undercover.co.id – SEO Untuk Bisnis Hotel, Industri hotel sering kali dikenal sebagai industri yang paling memahami layanan pelanggan.
Oleh karena itu tidak hanya memiliki pola pikir seorang wirausahawan, saat anda memutuskan berbisnis hotelo anda harus menjadi seseorang yang senang melayani orang lain secara alami. Hal dapat menjadi salah satu cara agar bisnis hotel anda berkembang.
SEO Untuk Bisnis Hotel : Panduan Lengkap untuk Tahun 2023 [Daftar Periksa GRATIS di Dalam]
Di era digital ini, tidak memiliki situs web hotel sendiri adalah salah satu cara tercepat untuk kehilangan kredibilitas dan bisnis.
Namun, apakah memiliki situs web yang dirancang dengan baik sudah cukup untuk menarik para tamu?
Tidak juga!
Bukan fakta yang tersembunyi bahwa pengunjung Anda membuka situs web dari mesin pencari.
Ini berarti, situs web hotel Anda harus memiliki peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari untuk mengarahkan pengunjung dan pada akhirnya mengubah mereka menjadi tamu Anda.
Di sinilah SEO Hotel masuk ke dalam bingkai.
Artikel ini akan menjadi panduan lengkap untuk memahami seluk beluk SEO hotel dan menjadi yang terdepan dalam lanskap yang kompetitif ini.
- Daftar Isi
- Apa itu SEO untuk hotel?
- Mengapa SEO hotel itu penting?
- Cara Melakukan SEO untuk Situs Web Hotel dengan Cara yang Benar
- Tentukan target audiens Anda
- Mulailah dengan penelitian kata kunci
- Kerjakan judul halaman, deskripsi meta, dan URL
- Optimalkan konten situs web Anda
- Tambahkan teks ALT ke gambar
- Atur judul dan subjudul
- Optimalkan kecepatan muat situs web Anda
- Membuat situs web Anda ramah seluler
- Membuat dan mengirimkan peta situs
- Menyusun konten Anda
- Manfaatkan Google Bisnisku secara maksimal
- Memaksimalkan Penelusuran Hotel Google
- Penelusuran Suara
- Membangun tautan
- Mengerjakan SEO lokal
- Melacak Kinerja SEO
- Daftar Alat SEO yang Dapat Anda Gunakan
- Pertanyaan yang Sering Diajukan
- Apa itu SEO untuk Hotel?
- Pengoptimalan mesin pencari (SEO) adalah proses untuk mengoptimalkan dan meningkatkan peringkat situs web hotel di halaman hasil mesin pencari (seperti Google, Yahoo, dan Bing).
Hal ini memungkinkan Anda untuk memperkuat kehadiran online Anda, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, dan meningkatkan pemesanan hotel Anda.
Singkatnya, SEO adalah bagian yang tidak terpisahkan dari pemasaran digital hotel dan merupakan salah satu strategi yang terjamin untuk memenangkan hati para pesaing Anda.
Mengapa SEO Hotel Penting?
Setiap kali audiens Anda mencari sesuatu, mereka mendapatkan daftar hasil dari mesin pencari.
Sebagian besar waktu, tindakan langsung mereka adalah mengklik halaman web yang berada di peringkat pertama; karena mereka percaya bahwa halaman web tersebut akan memberikan jawaban atas pertanyaan mereka dengan cara terbaik.
Hanya sedikit dari mereka yang akan mengklik hasil kedua, ketiga, atau keempat.
Menurut survei, hasil #1 di Google mendapatkan 31,7% dari semua klik.
Tautan balik
Persentase ini menurun menjadi 2,2% untuk hasil terakhir di halaman pertama. Jadi Anda bisa mengukur, hampir tidak ada peluang untuk masuk ke halaman kedua. (Bahkan Anda pun tidak akan bisa!)
Jika Anda tidak terlihat oleh audiens Anda di halaman pertama, maka kemungkinan besar, mereka tidak akan menemukan Anda. Dan, Anda akan kehilangan potensi pemesanan langsung melalui situs web Anda.
Cara Melakukan SEO untuk Situs Web Hotel dengan Cara yang Benar
Ada berbagai tips SEO hotel yang tersedia; namun, penting untuk mengetahui mana yang lebih efektif. Inilah sebabnya, untuk membantu Anda mempelajari yang paling penting dan melakukan SEO untuk hotel dengan cara yang benar, saya punya 15 langkah yang dapat ditindaklanjuti.
- Tentukan target audiens Anda
Ini adalah langkah nol untuk melakukan SEO situs web hotel Anda. Anda perlu menentukan target audiens Anda – siapa mereka, apa yang mereka sukai, dan pola pemesanan mereka.
Setelah Anda mengetahui audiens Anda, pikirkan apa yang akan mereka cari setiap kali mereka menjelajahi pilihan akomodasi.
Sebagai contoh:
Jika Anda adalah sebuah resor, audiens ideal Anda mungkin mencari istilah seperti
Resor di “kota Anda”
Resor terbaik/teratas di “kota Anda”
Ini disebut istilah pencarian. Temukan beberapa dan tentukan satu istilah utama yang biasanya dicari oleh audiens Anda.
Penting: Apa yang dicari pengunjung Anda adalah ISTILAH PENCARIAN dan tujuan pencarian mereka adalah TUJUAN PENCARIAN.
Ngomong-ngomong, istilah pencarian ini tidak lain adalah KATA KUNCI. Mari kita gali lebih dalam dan jelajahi apa, bagaimana, dan mengapa kata kunci.
- Mulailah dengan penelitian kata kunci
Saat Anda membuat strategi SEO hotel yang kuat, penelitian kata kunci tidak dapat diabaikan. Kata kunci adalah kata dan frasa yang digunakan orang untuk menemukan situs web seperti milik Anda.
Seperti yang saya katakan, buatlah daftar semua istilah pencarian yang mungkin akan diketik oleh audiens Anda di bilah pencarian. Kata kunci terbaik untuk hotel di Maladewa adalah:
Hotel di Male, Maladewa
Hotel murah di Male
Hotel terbaik di Male
Hotel di dekat Pulau Meeru
Hotel dekat bandara Maladewa
Ini memberi tahu Anda tentang bagaimana Anda bisa mendapatkan kata kunci yang umum. Namun, Anda akan membutuhkan lebih banyak istilah seperti itu untuk menentukan peringkat situs web hotel Anda lebih tinggi di Google.
Ada banyak alat penelitian kata kunci yang tersedia seperti Google Keyword Planner dan Ubersuggest.
Mereka mudah untuk memulai. Yang harus Anda lakukan adalah mencari dengan mengetik kata kunci (atau daftar kata kunci).
- Bagaimana cara menemukan kata kunci di UberSuggest?
- Buka Ubersuggest
- Ketik istilah yang telah Anda tentukan di langkah sebelumnya. Mari kita ketik: Hotel di Male, Maladewa.
- Anda akan melihat volume pencarian, tingkat kesulitan SEO, BPK. Dengan menggulir ke bawah, Anda dapat melihat kata kunci terkait lainnya.
- Selanjutnya, periksa kata kunci yang memiliki lebih banyak volume pencarian dan nilai CPC yang lebih tinggi.
- Bagaimana cara melakukan penelitian kata kunci untuk hotel di Ubersuggest?
- Pertimbangkan volume pencarian
- Volume pencarian adalah jumlah pencarian untuk kata kunci atau istilah tertentu dalam sebulan. Kata kunci perhotelan ideal Anda adalah kata kunci yang memiliki lebih banyak volume pencarian dan nilai CPC yang lebih tinggi.
Sebagai contoh, volume pencarian ‘Hotel di Male’ adalah 1000/bulan.
(Ini berarti, 1000 pencari mencari di Google untuk kata kunci ini per bulan).
Bagaimana cara menemukan kata kunci di Google?
Cara lain untuk menemukan kata kunci terkait untuk audiens yang Anda targetkan adalah dari mesin pencari itu sendiri. Mari kita ambil contoh Google.
Buka Google > Cari kata kunci yang Anda targetkan.
Ketika Anda akan mulai mengetik, Google akan menyarankan beberapa istilah terkait di kolom pencarian (lihat gambar berikut)
Contoh istilah pencarian yang disarankan oleh Google.
Google juga akan menampilkan kata kunci terkait di akhir hasil pencarian.
Contoh kata kunci yang disarankan Google.
Anda juga harus memasukkan kata kunci SEO hotel ini ke dalam daftar Anda. Ini adalah salah satu strategi jitu yang akan membantu Anda dalam menentukan peringkat situs web Anda.
Selanjutnya adalah,
Pertimbangkan variasi kata kunci berekor panjang
Manfaat menggunakan kata kunci berekor panjang adalah, kata kunci ini mudah dimasukkan dan mengonversi audiens dengan lebih baik.
Sebagai contoh, seseorang yang mencari “hotel di New York” mungkin hanya melakukan penjelajahan. Di sisi lain, seseorang yang mencari dengan cara berikut ini sangat spesifik:
Resor pantai di Maladewa
Hotel di Maladewa dekat Pulau Meeru
Hal ini mengingatkan saya pada sebuah lelucon:
Mengapa para SEO menyukai monyet? Karena mereka memiliki ekor yang panjang.
Pertimbangkan kata kunci yang digunakan oleh pesaing Anda
Anda bahkan bisa mencari kata kunci yang ditargetkan oleh pesaing Anda.
Sekali lagi, buka Ubersuggest > Ketik URL pesaing Anda
Katakanlah: maldivespalmbeach.com adalah pesaing Anda.
- Anda akan melihat detail dari pesaing Anda yaitu gambaran umum domain, skor domain, jumlah kata kunci organik, dan sebagainya.
- Saat Anda menggulir ke bawah, Anda dapat memeriksa halaman teratas dari situs web mereka dan perkiraan lalu lintas.
- Anda bahkan dapat menemukan kata kunci SEO juga. Cari istilah pencarian yang relevan dengan audiens Anda dan kemudian, tambahkan ke daftar Anda.
- Analisis kata kunci pesaing di Ubersuggest.
- Pada dasarnya, Anda dapat menemukan kata kunci yang relevan dengan situs web hotel Anda dengan beberapa cara.
Terakhir, buatlah daftar akhir dari semua kata kunci yang ingin Anda targetkan. Pemilihan kata kunci adalah salah satu praktik utama dalam strategi SEO hotel. Dari semua kata kunci, pilih satu kata kunci sebagai kata kunci fokus (kata kunci yang ditargetkan).
Pastikan Anda menambahkan kata kunci tersebut secara alami. Mesin pencari (terutama Google) tidak menyukai konten dengan kata kunci yang dijejali.
- Mengerjakan Judul Halaman (Meta Title), Meta Description, dan URL
Judul halaman web, deskripsi meta, dan URL memainkan peran penting dalam SEO situs web hotel Anda.
Karena ini adalah satu-satunya 3 elemen penting yang akan ditampilkan di hasil mesin pencari.
Jadi, mari kita pahami masing-masing elemen tersebut dan tulislah konten yang ramah SEO untuk situs web Anda.
Judul halaman
Judul halaman (juga dikenal sebagai judul meta) ditampilkan pada tab browser Anda yang memberi tahu audiens tentang apa isi halaman web/situs web Anda. Judul ini juga dibaca oleh robot mesin pencari dan pengguna Anda.
Teks yang disorot pada gambar di bawah ini adalah judul halaman beranda situs web Anda

Di mana menemukan judul halaman?
Langkah 1: Buka situs web Anda. Tekan tombol F12 atau Ctrl + U untuk membuka kode sumber situs web Anda, atau klik kanan halaman web Anda dan pilih “lihat sumber” atau “periksa elemen”.
Langkah 2: Temukan tag. Konten yang Anda temukan di sana adalah judul halaman web Anda.
Bagaimana cara menulis judul halaman yang ramah SEO?
Tulis judul yang mendeskripsikan properti Anda dengan cara terbaik.
Judul harus menyertakan kata kunci Anda. (Saya sarankan untuk memulai tag judul dengan kata kunci fokus Anda).
Judul harus mudah dimengerti oleh pengguna dan mesin.
Panjangnya harus antara 50-60 karakter
Jadi, ini semua tentang cara mengoptimalkan judul meta halaman web Anda. Sekarang mari kita jelajahi deskripsi meta:
Deskripsi meta
Deskripsi meta adalah tag HTML yang meringkas konten halaman. Mesin pencari menampilkan meta description segera setelah meta title.
Ini adalah faktor terpenting kedua yang dapat membuat atau menghancurkan peringkat Anda.
Bagaimana cara mengetahui deskripsi meta situs web Anda saat ini?
Langkah 1: Caranya mirip dengan cara kita menemukan judul halaman. Buka situs web Anda, tekan tombol F12 atau Ctrl + U untuk membuka kode sumber situs web Anda, atau klik kanan pada halaman web Anda dan pilih “view source” atau “inspect element”.
Langkah 2: Di bawah tag , Anda akan menemukan tag . Deskripsi meta halaman web Anda disebutkan di sana.
Bagaimana cara menulis deskripsi meta yang ramah SEO?
Deskripsi meta memainkan peran penting dalam SEO untuk hotel. Saat menulis judul meta, Anda harus mempertimbangkan hal-hal berikut:
Deskripsi meta Anda harus mendeskripsikan hotel Anda secara menyeluruh.
Ini harus mengandung kata kunci.
Tujuan sebenarnya dari deskripsi meta adalah untuk menyajikan informasi kepada pencari yang akan mendorongnya untuk mengklik dan masuk ke situs web Anda.
Contoh deskripsi meta yang baik:
Deskripsi meta yang ditulis dengan baik yang disukai oleh Google dan juga para pencari.
Deskripsi meta yang baik adalah bagian penting dari strategi SEO hotel, karena membuat pengunjung mengklik hasil pencarian.
Sekarang, izinkan saya memandu Anda melalui bagian terakhir namun sangat penting – URL halaman web.
URL Halaman Web
URL adalah alamat setiap halaman di situs web hotel Anda. Anda mungkin berpikir, bagaimana mungkin URL halaman web adalah bagian dari strategi SEO Anda?
Percayalah, hal ini memiliki dampak yang besar pada SEO hotel Anda. URL yang tepat membantu Anda melangkah jauh dalam perjalanan SEO.
Bagaimana cara menulis URL situs web yang ramah SEO?
URL Anda harus jelas dan mudah dipahami.
URL yang jelas: https://yourhotel.com/queen-rooms
URL yang membingungkan: https://yourhotel.com/rooms.php?pageid=9
Sertakan kata kunci yang Anda targetkan, tetapi jangan memasukkan kata kunci tambahan.
Pisahkan kata-kata dengan tanda hubung (garis miring), bukan garis bawah.
Jangan gunakan kata penghubung atau kata henti. (hindari kata-kata seperti: adalah, dari, untuk, dengan…)
Beberapa contoh URL hotel yang ideal adalah:
https://www.yourhotel.com/dining/
https://yourhotel.com/aboutus/
- Optimalkan Konten Situs Web Anda
Konten adalah RAJA dan strategi jitu dalam SEO situs web hotel Anda.
Mari kita mulai dengan konten halaman beranda Anda. Pertama, saya ingin Anda menambahkan kata kunci yang ditargetkan di tag h1.
Kemudian, tambahkan kata kunci yang sama ke dalam paragraf pertama halaman Anda dalam 100 kata pertama.
Saya juga menyarankan Anda untuk menulis setidaknya 800 hingga 1000 kata di beranda Anda yang mencakup kata kunci dan sinonimnya.
Ketika Anda memiliki lebih banyak konten (tentu saja relevan dan bermakna), maka akan ada peluang besar untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di mesin pencari. Karena, dengan konten seperti itu, pencari akan mendapatkan semua informasi yang dibutuhkan dan target audiens Anda dapat berinteraksi dengan Anda.
Anda dapat mengembangkan konten dalam bentuk blog, artikel, dan newsletter yang menarik bagi audiens Anda. Anda dapat menargetkan sejumlah besar kata kunci dengan konten tersebut.
Misalnya, Anda dapat menulis blog seperti 10 hal yang dapat dilakukan di Maladewa atau 10 akomodasi unik di Maladewa dan menambahkan kata kunci yang relevan di dalamnya untuk meningkatkan peringkat situs web Anda.
Sekarang, izinkan saya memberi tahu Anda bagaimana hal ini akan mendorong lalu lintas Anda. Beberapa wisatawan mungkin mencari langsung topik seperti – 10 hal yang dapat dilakukan di Maladewa, dan mereka menemukan blog Anda.
Saat membaca konten Anda, ada kemungkinan mereka akan memesan hotel Anda (jika konten Anda menarik!)
Selain itu, Anda dapat menulis tentang kota, tempat wisata, makanan atau masakan terkenal, dan banyak topik terkait lainnya.
SEO situs web hotel Anda tidak lengkap tanpa konten yang luar biasa. Anda harus berusaha untuk menghasilkan konten yang ingin dijelajahi oleh audiens Anda sebelum mereka memesan hotel Anda.
- Tambahkan Teks Alt ke Gambar
Teks alt gambar adalah teks alternatif yang muncul jika gambar tidak dapat ditampilkan. Inilah alasan mengapa menulis teks alternatif yang relevan untuk setiap gambar itu penting:
Mesin pencari tidak memahami gambar. Menambahkan teks alt pada gambar akan memberikan konteks pada mesin pencari sehingga mereka dapat mengindeks gambar Anda dengan tepat.
Teks alt membantu menampilkan ulang layar.
- Atur Judul dan Subjudul
Judul membantu pengguna dan mesin pencari untuk membaca dan memahami konten teks situs web Anda. Judul menentukan bagian mana dari konten Anda yang penting, dan menunjukkan bagaimana bagian-bagian tersebut saling berhubungan.
Konten yang terstruktur mudah dibaca oleh pengguna, sehingga lebih baik untuk SEO hotel Anda. Selain itu, judul memberi Anda peluang besar untuk menggunakan kata kunci fokus Anda.
Bagaimana cara menemukan tag judul?
Tag H digunakan untuk menentukan judul dan subjudul. Tag heading yang berbeda adalah H1, H2, H3, H4, H5, dan H6.
Langkah 1: Tekan tombol F12 atau Ctrl + U untuk membuka kode sumber situs web Anda atau, klik kanan pada halaman web Anda dan pilih “View Source” atau “Inspect Element.”
Langkah 2: Cari H1, H2, dan seterusnya. Mereka harus berada di dalam tanda kurung seperti ini.
Ini adalah teks saya
Langkah 3: Sertakan kata kunci fokus dalam tag H1.
Langkah 4: Pertahankan hierarki yang benar.
Contoh:
Selamat datang di Meraki Boutique Hotel, Manhattan (H1)
Layanan kami (H2),
Kamar (H2)
Saat menyesuaikan tag judul, jangan lupa bahwa konten Anda ditujukan untuk para pencari/pembaca situs web Anda (tidak hanya untuk tujuan SEO). Pastikan konten Anda dapat dibaca setelah menambahkan tag ini.
- Optimalkan Kecepatan Pemuatan Situs Web Anda
Kecepatan memuat adalah faktor lain yang sangat penting dalam SEO situs web hotel Anda. Anda harus mengakui fakta bahwa audiens Anda tidak sabar.
Saya tahu ini sedikit teknis, tetapi ini akan sangat membantu untuk memahami apa yang harus Anda tanyakan kepada perancang atau pengembang situs web Anda.
Berikut ini adalah cara untuk memeriksa kecepatan situs web Anda.
Buka Google Page Speed Insight.
Masukkan URL situs web Anda dan tekan analyze.
Skor situs web ini menunjukkan kecepatan muat situs web Anda.
Ini akan menunjukkan skor situs web Anda untuk seluler dan desktop. Selain itu, ini akan menyoroti area masalah di situs web Anda dan akan memandu Anda tentang cara mengatasinya.
Anda tidak perlu melihat ke dalam detail teknis. Fokus saja pada wawasan sebagai pelaku bisnis perhotelan. Anda dapat meminta penyedia situs web Anda untuk mengoptimalkan situs web Anda dan meningkatkan skor.
Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi waktu muat situs web Anda?
Gunakan plugin caching (hanya untuk website WordPress).
Lebih suka membangun situs web Anda dengan kerangka kerja yang ringan.
Anda dapat menggunakan beberapa plugin yang tersedia untuk mengurangi waktu muat.
Minimalkan dan gabungkan file.
Kurangi jumlah pengalihan di situs web Anda.
- Jadikan Situs Web Anda Ramah Seluler
Menurut penelitian, hampir 60% pencarian Google berasal dari perangkat seluler. Karena itu, penting bagi Anda untuk membuat situs web hotel Anda responsif sebagai bagian dari SEO untuk hotel.
Bagaimana cara memeriksa apakah situs web Anda ramah seluler?
Buka “Tes Ramah Seluler”
Masukkan URL situs web Anda dan tekan tombol enter atau tombol “Test URL”.
Pemeriksaan sederhana untuk mengetahui apakah situs web Anda dioptimalkan untuk seluler
Ini akan menunjukkan apakah halaman Anda ramah seluler atau tidak. Jika tidak ramah seluler, maka akan menampilkan masalah yang harus diperbaiki pada situs web Anda. Cukup ikuti saja atau minta perancang situs web Anda untuk memperbaikinya. Setelah diperbaiki, ujilah lagi.
Pertimbangkan hal-hal berikut ini untuk membuat situs web Anda responsif:
Pastikan kecepatan memuat situs web Anda di perangkat lain juga.
Sertakan ‘Viewport Meta Tag’.
Buatlah ukuran tombol Anda cukup besar agar dapat berfungsi di perangkat seluler.
Gunakan ukuran font yang besar.
Kompres gambar dan CSS Anda.
Lakukan pengujian seluler.
- Buat dan Kirimkan Peta Situs
Seperti namanya, peta situs adalah peta untuk situs web Anda. Peta ini menunjukkan semua halaman yang ada di situs web Anda.
Sitemap adalah file tempat Anda dapat mencantumkan halaman web situs Anda untuk memberi tahu mesin pencari tentang organisasi konten situs Anda. Mesin pencari membaca file ini untuk merayapi situs Anda. Itulah mengapa penting untuk membuat peta situs sebagai bagian dari SEO untuk hotel.
Jadi, bagaimana cara membuat XML Sitemap?
Saat ini, sistem manajemen konten modern menghasilkan peta situs XML secara otomatis. Anda hanya perlu mengaktifkannya.
Namun, membuat XML saja tidak cukup.
Setelah peta situs Anda dibuat, langkah selanjutnya adalah mengirimkannya ke Google Search Console.
Saya tahu, Anda mungkin menganggap ini hal yang teknis. Tapi, jangan khawatir!
Cukup minta perancang situs web Anda untuk membantu Anda dalam hal ini. Atau jika Anda telah menyewa agensi atau pekerja lepas untuk SEO, mereka juga dapat membantu Anda dalam hal ini. Bahkan, mereka mungkin sudah melakukan hal ini.
- Susun Konten Anda
Skema, atau data terstruktur, adalah kode yang membantu mesin pencari memahami bagian data tertentu dari situs web Anda.
Skema adalah salah satu cara terbaik untuk mengoptimalkan situs web hotel dan bagian penting dari strategi SEO Anda. Schema memberikan informasi yang lebih relevan kepada pengguna dengan cara yang terorganisir.
Ada banyak hal yang dapat Anda tambahkan ke markup skema situs web Anda.
Alamat jalan
Nomor telepon
Deskripsi
Peringkat bintang
Suhu di sekitar hotel
Foto hotel Anda
Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)
Tarif kamar yang umum/kisaran harga
Jam buka resepsionis/jam check-in
URL peta
Fitur dan layanan, seperti pusat kebugaran atau kolam renang
Perusahaan induk, jika Anda merupakan bagian dari jaringan
Bahasa yang digunakan oleh tim Anda
Sebagai contoh: Beginilah cara peringkat bintang dan Pertanyaan Umum yang ditambahkan di Skema ditampilkan di penelusuran Google
baca juga
- 6 Konsep SEO Terkini
- SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye
- FAQ SEO
- 19 Kesalahan Pemasaran Email
- Google Core Web Vitals
Kualitas yang Harus Dimiliki Dalam Bisnis Hotel
Meskipun anda tidak berinteraksi secara langsung dengan tamu anda, sikap anda dapat tercermin melalui manajemen anda hingga ke karyawan anda. Sebuah hotel yang sukses memiliki kualitas khusus yang dimiliki, diantaranya adalah sebagai berikut.
- Keinginan dalam melayani
- Kebutuhan dalam menyenangkan tamu
- Kemampuan kepemimpinan yang baik
- Kegigihan
- Kerja keras
- Sehat jasmani dan rohani
- Kemampuan dalam menangani pekerjaan
Cara Membangun Bisnis Hotel , Riset Pasar dan Sasaran Pasar
Sebelum anda merencanakan bisnis hotel untuk dipresentasikan pada investor untuk pendanaan, maka anda dapat melakukan riset pasar dan sasaran pasar anda. Riset pasar ini akan membentuk sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan, sebelum anda dapat mulai memikirkan hal-hal lain seperti hotel dan operasi yang sebenarnya.
Selain itu, penting juga untuk memahami secara mendalam target pasar utama anda. Anda tidak dapat memulai sebuah hotel baru tanpa terlebih dahulu mengetahui apa yang diinginkan pasar anda.
Anda juga tidak dapat menciptakan pengalaman tamu yang luar biasa jika anda berencana untuk hanya memenuhi semua kebutuhan, karena kebutuhan setiap target pasar berbeda-beda.
Buat Rencana
Dalam memulai bisnis hotel rencana bisnis yang terperinci merupakan sebagai fondasi anda. Tidak hanya menentukan keberhasilan hotel anda dan peluncurannya, namun juga menghilangkan pemborosan waktu. Jika anda tidak memiliki rencana bisnis hotel, maka anda tidak akan tahu apa yang harus anda lakukan, dan anda akan menemukan bisnia hotel anda terus-menerus tertinggal.
Selain itu, tanpa rencana bisnis hotel maka tidak ada yang akan mendanai ide anda atau berinvestasi di dalamnya. Luangkan waktu untuk memvisualisasikan seperti apa impian hotel anda, lakukan riset pasar, tentukan sasaran market dan lokasi hotel anda dibangun.
Setelah anda mempunyai rencana tersebut kemudian anda dapat mepresentasikan pada investor agar dapat mendanai ide hotel yang akan anda bangun.
Lokasi
Tentukan lokasi yang ideal untuk hotel anda. Lokasi memainkan peran besar dalam keberhasilan hotel baru anda. Oleh karena itu, para pebisnis membutuhkan lokasi yang lebih sentral atau tempat yang mudah untuk mendapatkan transportasi.
Pemilihan lokasi ini bisa disesuaikan denga sasaran pasar yang anda rencanakan. Misalnya jika sasaran pasar anda untuk keluarga, maka mereka akan menginginkan hal-hal yang dapat mereka lakukan bersama yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal mereka.
Jika untuk pasangan suami istri mungkin ingin menghidupkan kembali romansa dengan jalan-jalan di pantai dan hal-hal menyenangkan seperti bungee jumping. Sehingga penting untuk mendapatkan lokasi yang tepat dengan sasaran pasar anda.
Modal
Ingatlah bahwa orang hanya akan membantu anda jika mereka yakin hotel anda akan menghasilkan uang mereka. Oleh karena itu, pastikan rencana anda kuat dan dipikirkan dengan matang, lalu sampaikan kepada investor untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan.
Sangat penting untuk menunjukkan kepercayaan diri bahwa anda telah cukup memikirkan ide bisnis baru anda.
Dengan rencana bisnis yang matang, maka anda dapat mempresentasikannya kepada para investor untuk membantu pendanaan bisnis anda. Anda tidak pernah tahu siapa yang akan percaya pada dengan ide yang tertuang pada rencana bisnis anda.
Pastikan untuk memperlakukan mereka sebagai investor, meskipun dengan teman dan keluarga. Hindari godaan untuk ceroboh dalam menyajikan ide anda kepada mereka sekalipun mereka teman atau keluarga.
Ketika meminta modal kepada siapapun, pastikan anda siap dan jelas tentang angka-angkanya. Hal ini penting karena merupakan petunjuk pertama apakah anda akan menjadi pendiri bisnis yang baik dan dapat mereka percayai.
Rekrut Karyawan dan Latih Tim
Salah satu langkah paling penting untuk membuat seluruh bisnis hotel berjalan sesuai rencana yaitu dengan merekrut karyawan hotel yang tepat untuk membantu anda dalam mencapai visi bisnis hotel anda.
Dapatkan bantuan dari seorang profesional untuk membuat tes kepribadian, agar menemukan orang-orang yang memiliki karakteristik yang sesuai.
Pastikan untuk melatih manajer dan staf hotel anda untuk mengikuti proses dan memberdayakan mereka untuk menangani tamu juga menangani keluhan. Latih mereka untuk melakukan apapun untuk melayani orang-orang yang tinggal di hotel anda.
Izin dan Zonasi
Anda perlu berkonsultasi dengan pemerintah setempat untuk memahami zonasi, izin, dan kode bangunan sebagai pemilik hotel baru.
Hal ini dilakukan untuk keramahtamahan, dan untuk mendapatkan gambaran tentang berapa biaya untuk rencana keuangan anda.Penting bagi anda untuk menanyakan izin dan zonasi yang diperlukan.
Meletakkan Sistem Pada Tempatnya
Dengan mempertimbangkan rencana bisnis hotel anda, maka anda akan mempertimbangkan sistem mana yang perlu diterapkan untuk meningkatkan efisiensi operasional.
Misalnya, anda mungkin berpikir tentang cara memudahkan orang memesan hotel anda, dan salah satu caranya adalah dengan menggunakan aplikasi hotel. Ide yang bagus adalah membawa konsultan manajemen proses profesional untuk membantu memberikan gambaran tentang bagaimana mengembangkan sistem manajemen hotel yang disesuaikan.
Manfaat dan Tips Berjualan Via Situs Web Untuk Bisnis Hotel
Bagi mereka yang mencari hotel, situs web menjadi salah satu pencarian potensial
saat melakukan pencarian di google. Terdapat beberapa tips berjualan via situs web untuk bisnis hotel, yaitu.
Tawarkan Penawaran Terbaik Melalui Situs Web
Manfaatkan salah satu alat paling canggih yaitu situs web hotel anda. Calon wisatawan akan menemukan anda di pencarian google dan akan mengunjungi situs web khusus merek anda sebelum benar-benar memesan kamar.
Oleh karena itu, saat itulah anda dapat menarik mereka masuk dan mengambil tindakan. Tingkatkan trafficsitus web dengan tampilan diagram interaktif.
baca juga
- 6 Konsep SEO Terkini
- SEO Politik Untuk Pemasaran Kampanye
- FAQ SEO
- 19 Kesalahan Pemasaran Email
- Google Core Web Vitals
Ramah Pengguna dan Perhatikan Tampilan
Ide paling cemerlang tentang cara meningkatkan traffic untuk situs web anda akan sia-sia jika kompatibilitas seluler kurang.
Maka pastikan situs web anda ramah pengguna seluler. Pastikan situs web hotel anda tidak menggunakan Flash atau program lain yang tidak disinkronkan untuk ponsel cerdas atau tablet. Secara otomatis menyesuaikan ukuran foto dan teks untuk layar yang lebih kecil.
Memiliki pemisahan yang cukup antar tautan sehingga pelanggan dapat mengetuk dan membuka tanpa tumpang tindih.
Isi Website Hotel dengan Konten yang Menarik
Pilihan konten pada situs web tidak terbata, anda dapat membuat beberapa konten seperti artikel, posting blog hotel, panduan tempat wisata lokal, visual hotel seperti tur virtual dan galeri foto, video dan lainn sebagainya. Jenis konten substansial ini akan menarik pengunjung untuk meningkatkan traffic situs web dan pelanggan hotel anda.
Gunakan Ulasan Pelanggan Hotel Untuk Keuntungan Anda
Ulasan pelanggan sangat membantu dalam meningkatkan traffic situs web anda. Oleh karena itu, menambahkan opsi ulasan ke situs web akan memberi anda cara lain untuk memikat pengunjung. Karena sebagian besar wisatawan tidak akan memesan kecuali mereka telah melihat ulasan hotel terlebih dahulu.