Majestic SEO

SEO UNDERCOVER CO ID 91

Undercover.co.id – Majestic SEO seringkali dikategorikan sebagai tools SEO “all-in-one“. Tools yang serbaguna seperti Moz Pro, SEMrush, dan Ahrefs, namun hal tersebut adalah asumsi yang tidak benar.

Majestic (atau Majestic SEO ) merupakan tools yang khusus di bidang SEO backlink. Tidak seperti tools SEO di atas, dengan Majestic kita tidak dapat mencari kata kunci dan volume pencarian bulanan.

Kita juga tidak dapat menggunakannya untuk memeriksa peringkat, mengaudit teknik on-page atau SEO, atau juga data yang terkait dengan lalu lintas dan konten organik.

Jika kita ingin mengetahui semua data yang terkait dengan SEO, kita perlu menggabungkan Majestic ini dengan banyak alat lainnya. Karena Majestic hanya memiliki spesialisasi di SEO Backlink.

Untuk itu Majestic hanyalah alat tambahan, bukan pesaing besar dalam SEO.

Contohnya dalam hal ini adalah Moz Pro dan SEMrush yang tidak kuat dalam hal backlink dan lebih mengunggulkan fitur lainnya. Maka Majestic melengkapinya.

Backlink dari Majestic SEO

Melalui Majestic, yang sebelumnya dikenal sebagai Majestic SEO, kita sangat mungkin untuk dapat melakukan analisis backlink situs pribadi kita dan juga situs para pesaing kita.

Tools analisis backlink ini menyediakan data untuk membantu kita mengembangkan kampanye pembuatan link yang lebih baik untuk situs web kita.

Hal ini sangat berguna untuk meningkatkan peringkat website kita di search engine. Majestic sampai saat ini selalu menjadi alat backlink pilihan bagi banyak SEO dan marketer.

Selama bertahun-tahun, Majestic selalu disandingkan dengan tools SEO besar lainnya seperti Monitor Backlinks, Ahrefs, SEMrush, dan alat SEO premium lainnya.

Meskipun setiap alat memiliki kekuatan dan kelemahannya, dalam ulasan ini, kita akan fokus pada bagaimana kita dapat menggunakan Majestic dan pengaruhnya dalam hal membangun website kita.

Jika kita ditanya terkait mana yang lebih baik antara beberapa platform di atas dengan Majestic? Tentu kita tidak bisa mengatakan mana yang lebih baik.

Berbagai platform di atas memiliki spesialisasi masing-masing. Dan platform-platform di atas, termasuk Majestic adalah yang paling umum digunakan sebagai tools backlink.

Selain melalui website Majestic, terdapat cara lain untuk mengakses repositori backlink Majestic. Majestic saat ini bekerja dengan Buzzsumo yang juga telah menyertakan data backlink  Majestic.

Perlu diketahui bahwa Buzzsumo dalam hal ini tools yang memiliki spesialisasi di bidang konten.

majestic seo
majestic seo

Beberapa Manfaat dari Majestic SEO

Majestic dengan baik hati dapat membantu kita mendapatkan berbagai data backlink yang sangat relevan dan tidak disediakan oleh platform lainnya. Yaitu:

  • Database indeks backlink dari tahun 2011 dan seterusnya.
  • Sistem crawler yang mungkin adalah terbesar (bergunauntuk mendapatkan semua backlink tersebut).
  • Data termasuk citation flow (jumlah backlink) dan trust flow (jumlah backlink)
  • Banyak alat yang dapat membandingkan backlink dan domain
  • Ekstensi SEO untuk browser Chrome dan Firefox.
  • Majestic Million: peringkat untuk 1 juta situs web teratas
  • Banyak opsi laporan
  • API (Application Programming Interface), yaitu metode perantara untuk menghubungkan alat dan aplikasi Majestic
  • Mesin pencari pribadi dengan faktor peringkat yang jelas
  • Banyak alat untuk membangun link dan backlink

Bagaimana Cara Kerja Majestic SEO?

Majestic sangat mudah untuk digunakan. Tahap pertama yang perlu dilakukan adalah, daftar untuk mendapatkan akun Majestic gratis atau berbayar.

Setelah masuk, kita dapat langsung mulai menggunakan Majestic. Sangat simple, hal ini dikarenakan Majestic bukan alat SEO all-in-one, sehingga tidak memerlukan banyak instalasi.

Majestic juga tidak memiliki kata kunci untuk diuji dan juga pesaing yang harus dimasukkan di dalam tools tersebut seperti halnya tools lainnya.

Majestic SEO merupakan aplikasi berbasis web, sehingga kemudahan lainnya adalah kita tidak perlu mengunduhnya.

Kemudian kita juga dapat melakukan verifikasi domain yang kita miliki. Setelah verifikasi dilakukan kita dapat menautkannya ke akun Google Search Console kita.

Domain yang telah terverifikasi memiliki suatu keuntungan tertentu misalnya akan menghasilkan lebih banyak laporan (kita juga dapat memberi Majestic hak untuk menambahkan data kita ke indeks alat ini).

Terdapat dua cara yang mudah dilakukan untuk memverifikasi domain:

  1. Tambahkan tag meta atau file txt kecil ke situs web kita.
  • Melalui Toolbar browser. Yaitu kita dapat menginstal ekstensi Majestic di Chrome atau Firefox.

Hal Ini akan memberikan informasi backlink instan secara langsung ke browser kita, mirip dengan toolbar lain seperti MozBar, Ahrefs, dan SEMrush, tetapi untuk Majestic semuanya lebih ke backlink.

majestic seo
majestic seo

Fitur-fitur yang disediakan Majestic

Sebagai alat SEO yang memiliki fokus dibidang Backlink SEO, Majestic tentunya memiliki banyak fitur tawaran yang dapat memanjakan para penggunanya.

Dalam hal ini Majestic SEO memiliki tujuh fitur unggulan yang membuatnya unggul dibandingkan dengan para pesaingnya dibidang Backlink ini.

Fitur-fitur tersebut antara lain adalah:

  1. Site explorer (Penjelajah situs)
  • Bulk backlink Checker (Pemeriksa backlink massal)
  • Compare domain
  • Clique hunter
  • Search explorer
  • Keyword checker (Pemeriksa kata kunci)
  • URL submitter

Site Explorer Membantu Menganalisis Situs Kita

Site explorer dari Majestic SEO sangat mudah diakses, pertama yang perlu dilakukan hanya mengetikkan URL di search bar yang terletak di beranda.

Kemudian, setelah kita mengklik ikon Search, kita akan langsung dapat melihat ringkasan data backlink sebuah situs tertentu.

Terdapat dua metrik yang perlu diperhatikan saat melakukan analisis situs web dengan Majestic, yaitu  Trust Flow dan Citation Flow.

Kedua hal tersebut merupakan skor agregat eksklusif untuk Majestic yang berguna dalam hal memberikan banyak informasi tentang sebuah situs.

Citation Flow adalah angka yang memperkirakan otoritas URL berdasarkan kualitas dan kuantitas situs yang menautkannya. Dalam istilah SEO, Citation Flow mengacu pada Link Juice.

Sedangkan Trust Flow adalah angka yang memperkirakan kepercayaan halaman berdasarkan kedekatan tautannya ke situs otoritatif.

baca juga

    Dengan menggunakan kedua metrik tersebut, kita dapat memperoleh Rasio Kepercayaan situs dengan membagi Trust Flow dengan Citation Flow atau lebih sederhana diterjemahkan dalam rumus:

    Trust Flow ÷ Citation Flow = Rasio Kepercayaan (trust ratio)

    Semakin tinggi Rasio Kepercayaan, semakin tangguh profil backlink situs tersebut. Rasio merupakan cara yang baik untuk menilai bagaimana posisi profil tautan situs kita dan apa yang perlu dilakukan untuk memperbaikinya.

    Selain itu, kita dapat menggunakan data tersebut untuk menganalisis para pesaing kita dan juga memonitoring setiap kinerja yang mereka lakukan.

    Site explorer ini juga memberikan data kepada kita terkait sluruh ringkasan dari performa backlink situs kita dari waktu ke waktu.

    Kemudian berkaitan dengan topik Trust Flow ini dapatk menunjukkan kepada kita terkait kategori yang paling sering kita tautkan dan persentase seberapa dekat kita dengan sebuah situs resmi.

    Semakin tinggi nilainya, semakin dekat juga situs kita ke situs yang harus kita tautkan.

    Selain itu terdapat juga Backlink History dan Referring Domains yang disajikan dalam bentuk grafik sehingga kita dapat melihat kemajuan kita secara visual.

    Leave a Reply

    Ad Blocker Detected

    Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

    Refresh