undercover.co.id – Rahasia Kata Kunci SEO , Cara Mencari dan Mengelola Kata Kunci SEO Untuk Meraih Peringkat Satu Halaman Google. Umumnya SEO profesional berfokus untuk meraih peringkat # 1 untuk kata kunci yang mereka inginkan dan sangat bergantung pada alat pelacakan peringkat untuk memantau peningkatan mereka dari waktu ke waktu.
Selama bertahun-tahun, para ahli SEO dengan cepat belajar bahwa peringkat berdasarkan kata kunci saja merupakan indikasi keberhasilan yang tidak cukup dan cenderung memancing trik buruk.
Realisasi ini mendorong pro SEO untuk menggabungkan pelacakan peringkat dengan metrik lainnya, seperti lalu lintas penelusuran organik dan konversi.
Pelacakan Kata Kunci Diperketat
Oleh sebab itu, seiring dengan peningkatan Google selama bertahun-tahun, pelacakan peringkat kata kunci menjadi lebih sulit.
Google menyatakan pencarian konten tertentu dengan mesin pencari berdasarkan kata kunci ini tidak berkontribusi besar pada aliran pendapatan Google karena pengguna bisa menemukan akun tertentu tanpa mengeklik iklan.
Kemudian google merancang peringkat halaman satu Google tidak hanya berdasarkan pada temuan jumlah kata kunci, melainkan dengan berbagai formula yang lebih rumit, seperti penelusuran organik, share organik, pembacaan yang lebih lama di halaman website, klik atau viewer, dan lain sebagainya.
Kata Google Menampilkan Hasil Berbeda di Lokasi Berbeda
Kata kunci akan diberi peringkat berbeda ketika pencarian dilakukan di lokasi geografis yang berbeda, terutama jika kata kunci adalah tentang perusahaan, organisasi, atau orang lokal.
Misalnya kata kunci seperti “tempat wisata”, “cafe buat nongkrong,” dan “universitas” sudah pasti berhubungan dengan daerah lokal.
Peringkat Bukan sebagai Indikator Kerja Utama
Kualitas sebuah website akhirnya bukan lagi berdasarkan pada peringkat.
Anda dapat menunjukkan hasil website yang anda kerjakan sudah duduk di peringkat # 1 pada klien untuk kata kunci tertentu, tetapi ketika mereka mencari kata kunci tersebut di lokasi mereka atau di browser pribadi mereka, akan menghasilkan peringkat yang bebreda.
Oleh karenanya, peringkat tidak lagi sebagai indikator hasil kerja, kini faktor utama untuk diperhatikan bukan peringkat itu sendiri, tetapi tren.
Sebabnya karena tren akan tetap konsisten sekalipun peringkat kata kunci tertentu berada di peringkat yang berbeda di wilayah lain atau di browser pribadi.
Jenis Alat Pelacak Peringkat
Jika anda penasaran untuk melihat peringkat website anda, anda bisa menggunakan bantuan pelacak peringkat dari berbagia alat tertentu.
Alat peringkat kata kunci ada dalam berbagai bentuk dan dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis instalasi, beirkut tiga jenis alat pelacak peringkat yang sering dipakai oleh para pembuat website.
Plugin Browser Web
Plugin peramban adalah pengaya yang memperluas kemampuan peramban web Anda.
Karena Google tidak memberikan perhatian utama pada alat pelacakan peringkat sebagai tolok ukur kualitas konten di dalam website.
Anda dapat menggunakan plugin ini dan mendapatkan peringkatnya dengan segera.
Alat pengaya plugin browser sangat ideal untuk sejumlah kata kunci, maksimal sampai 100 jenis kata kunci.
Anda bisa menggunakan kata kunci berperingkat tinggi tersebut untuk mengejar peringkat di halaman satu google.
Aplikasi Desktop
Aplikasi desktop adalah program yang dapat Anda instal di komputer Anda sendiri dan sebagai program yang berdiri sendiri aplikasi dekstrop tidak memerlukan browser web.
Aplikasi dekstop mampu menjalankan daftar kata kunci yang lebih besar tanpa diblokir oleh Google, contoh alat seperti ini adalah WebCEO dan SEO Smart Suite.
Aplikasi SaaS Berbasis Web
Solusi perangkat lunak berbasis web sebagai layanan (SaaS) tidak berjalan di komputer lokal Anda, aplikasi ini berjalan di server berbasis langganan.
Aplikasi ini benar-benar solusi yang lebih baik dan anda pun bisa menggunakan aplikasi dekstop yang juga memiliki versi berbasis web dari produk mereka.
Beberapa dari layanan berbasis web ini terutama berfokus pada peringkat, alat pelacak berbasis web ini contohnya AWRCloud dan Stat.
Perlu anda ketahui bahwa pelacakan kata kunci tertentu berbasis web lebih stabil dan membutuhkan lebih sedikit perawatan.
Nomor Pelacakan Halaman Terindeks
Selain melacak peringkat kata kunci di mesin pencari, Anda juga dapat melacak jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari.
Ada tiga cara untuk melihat hal itu di Google, antara lain sebagai berikut:
- Menggunakan search engine di situs google operator untuk melihat jumlah hasil yang muncul untuk domain tertentu.
- Menggunakan laporan Google Search Console (GSC) tentang jumlah halaman yang diindeks.
- Menggunakan status indeks GSC dari halaman yang diindeks dalam sitemap XML yang Anda kirimkan.
Ketiganya akan memberikan hasil yang berbeda.
Biasanya halaman yang diindeks GSC akan memberikan jumlah hasil pemeringkatan terbanyak, tetapi jumlah tersebut mungkin termasuk halaman duplikat konten.
Status GSC pada halaman yang diindeks dalam sitemap XML Anda hanya membantu jika peta situs XML Anda memiliki daftar lengkap semua URL di situs Anda.
Pelacakan Peringkat Peta Lokal
Dalam SEO lokal , Anda harus mengoptimalkan hasil pencarian organik yang berisi informasi geografis seperti kota, proovinsi, dan negara.
Anda juga harus mengoptimalkan hasil di Google Maps dan situs web peta online lainnya di mana algoritma peringkat berbeda dari algoritma pencarian organik utama karena pengoptimalan di sini ditargetkan secara terpisah, maka perlu dilacak secara terpisah menggunakan alat pelacakan peringkat peta lokal.
Satu platform yang dapat membantu anda melakukan ini adalah BrightLocal, yang merupakan alat melacak peringkat bisnis Anda dalam hasil peta lokal dan Anda dapat mengatur lokasi di mana permintaan pencarian berjalan.
Kata Kunci Berbayar
Ada beberapa alat pelacakan kata kunci yang harus membayar, di mana ketika anda menggunakan alat tersebut untuk menemukan jutaan kata kunci berperingkat tinggi berdasarkan wilayah, klik, share, tayangan dan lain sebagainya, anda harus membayar untuk melihat hasilnya.
Harga akan ditentukan oleh jumlah kata kunci yang ingin anda lihat, maka memanfaatkan kata kunci berbayar biasanya dilakukan hanya oleh para profesional SEO dan mereka yang berbisnis dengan mengandalkan digital masketing.
Meskipun demikian, untuk para pemula di bidang media onlina ada beberapa sumber alat pelacak kata kunci gratis yang dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan kata kunci emas seperti Google Search Console.
Alat ini akan menampilkan hanya 1.000 kata kunci teratas yang memiliki peringkat tinggi, tayangan, dan klik.
baca juga
- 5 Cara Menggunakan Facebook Group untuk Marketing
- Bisnis Jasa Penitipan Anak Untuk Ibu Yang Super Aktif
- Instagram dan Snapchat Menyingkirkan fitur GIF Sementara
- 40 Pilihan Theme Website Dunia Terfavorit Dan Terlaris Untuk Anda
- Belajar SEO : Tips dan Trik Yang Selalu Berhasil
Pilih Alat Pelacak Peringkat Terbaik untuk Anda
Temukan alat pelacakan peringkat yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda karena alat pelacak akan membantu anda untuk mendapatkan kata kunci emas yang tepat untuk mengembangkan website anda.
Tanpa kata kunci yang tepat, konten di dalam website anda akan sulit ditemukan oleh google, sehingga sangat kecil harapannya untuk diindeks dan direkomendasikan oleh google untuk dibaca oleh user internet.
Demikian pemaparan tentang cara menggunakan kata kunci SEO untuk meraih peringkat satu di halaman google, semoga bermanfaat.