Jasa SEO Undercover

5 Cara Mengoptimasi Website Untuk Meningkatkan Strategi Marketing

undercover.co.id – 5 Cara Mengoptimasi Website Untuk Meningkatkan Strategi Marketing , Website memiliki peran penting dalam mengembangkan sebuah bisnis. Bahkan di era sekarang ini banyak pengusaha yang berlomba-lomba untuk mencari bagaimana strategi yang tepat untuk mengoptimasi sebuat website.

Perkembangan teknologi yang semakin modern ini juga banyak digunakan untuk mencari informasi dengan mudah, salah satunya adalah dengan memanfaatkan website. Tentunya hal tersebut menjadi kesempatan bagi mereka yang ingin meningkatkan bisnis yang sedang dikembangkan.

Dengan adanya sebuah website , seseorang akan lebih mudah mencari informasi yang ingin mereka ketahui seputar produk. Mereka cenderung lebih percaya suatu produk yang ingin mereka beli setelah mengunjungi sebuah website. Itulah enaknya bisnis di era yang semakin mudah ini, pengusaha bisa dengan mudah memanfaatkan website untuk mengembangkan bisnis mereka.

Akan tetapi, kenyataan memang tidak semudah teori. Ada beberapa trik khusus yang dilakukan agar dengan adanya website dapat membantu mengembangkan sebuah bisnis. Bagaimanapun juga, website memiliki pengaruh penting untuk menarik pelanggan. Beberapa penelitian juga menyebutkan bahwa, optimasi website yang tepat dapat mempengaruhi pengunjung website.

Lalu, bagaimana cara optimasi website dalam meningkatkan strategi marketing?

1.Lakukan analisa pada website

Melakukan analisa pada website sangat penting. Akan tetapi masih banyak orang yang masih mengabaikan hal ini. Dengan melakukan analisa pada website seperti design dan konten, maka akan lebih mudah dalam memahami apa yang diinginkan oleh pengunjung.

Usahakan agar website memiliki navigasi yang mudah sehingga pengunjung tidak kesulitan dalam mencari informasi yang mereka inginkan.

Analisa lain yang diperlukan adalah dengan memperhatikan ukuran dan jenis font yang akan dipilih. Pastikan ukurannnya sesuai dan memudahkan pengunjung untuk membaca dengan jelas seputar informasi yang ada pada website.

Yang terpenting dan tidak boleh diabaikan adalah, apakan nantinya tampilan website juga sama dengan saat seseorang membukanya melalui smartphone. Ini sangat penting karena kebanyakan orang juga akan membuka suatu website melalui ponsel mereka sehingga website yang dibuat juga harus ramah untuk pengguna selluler.

Meningkatkan Strategi Marketing
Meningkatkan Strategi Marketing

2.Optimalkan SEO

SEO sangat erat kaitannya dengan website. Jika menginginkan website berada di halaman utama Google , maka optimasi SEO harus maksimal. Ada beberapa standar yang harus diketahui agar website bisa menempati halaman utama pada mesin pencarian.

Beberapa hal yang harus diingat untuk mengoptimalkan SEO adalah;

  • Pencarian kata kunci yang tepat

Kata kunci yang tepat akan memudahkan seseorang dalam menemukan website yang relevan dengan bisnis yang sedang dikembangkan. Orang-orang juga akan lebih mudah dalam menemukan website dengan kata kunci yang berada pada halaman utama.

  • Konten yang menarik

Jika sudah menemukan keyword yang tepat, selanjutnya adalah membuat konten yang menarik. Website yang memiliki banyak pengunjung tidak hanya karena banyaknya kata kunci saja tetapi juga pembuatan konten yang memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Ketika seseorang berkunjung ke situs website, dalam benak mereka tak hanya menemukan informasi yang mereka cari tetapi juga bagaimana konten tersebut disajikan. Itulah mengapa pembuatan konten yang menarik sangatlah penting.

  • Memperhatikan elemen penting

Dalam optimasi SEO memang harus banyak memperhatikan elemen penting pada website. Elemen penting tersebut meliputi judul, meta deskripsi, tag dan gambar yang dipilih. Pastikan pada setiap elemen tersebut terdapat kata kunci sehingga akan memudahkan Google dalam menempatkan website pada halaman utama.

  • Link building

Link building merupakan salah satu teknik penting yang harus diperhatikan dalam mengoptimasi SEO. Dengan adanya link building akan memudahkan orang lain mencari konten yang relevan dengan informasi yang didapat dari website yang dibacanya. Link building ini bisa berasal dari internal link maupun eksternal link.

3.Content Marketing

Website yang memiliki banyak pengunjung selalu tak lepas dari yang namanya content marketing. Ini merupakan salah teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan, penting dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan untuk mengonversi mereka menjadi konsumen.

Perusahaan besar yang memiliki website tentunya akan sangat memprioritaskan karena merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling efektif. Dengan memberikan konten yang menarik, maka dapat meningkatkan kepercayaan yang lebih kuat sekaligus membangun prospek dalam jangka panjang.

Yang perlu diperhatikan di sini adalah, ada beberapa aspek penting yang harus diketahui sebelum membuat sebuah konten untuk website seperti;

  • Jenis konten apa yang akan dibuat?
  • Topik seperti apa yang akan difokuskan dalam membuat konten?
  • Seberapa sering akan memposting konten baru?
  • Apa yang akan digunakan untuk mempromosikan konten?

Jika sudah menemukan aspek penting, selanjutnya akan dengan mudah dalam membuat konten kalender. Konten kalender sangat penting untuk memastikan bahwa sebuah website akan lebih konsisten dalam menerbitkan konten-konten yang berkualitas. Untuk pemilihan konten bisa berupa kumpulan foto, video, infografis, e-book dan konten lain yang tentunya dapat membangun koneksi lebih kuat dengan pengunjung.

4.Memanfaatkan media sosial

Di era sekarang, website dan media sosial merupakan alat yang penting untuk mengembangkan bisnis dan menjadi salah satu strategi marketing yang paling populer. Dengan pemasaran melalui media sosial, perusahaan dapat memperluas jangkauan secara online dan lebih mudah untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas berkualitas ke website.

Hal utama dalam memanfaatkan media sosial adalah platform manakan yang akan dipilih untuk menyasar audience. Platform yang biasa digunakan adalah Instagram, Facebook, Twitter dan Youtube . Memilih semuanya juga tidak masalah asalkan bisa mengoptimalkannya dengan baik. Jangan lupa untuk mencari gambar yang menarik beserta deskripsi produk yang tentunya akan menarik banyak audience.

Untuk memudahkan dalam memanfaatkan media sosial, pastikan untuk meletakkan tautan media sosial pada website sehingga akan memudahkan pengunjung mencari platform media sosial apa saja yng dipakai. Semakin banyak konten menarik yang dibuat, maka akan semakin memudahkan pengunjung membagikan konten melalui media sosial yang tentunya akan memperkuat branding.

baca juga

    5.Memasang iklan pada website

    Meningkatkan strategi marketing melalui website nampaknya kurang lengkap jika tidak memanfaatkan iklan. Ada dua jenis iklan yaitu iklan gratis dan berbayar. Mungkin akan membutuhkan waktu lama jika memilih iklan gratis. Namun dengan iklan berbayar peluangnya lebih cepat karena bisa langsung memilih target yang diinginkan seperti lokasi, jenis kelamin, pekerjaan, umur dan sebagainya.

    Tidak hanya iklan di website, bahkan media sosial juga memiliki peluang yang bagus untuk beriklan. Meski memilih iklan berbayar, namun hasilnya juga akan mermbantu meningkatkan branding website. Salah jenis iklan yang paling populer adalah PPC (Pay Per Click). Hal ini karena jenis iklan tersebut mampu mengirimkan lalu lintas yang relevan dan berkualitas ke website setelah orang-orang meng-klik iklan untuk ditampilkan.

    Optimasi website yang tepat akan meningkatkan bisnis yang Anda jalankan melalui website tersebut. Itulah mengapa dalam optimasi website sangat berpegaruh terhadap banyaknya kunjungan baik itu pendatang baru maupun pengunjung lama. Selain itu, website juga merupakan alat paling populer dalam mengembangkan sebuah bisnis.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    error: Content is protected !!