SEO Untuk BIsnis Fashion

undercover.co.id SEO Untuk BIsnis Fashion , Fashion pakaian kini semakin berkembang.

Selain itu tidak sedikit orang yang berani memulai bisnis fashion pakaian, karena memang bisnis ini cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan permintaan terhadap produk oakaian tentu saja akan selalu ada sampai kapanpun.

SEO Untuk BIsnis Fashion

Berikut ini adalah panduan langkah demi langkah untuk menerapkan strategi SEO dalam industri fashion:

Penelitian Kata Kunci:

Identifikasi kata kunci dan frasa yang relevan yang terkait dengan bisnis fashion Anda. Pertimbangkan kategori produk, pakaian tertentu, gaya, tren, dan istilah lain yang relevan.


Gunakan alat riset kata kunci seperti Google Keyword Planner, SEMrush, atau Ahrefs untuk menemukan kata kunci yang populer dan memiliki tingkat persaingan yang rendah.

Fokus pada kata kunci berekor panjang yang spesifik dan memiliki peluang konversi yang lebih tinggi.
Pengoptimalan di Halaman:

Optimalkan meta tag situs web Anda, termasuk tag judul dan deskripsi meta, dengan menggunakan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian.


Pastikan struktur URL situs web Anda bersih dan deskriptif, dengan memasukkan kata kunci yang sesuai.
Optimalkan judul Anda (H1, H2, dll.) untuk mencerminkan konten di setiap halaman dan sertakan kata kunci yang relevan.


Buat konten yang unik dan menarik untuk setiap halaman produk, kategori, dan posting blog, dengan memasukkan kata kunci secara alami.


Gunakan tag alt deskriptif untuk gambar, termasuk kata kunci yang relevan.


SEO teknis:

Pastikan situs web Anda memiliki desain responsif yang ramah seluler, karena pengoptimalan seluler sangat penting untuk pengalaman pengguna dan peringkat pencarian.


Tingkatkan kecepatan situs web dengan mengoptimalkan ukuran gambar, meminimalkan file CSS dan JavaScript, dan menggunakan teknik caching.


Menerapkan enkripsi SSL untuk memberikan pengalaman penjelajahan yang aman.
Buat peta situs XML dan kirimkan ke mesin pencari untuk membantu mereka merayapi dan mengindeks situs web Anda secara efektif.


Perbaiki tautan yang rusak dan pastikan tautan internal yang tepat untuk meningkatkan navigasi situs web.


Pemasaran Konten:

  • Buat blog mode di situs web Anda untuk mempublikasikan konten berkualitas tinggi, informatif, dan menarik yang terkait dengan industri Anda.
  • Tulis artikel tentang tren mode, kiat-kiat gaya, acara mode, wawancara dengan pakar industri, dll.
  • Promosikan konten blog Anda melalui saluran media sosial, buletin email, dan kolaborasi dengan influencer untuk menarik lebih banyak pengunjung dan membangun kesadaran merek.
  • Masukkan kata kunci yang relevan secara alami dalam postingan blog Anda untuk meningkatkan SEO.
  • Membangun tautan:
  • Dapatkan backlink berkualitas tinggi dari blog, majalah, influencer, dan situs web yang berhubungan dengan industri fashion.
  • Kembangkan kemitraan dengan influencer mode untuk mempromosikan merek dan produk Anda, menghasilkan backlink dan eksposur media sosial.
  • Posting tamu di blog mode yang relevan untuk menunjukkan keahlian Anda dan mendapatkan eksposur ke audiens mereka.


SEO lokal:

Jika Anda memiliki toko fisik, optimalkan daftar Google Bisnisku dengan memberikan informasi bisnis yang akurat, termasuk alamat, nomor telepon, dan jam buka.


Dorong pelanggan untuk memberikan ulasan positif di Google dan platform ulasan lainnya.


Optimalkan situs web dan konten Anda untuk kata kunci lokal, seperti “toko fashion di [lokasi].”
Pantau dan Analisis:

Gunakan alat bantu seperti Google Analytics dan Google Search Console untuk melacak lalu lintas situs web, perilaku pengguna, peringkat kata kunci, dan metrik penting lainnya.


Analisis data secara teratur untuk mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan, melacak efektivitas upaya SEO Anda, dan membuat keputusan berdasarkan data.


Ingatlah bahwa SEO adalah proses yang berkelanjutan, jadi terus pantau dan optimalkan strategi Anda berdasarkan perubahan algoritme dan tren di industri fashion.

Cara Memulai Bisnis Fashion Pakaian

Agar bisnis fashion pakaian dapat berjalan dengan lancar, maka harus harus dimulai dengan cara yang tepat. Terdapat beberapa cara memulai bisnis fashion pakaian, diantaranya adalah sebagai berikut.

Identifikasi Market

Sebuah bisnis fashion akan berhasil jika dimulai dengan mengidentifikasi kebutuhan market atau pasar. Identifikasi market atau pasar yang memang belum terisi, atau jika memang sudah ada pesaing maka identifikasi juga apakah kekurangan dari pesaing tersebut.

Setelah mengidentifikasi market maka tentukan produk pakaian yang akan anda jual, misalnya t-shirt untuk acara formal. Pastikan untuk mencari tahu produk yang memang seharusnya ada, namun tidak ditawarkan oleh perusahaan besar.

Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion: Identifikasi Target Market

Langkah ini hampir bersamaan dengan identifikasi market, yang bertujuan bukan hanya mengidentifikasi item pakaian yang harus ada, namun juga target market atau konsumen untuk produk tersebut.

Desain pakaian yang anda buat sebagus apapun, jika tanpa memiliki target market maka itu hal yang sia-sia. Penentuan target market ini bisa disesuaikan dengan demografi tertentu. Misalnya, kaum muda cenderung akan sadar gaya dan menerima pemasaran onlineĀønamun mungkin memiliki dana yang terbatas.

Rencana Bisnis yang Matang

Sebelum membangun sebuah merek, anda haris memiliki rencana bisnis yang matang. Hal ini akan memandu perjalanan anda sebagai perancang busana dan produsen pakaian.

Kemudian tentukan apakah anda akan membuat merek premium atau membuat merek label pribadi untuk suatu perusahaan. Setelah itu identifikasi tujuan anda untuk produk pakaian yang akan dijual dan mulailah untuk membangun merek anda

baca juga

Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion: Mulai Mendesain

Saat anda memilih bisnis fashion pakaian, mungkin anda juga memiliki keahlian dalam mendesain. Pastikan anda membuat sesuatu yang akan dengan senang hati anda gunakan, apalagi ini menjadi koleksi pertama yang anda rilis ke pasar akan mengungkapkan banyak

hal tentang anda sebagai seorang desainer. Hal ini bisa menjadi peluang anda di masa mendatang. Selain itu, berpikirlah secara praktis untuk merancang apapun harus diproduksi dengan cara yang hemat biaya. Menjadi perancang busana yang sukses selalu merupakan perpaduan antara yang ideal dan yang dapat dicapai.

Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion: Temukan Produsen Pakaian

Anda perlu menemukan produsen pakaian, kecuali jika berencana untuk mencari, memotong, dan menjahit semua bahan sendiri maka akan membutuhkan mitra manufaktur.

Seingga ini bisa berarti banyak hal. Mungkin anda akan mencari pemasok kain atau  anda hanya mencari rekan kerja yang dapat membantu membuat pakaian di studio rumah.

Mungkin juga anda mencari pabrik yang dapat memproduksi barang-barang butik anda dalam jumlah terbatas di samping barang-barang yang diproduksi secara massal dari merek yang sudah mapan.

Bangun Merek

Anda harus memilih nama merek dan logo. Pelanggan menyukai merek dengan cerita yang menarik, jadi memasukkannya ke dalam nama merek, logo, atau situs web juga akan membantu. Pekerjaan ini harus diselesaikan pada saat proses manufaktur berjalan.

Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion: Tentukan Harga

Dalam menentukan harga ini terkait dengan mengidentifikasi dan memahami target market anda. Pilih titik harga yang akan menutupi biaya produksi tetapi itu tidak mengasingkan pelanggan yang anda perlukan untuk meluncurkan bisnis fashion pakaian anda.

Cara Mengembangkan Bisnis Fashion Pakaian

Memulai bisnis fashion pakaian memerlukan kerja keras, meski terlihat glamor dari luar. Terdapat beberapa cara untuk mengembangkan bisnis fashion pakaian anda, diantaranya adalah sebagai berikut.

Memulai Proses Pemasaran

Dalam hal ini, bisnis baru anda membutuhkan kesadaran merek. Anda dapat memanfaatkan digital marketing sebagai bagian dari proses pemasaran.

Misalnya Instagram telah menjadi platform populer untuk ini dan banyak influencer Instagram dengan senang hati mempromosikan merek fashion pakaian baru dengan imbalan produk.

Tetapkan Tujuan Penjualan dan Distribusi Realistis

Jangan takut untuk bermitra dengan profesional bisnis untuk memulai langkah ini. Hanya karena anda memiliki visi mode, bukan berarti anda tahu tentang distribusi pakaian. Tetapka tujuan untuk mencapai sasaran penjualan dan anda dapat terus tumbuh sesuai dengan rencana bisnis Anda.

Digital Marketing Untuk Bisnis Fashion: Teliti Industri Mode

Fashion merupakan pasar yang jenuh dan selalu berubah. Anda memerlukan titik perbedaan yang jelas agar merek anda dapat menonjol dan menjual produk anda. Maka perlu meneliti mode apa yang sudah ada di luar sana, dan ke mana arah pasar. Sehingga penting dalam memahami permintaan akan jenis produk yang ingin anda tawarkan.

baca juga

Manfaat dan Tips Berjualan Via Instagram Untuk Bisnis Fashion Pakaian

Sifat visual Instagram pada dasarnya menjadikannya catwalk digital dan juga berkat beberapa fitur baru, Instagram telah menjadi tempat tujuan bagi pengguna seluler untuk berbelanja gaya baru dari label favorit mereka.

Oleh karena itu, Instagram menjadi platform sempurna bagi merek fashion untuk memamerkan produk terbaru mereka dan memberi pelanggan yang cerdas kesempatan untuk membeli dengan sekali klik. Terdapat beberap tips berjualan via instagram untuk bisnis fashion pakaian, diantaranya adalah sebagai berikut.

Sempurnakan Foto

Instagram memang menampilkan foto-foto indah. Oleh karena itu, pakaian yang anda jual harus memiliki gambar yang beresolusi tinggi untuk menghindari gambar buram dengan berkualitas rendah. Jadi, gunakan kamera yang tepat jika anda ingin merek fashion pakaian anda menonjol.

Selain itu, tampilan gambar juga harus menceritakan sebuah cerita. Misalnya gambar sepatu yang sederhana tidak akan mengatakan apapun kepada siapa pun. Tapi foto seseorang yang memakai sepatu dan mengikat talinya menjadi sedikit cerita.

Hal ini karena lebih relatable dengan kita semua karena juga mengikat tali sepatu kita. Selain itu, foto anda mungkin terpisah, namun seluruh feed harus terlihat seperti satu pakaian yang bagus.

Anda juga harus memiliki tampilan khas yang dapat diedit melalui fotografi selulerseperti VSCO, Snapseed A Color Story. Jika anda mengedit foto di laptop maka dapat menggunakan Lightroom dan Photoshop.

Tampilkan Gerak Video

Banyak merek pakaian yang hanya membagikan gambar, meski bukan masalah karena tetap memiliki daya tarik visual dari fashion dan sudah cukup bagus. Namun, pikirkanlah untuk menjual pakaian dengan menunjukkan gerakan.

Hal ini dikarenakan sering kali bagian besar dari daya tarik pakaian seperti warna, gaya dan gaya pakaian dapat dilihat jauh lebih baik dalam video daripada gambar diam dan membuat produk anda unik. Jadi anda dapat memposting video dan foto untuk konten anda.

Maksimalkan Story Instagram

Stories dan Swipe Up sangat bagus untuk mengumumkan baris dan rilis baru fashion anda, juga untuk mempromosikan penjualan atau acara dan meningkatkan konversi langsung dari profil Instagram anda.

Oleh karena itu saat membuat storu instagram gunakan fitur Gesek ke Atas untuk memungkinkan pemirsa langsung menuju halaman dimana mereka akan berpeluang melakukan pembelian impulsif.

Manfaatkan Sorotan Cerita

Fitur sorotan cerita memungkinkan anda untuk mengelompokkan cerita serupa dan menyimpan cerita selama lebih dari 24 jam. Selain itu, juga dapat memungkinkan pengikut baru mendapatkan informasi bisnis fashion pakaian anda melalui sorotan cerita.

Hashtag Instagram

Tagar sekarang menjadi alat penemuan utama yang digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Jadi, riset tagar dengan cara yang sama seperti anda meneliti kata kunci saat mengoptimalkan konten untuk SEO.

Penandaan Produk

Buka halaman profil anda dan ketuk opsi, klik produk dan tekan lanjutkan. Kemudian pilih katalog produk untuk dihubungkan ke profil anda dan klik selesai.

baca juga

Maka sekarang, saat anda memposting gambar akan memiliki opsi untuk menautkan produk dari katalog anda dengan mudah. Sehingga ini akan membawa pelanggan potensial ke halaman penjualan yang ditentukan dimana mereka dapat membeli produk pakaian tersebut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
× How can we help you?