Manfaat Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Undercover.co.id – Digital Marketing Untuk Bisnis Startup , Para pendiri startup biasanta berharap memberikan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat tetapi belum diciptakan dan melakukannya dalam skalakecil.

Startup merupakan perusahaan muda  dan didirikan dengan tujuan mengembangkan produk atau layanan unik, kemudian membawanya ke pasar agar tak tergantikan bagi pelanggan.

Rencana Bisinis Startup

Cara memulai bisnis startup adalah dengan mengidentifikasi masalah dan solusi. Bisnis stratup yang sukses berawal dari ide yang hebat. Ide ini tidak harus baru,namun dapat memperbarui produk atau layanan, misalnya dengan mengubah tampilan produk, menambahkan fitur baru dan menemukan kegunaan baru untuk produk atau layanan yang sudah disukai pelanggan.

Misalnya aplikasi edukasi seperti Ruang guru, zenius, dan Quipper. Meski sama-sama startup dalam bisang pendidikan, namun masing-masing memiliki fitur dan ciri khasnya.

Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Cara Mengembangkan Bisnis Startup

Setelah mempertimbangkan rencana bisnis startup apa yang akan dijalankan. Terdapat beberapa cara agar bisnis startup berkembang, yaitu sebagi berikut.

  1. Pertimbangkan kembali ide atau rencana bisnis startup. Beberapa pertimbangan ini misalnya disesuaikan kembali dengan kebutuhan industri dan konsumennya dan apakah ide startup juga akan membawa resolusi dan perbaikan industri.
  2. Lakukan analisis kompetitif dengan membandingkan dan memprediksi bagaimana bisnis startup yang sudah dipertimbangkan kemudian menjadi rencana agar dapat melawan pesaing.
  3. Lakukan survei pasar untuk mengetahui kesan pertama konsumen terhadap produk atau jasa berdasarkan kemasan dan promosi pemasaran, mengumpulkan umpan balik pelanggan dan menyesuaikan strategi pemasaran yang akan dilakukan.

Lokasi Pembukaan Bisnis Startup

Memilikih lokasi yang tepat menjadi bagian dari menyiapkan bisnis startup untuk sukses. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih lokasi pembukaan bisnis startup, yaitu sebagai berikut.

  1. Analisis komunitas dengan bekomunikasi dengan pemilik usaha lain di area tersebut dan menanyakan apakah bisnis mereka berhasil.
  2. Demografi menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi, dan untuk meningkatkan penjualan sebaiknya menjual di daerah yang padat dengan target pasar anda.
  3. Anggaran adalah alasan penting untuk memilih lokasi yang sesuai, pastikan memiliki anggaran yang sesuai dengan kebutuhan. Karena anggaran biasanya direncanakan sebelum memiliki ide bisnis apapun.
  4. Memiliki aksebilitas yang cukup baik bagi karyawan atau pelanggan. Selain itu memiliki infrastruktur yang baik juga, misalnya jalan, pasokan listrik dan air yang tidak putus.
Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Manfaat dan Tips Berjualan Via Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Bisnis startup yang dijalankan agar terus mengalami perkembangan maka harus memiliki marketing yang tepat. Di zaman modern seperti ini, memanfaatkan digital dapat dijadikan alternatif. Hal ini dikarenakan orang-orang banyak yang aktif di platform digital, baik untuk sarana hiburan ataupun mencari tahu sesuatu tentang suatu produk.

Bangun Situs Web dan Merek

Dalam menjalankan bisnis secara online, branding merupakan hal yang penting. Melalui branding dan pemasaran, maka anda akan mencoba membuat orang mengunjungi situs web anda, mendaftar dengan E-Mail, menjadi penggemar, dan akhirnya membeli produk atau layanan Anda.

Karena membangun situs web merupakan titik fokus dari promosi digital, maka buat situs web yang secara akurat mewakili merek anda. Terdapat beberapa tips, yaitu sebagai berikut.

  • Buat logo yang unik, karena logo mewakili identitas merek anda dan akan digunakan di semua tempat (situs web, halaman media sosial) sehingga perlu membuat logo. Tidak harus sesuatu yang rumit atau terlalu artistik tetapi perlu membedakan bisnis anda dari yang lain.
  • Harus memilih desain dan tata letak yang mudah digunakan dan terlihat profesional.
  • Selain memiliki halaman tentang produk dan layanan anda, situs web bisnis Anda harus memiliki halaman tentang kami, halaman kontak, halaman privasi, dan halaman penafian.
  • Pada bagian beranda harus menjelaskan dengan jelas siapa anda, apa yang dilakukan dan bagaimana produk atau layanan anda dapat membantu orang memecahkan masalah.
  • Menyebutkan pencapaian, tujuan, pernyataan misi anda. Tetapi yang lebih penting adalah menjelaskan bagaimana anda dapat membantu pelanggan potensial Anda.
  • Perhatikan kata kunci. Kemudia struktur situs web tidak boleh lebih dari 3 level dan semua halaman penting anda harus ditautkan dari beranda Anda.
  • Kecepatan dan keramahan seluler karena sebagian besar pengunjung anda kemungkinan besar akan menggunakan perangkat seluler.
Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Media Sosial

Langkah selanjutnya yang berkaitan erat dengan branding adalah membuat halaman bisnis untuk startup di semua jejaring sosial utama. Hal ini agar nama pengguna tidak diklaim oleh bisnis yang sudah mendaftar di media sosial. nama pengguna sejak awal.

Maka gunakan Facebook, Twitter, YouTube, TikTok, Instagram, dan jaringan lain. Pemasaran media sosial memiliki banyak manfaat untuk ditawarkan kepada startup, salah satunya adalah kesadaran merek. Bebera tips berjualan di media sosial, yaitu sebagai berikut.

  • Beberapa platform media sosial memiliki akun khusus bisnis. Jadi gunakan akun bisnis dan buat halaman bisnis dan konfigurasikan nama pengguna agar sama di semua platform.
  • Di halaman bisnis pastikan menambahkan logo, URL situs web, dan informasi relevan lainnya tentang bisnis Anda.
  • Memiliki jumlah pengikut yang layak sangat membantu. Ini adalah langkah pertama untuk membangun komunitas di sekitar merek anda, meski sulit dan memakan waktu. Agar memiliki banyak penggemar atau pengikut buatlah kontern yang menarik dan pastikan media sosial agar selalu aktif.
  • Jangan terlalu sering membuat konten jualan yang membuat pengikut bosan, namun gunakan konten edukasi yang relevan dengan bisnis startup. Pengguna tidak peduli dengan pencapaian anda, tetapi bagaimana mereka dapat memperoleh manfaat dari membeli produk atau menggunakan layanan anda.
Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

Pemasaran Konten

Dalam memutuskan jaringan media sosial mana yang akan digunakan maka analisis market  dan identifikasi audiens target anda. Kemudian mencari tahu konten seperti apa yang dibutuhkan audiens target Anda.

Hal ini dilakukan untuk masuk lebih dalam dan mencoba memahami jenis konten apa yang akan membantu anda mempromosikan bisnis dan pada saat yang sama menyelesaikan kebutuhan orang. Beberapa tips pemasaran konten yang dapat dilakukan yaitu.

  • Lakukan riset kata kunci untuk mengetahui istilah pencarian dan topik yang terkait dengan bisnis startup anda.
  • Buat konten yang unik, menarik, berdasarkan studi dan data yang nyata. Optimalkan konten anda untuk mesin pencari dan pengguna.
  • Membuat konten berkualitas tinggi secara teratur sangat penting untuk kesuksesan online bisnis startup anda.

Pemasaran E-Mail

Melalui pemasaran email memiliki manfaat agar dapat membangun komunitas orang-orang yang ingin mendengar tentang merek dan produk anda.

Perbedaan antara pemasaran E-Mail dan pemasaran media sosial adalah dengan pemasaran E-Mail anda memiliki data dan dapat menggunakan daftar anda untuk keperluan promosi. Beberapa tips jualan dengan E-Mail yaitu.

  • Daftar dengan alat pemasaran E-Mail, seperti MailChimp.
  • Mengembangkan daftar E-Mail dengan cepat sehingga anda perlu menemukan cara untuk membuat orang berlangganan daftar Anda dan insentif seperti dengan barang gratis, E-book dan disekon.
  • Siapkan promosi otomatisasi pemasaran dan konten yang relevan dengan bisnis startup.
Digital Marketing Untuk Bisnis Startup

baca juga

    Iklan Berbayar

    Saat mempromosikan bisnis startup secara offline biasanya melalui iklan. Dalam dunia digital, iklan masih dapat dilakukan melalui Google ADS dan Facebook. Google Ads memiliki sistem PPC atau bayar per klik yang berarti anda hanya membayar ketika seseorang mengklik iklan Anda.

    Jumlah yang dibayarkan bergantung pada sejumlah faktor seperti popularitas kata kunci, persaingan, negara, perangkat, kualitas iklan anda, dan faktor lainnya.

    Sedangkan melalui Facebook for Business, anda dapat membuat iklan berbayar dan menargetkan pengguna di Facebook dan Instagram. Tips membuat iklan berbayar adalah sebagai berikut.

    • Membuat konten yang menarik
    • Jika menggunakan Facebook For Bussiness maka harus memiliki kemampuan untuk mengelompokkan pengguna ke dalam audiens berdasarkan tindakan yang mereka lakukan di situs web anda dan dengan Facebook. Sehingga memiliki target dalam setiap grup dengan iklan dan pesan yang berbeda.

    Leave a Comment

    Your email address will not be published.

    error: Content is protected !!