beberapa statistik yang berkaitan dengan tips ini adalah:
- 98% menggunakan https
- Panjang konten minimal 1.100 kata
- 66% menggunakan data terstruktur
- Rata-rata diisi 14,5 heading
- Rata-rata memiliki 8 gambar
SEO Dan Cuplikan Unggulan
sebuah studi yang dilakukan Ahrefs terhadap cuplikan unggulan atau biasa disebut Featured Snippets.
Tentu hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi para penyedia jasa SEO di berbagai kota seperti jasa SEO semarang, yogyakarta, dan kota lainnya.
Tim mengungkapkan bahwa kita sekarang sedang berada ditengah keadaan dimana para peramal SEO telah memprediksi akan terjadi keadaan ini pada 3 tahun yang lalu.
Google secara aktif selalu meninkatkan cuplikan unggulan untuk ruang lingkup yang lebih luas dalam kolom pencarian karena mereka ingin menyajikan jawaban secara lebih cepat kepada orang-orang yang menggunakan mesin pencari tersebut.
Ppara pakar SEO pun tentunya tertarik dengan kesempatan ini, karena cuplikan unggulan ini memerikan peluang untuk halaman dengan ranking yang rendah untuk meningkatkan rankingnya ke peringkat atas dengan hampir tanpa usaha berarti.
Apa itu Featured Snippet (Cuplikan Unggulan)?
Cuplikan Unggulan (biasa disebut Answer Box / Featured Snippet) adalah jawaban yang disediakan oleh google setelah kita mengetik apa yang mau kita cari di kolom pencarian. Cuplikan unggulan ini diahttps://undercover.co.id/l dari satu dari halaman dengan ranking halaman paling tinggi dan termasuk judul halaman dan url yang disediakan. Berikut contohnya:
Mengapa menarik untuk mempelajari cuplikan unggulan
Jika halaman yang kamu kelola berada di ranking berapapun dalam hasil 10 teratas pencarian Google, tentu kamu mempunyai kesempatan yang lebih besar untuk mendapatkan “#0 spot”, yakni cuplikan atau halaman unggulan. Bagian terbaiknya adalah, jumlah usaha yang perlu dilakukan untuk masuk kedalam cuplikan unggulan ini adalah nyaris nol (ya, cukup keberuntungan)
Misalkan, halaman yang kamu kelola menempati urutan 7 pada keyword tertentu. Untuk meningkatkan ranking tersebut, tentu akan menyulitkan dan berjalan lambat. Namun, jika ada kesempatan dengan cuplikan unggulan, kamu dapat mencapai halaman teratas hampir secara instan hanya dengan beberapa penyesuaian pada halaman yang kamu kelola.
Berikut adalah daa Ahrefs tentang cuplikan unggulan ini dan bagaimana memanfaatkan kesempatan emas ini:
- Berapa banyak kolom pencarian yang memiliki cuplikan unggulan?
Berdasarkan penelitian, 12.29% dari pencarian yang pernah dilakukan memiliki cuplikan unggulan pada setiap hasil pencariannya.
- Apakah cuplikan unggulan meningkatkan jumlah klik?
Tidak! Sayangnya, saat halaman yang dijadikan cuplikan unggulan berada pada posisi pertama, itu hanya mendapatkan kurang lebih 8.6% klik rata-rata, sedangkan halaman alinnya memiliki presentasi yang lebih besar, yakni sekitar 19.6% klik. Bahkan, jika ranking 1-nya bukan cuplikan unggulan, halaman tersebut akan mendapatkan kurang lebih 26% dari semua klik.
- Ranking berapakah yang paling sering muncul pada cuplikan unggulan?
Pada eksperimen ini, Ahrefs hanya melihat kolom pencarian dimana cuplikan unggulan berada di ranking teratas pada keyword tersebut. namun, seberapa sering kejadian ini terjadi?
Hanya 30.9% dari cuplikan unggulan yang berawal dari ranking satu google. Mayoritas cuplikan unggulan datang dari 5 teratas hasil pencarian.
- Apakah ranking 10 besar perlu untuk menjadi “unggulan”?
Berdasarkan data Ahrefs, 99.58% positif bahwa Google hanya mengunggulkan halaman yang ada di ranking 10 besar sebuah keyword. Namun, jika kamu bertanya darimana sisanya, maka jawabannya adalah muncul dari fitur SERP lainnya, seperti kotak jawaban. Jadi, hal ini membuktikan tidak ada cara lain untuk membuat halamanmu masuk ke cuplikan unggulan selain memasukkan halaman tersebut ke 10 besar keyword terkait.
- Apakah sinyal backlink membantu untuk mendapatkan cuplikan unggulan?
Untuk setiap kolom pencarian, tim peneliti membandingkan pengukur backlink antara halaman unggulan melawan nilai tengah diantara kesepuluh hasil lainnya. Dalam kasus yang terjadi kebanyakan, parameter backlink URL unggulan terlihat sama saja dengan halaman lainnya. Jadi, Google tidak mengunggulkan halaman dengan backlink terbanyak pada 10 besar hasil pencarian.
- Seberapa banyak cuplikan unggulan yang bisa didapatkan untuk satu halaman?
Ternyata, halaman dengan performa terbaik pada database Ahrefs memiliki 4,658 cuplikan unggulan!
- Kolom pencarian apakah yang memicu konten unggulan?
Faktanya, Google hanya peduli untuk menampilkan konten unggulan jika keyword yang digunakan merupakan keyword populr. Namun, hal ini berubah ketika terpicu oleh keyword yang panjang.
- Kata apa yang paling memicu cuplikan unggulan?
Itu adalah 30 kata yang paling banyak ditemui dalam kolom pencarian yang memunculkan cuplikan unggulan. Untuk jenis kalimat, yang paling sering memunculkan kutipan unggulan adalah jenis pencarian dengan kalimat tanya (19.2%).
- Situs apa yang paling sering masuk kolom cuplikan unggulan?
Tentunya, Wikipedia berada di peringkat keatas sebagai situs yang paling sering ditampilkan pada cuplikan unggulan. Berikut 20 situs terbaik dalam memasuki cuplikan unggulan:
- Seberapa sering Google mengubah cuplikan unggulannya?
Dalam penlitian berdasakan 10 ribu sampel keyword paling sering dicari dengan cuplikan unggulan di Amerika Serikat, berikut hasilnya (dalam 4 bulan).
Menarik sekali, bukan? Pembahasan terhadap cuplikan unggulan atau featured snippet ini tentu menjadi alternatif bagi situs-situs yang memiliki konten banyak dan ingin meningkatkan visibilitas situs mereka dengan trik ini.