uqwo – Algoritma SEO dan Pembaruan Berita 2023
Lanskap SEO selalu berkembang dan awal tahun 2023 tidak berbeda! Meskipun tidak setiap pembaruan atau peningkatan relevan untuk setiap bisnis, ada tren dan topik yang memiliki aplikasi untuk banyak,
Berikut adalah hal-hal yang telah terjadi dalam satu bulan terakhir yang penting untuk dipikirkan oleh semua pelanggan BrightEdge saat mereka menjalankan program SEO mereka.
Peluncuran Pembaruan Konten yang Bermanfaat Telah Selesai
Google baru-baru ini menyelesaikan implementasi “Pembaruan Konten Bermanfaat” pada tanggal 12 Januari 2023. Pembaruan ini pertama kali diumumkan pada bulan Agustus 2022, dengan tujuan untuk mengurangi konten hasil pencarian yang tidak memiliki nilai orisinal.
Pedoman Google adalah untuk menghindari konten yang tidak orisinal atau turunan yang tidak “bermanfaat” dan pembaruan ini membutuhkan waktu beberapa bulan untuk diluncurkan secara global.
Beberapa situs web mengalami perubahan peringkat selama waktu ini, namun, jika Anda mengikuti pedoman konten Google, situs Anda seharusnya tidak terpengaruh secara negatif. Pembaruan ini menekankan pentingnya membuat konten yang unik dan berharga untuk situs web Anda.
Mengapa ini penting: Karena konten yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan menjadi semakin lazim, kemungkinan besar Google akan menerapkan langkah-langkah baru untuk memastikan bahwa hasil pencariannya memberikan nilai maksimum kepada pengguna.
Salah satu langkah tersebut dapat berupa identifikasi konten yang sangat berguna melalui mekanisme penandaan. Dengan demikian, Google dapat terus mempromosikan relevansi dan keandalan hasil pencariannya, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.
Konten yang Dihasilkan AI
Pengenalan ChatGPT telah membangkitkan minat yang luas terhadap potensi teknologi AI. Dalam satu bulan terakhir, kami telah mengeksplorasi implikasi ChatGPT untuk SEO. Salah satu kegunaan utamanya adalah menghasilkan konten yang mirip manusia dalam skala besar, yang dapat berdampak positif pada hasil SEO.
Namun, seperti halnya teknologi baru lainnya, penting untuk mempertimbangkan potensi tantangan saat mengintegrasikan ChatGPT ke dalam alur kerja Anda. Pertama, perlu dicatat bahwa data pelatihan ChatGPT hanya berlaku hingga tahun 2021, yang berarti data tersebut mungkin tidak secara akurat mencerminkan perkembangan yang lebih baru.
Kedua, ada kemungkinan bahwa konten yang dihasilkan oleh ChatGPT mungkin tidak memenuhi standar plagiarisme dan mungkin mengandung ketidakakuratan, yang telah menjadi perhatian bagi beberapa pengguna awal.
Terlepas dari pertimbangan ini, kami mendorong pelanggan BrightEdge untuk bereksperimen dengan ChatGPT dan menemukan cara-cara inovatif untuk memanfaatkan platform ini.
Mengapa ini penting: Kehebohan seputar peluncuran ChatGPT telah membawa perhatian pada kemampuan teknologi AI.
kami telah memasukkan AI dan fungsionalitas serupa ke dalam platform kami. Namun, dengan peningkatan aksesibilitas yang disediakan oleh ChatGPT, kemungkinan besar lebih banyak organisasi akan mengadopsi teknologi ini dan memanfaatkan fungsinya untuk mengotomatiskan tugas-tugas manual dalam skala besar.
Perkembangan ini dapat menghasilkan lanskap konten yang semakin kompetitif dalam hasil pencarian.
E Ditambahkan ke E-A-T pada bulan Desember
Google menggunakan E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) untuk menentukan pengalaman positif dalam hasil pencarian. E-A-T berarti konten harus menunjukkan keahlian yang jelas pada subjek, memberikan otoritas dan kredibilitas, dan menjadi sumber yang dapat dipercaya.
Algoritme Google dirancang untuk mengukur elemen-elemen ini, dan perusahaan menggunakan editor manusia dengan Panduan Penilai Kualitas untuk menilai kualitas situs web.
Tahun ini, Google menambahkan “E” tambahan untuk Experience, yang mengacu pada apakah konten tersebut menunjukkan pengalaman dengan subjek tersebut.
Hal ini mungkin merupakan upaya untuk membedakan antara konten yang dihasilkan oleh AI tanpa pengalaman langsung dan konten yang ditulis oleh manusia dengan pengalaman langsung dan orisinil.
Sumber
Mengapa ini penting: Penggunaan AI dalam pembuatan konten harus memprioritaskan kualitas daripada kuantitas. Konten yang menunjukkan pengalaman dengan subjek akan membangun kredibilitas dan memberikan konteks yang lebih baik. Terlepas dari kemudahan membuat konten dalam jumlah besar dengan AI, sangat penting untuk mempertahankan elemen manusia.
Google Secara Otomatis Mengonfigurasi GA4
Mulai Maret 2023, Google akan mengonfigurasi properti GA4 untuk pengguna yang belum menyiapkannya dengan pengaturan dasar.
Langkah ini dilatarbelakangi oleh rencana Google untuk berhenti mengumpulkan data pada akun Universal Analytics pada bulan Juli dan berhenti menyimpan data Universal Analytics pada bulan Desember 2023.
Untuk menjaga kesinambungan, pemasar perlu mencari solusi alternatif untuk menyimpan data historis mereka. Konfigurasi otomatis properti GA4 akan menggunakan data Universal Analytics yang sudah ada seperti kejadian konversi, tautan Google Ads, dan tag situs web.
Sumber
Mengapa ini penting: siap untuk membuat transisi dari Universal Analytics ke GA4 menjadi lancar bagi para pemasar. Google secara proaktif menyiapkan akun GA4 dan memindahkan tujuan dan konfigurasi, yang seharusnya menyederhanakan prosesnya. Namun, perpindahan dari Universal Analytics ke GA4 merupakan hal yang signifikan.
Panel Pengetahuan Google – Gambar Terbaru
Google telah menambahkan fitur baru pada beberapa panel pengetahuannya dalam bentuk korsel foto “gambar terbaru”.
Fitur ini menampilkan foto terbaru yang diambil dan dipublikasikan untuk pencarian yang relevan, seperti acara.
Merek dengan panel pengetahuan atau yang menargetkan acara tertentu harus memastikan gambar mereka memiliki markup terstruktur dan artikel mereka menampilkan gambar terbaru untuk memanfaatkan fitur ini.
Sumber
Mengapa ini penting: Penekanan Google pada konten terbaru dalam hasil pencarian menghadirkan tantangan dan peluang bagi merek.
Meningkatnya persaingan dalam SEO menciptakan titik masuk bagi para pesaing untuk menjadi lebih terlihat di ruang merek, namun, hal ini juga menawarkan cara baru bagi merek untuk tetap menonjol di halaman hasil pencarian dengan mempromosikan foto-foto terbaru di panel pengetahuan mereka.
Google Menjawab Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Pemulihan
Dalam sesi jam kerja Google SEO baru-baru ini, ada pertanyaan yang diajukan mengenai waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari penalti algoritmik untuk konten berkualitas buruk. Google menjawab bahwa proses evaluasi setelah membersihkan konten berkualitas rendah dapat memakan waktu beberapa bulan dan menekankan pentingnya memperbaiki sebanyak mungkin konten berkualitas rendah.
Meskipun penalti algoritmik bukanlah hal yang umum terjadi, jawaban ini menyoroti pentingnya mengikuti pedoman Google untuk kualitas konten. Sesi jam kerja tidak memberikan daftar lengkap konten yang dapat mengakibatkan penalti, tetapi menekankan bahwa konten berkualitas buruk atau konten yang tidak memenuhi pedoman pengiklan dapat dikenakan penalti.
Sumber
Mengapa ini penting: Waktu yang dibutuhkan untuk pulih dari penalti algoritmik tidak pernah ditentukan, tetapi bulan ini telah diindikasikan bahwa ini bukanlah proses yang cepat. Google akan membutuhkan waktu beberapa bulan untuk mengevaluasi ulang sebuah situs web setelah membersihkan konten berkualitas rendah.
Sangat penting untuk mengikuti pedoman Google untuk pembuatan konten agar tidak terkena penalti algoritmik dan mengalami hasil organik yang buruk dalam waktu yang lama.
Google Menekankan Beberapa Sinyal Tanggal
Seorang pengguna menandai kesalahan ke Google di umpan berita mereka dan setelah menerimanya, Google telah menekankan pentingnya menggunakan beberapa sinyal tanggal di halaman web untuk memastikan tanggal yang benar ditampilkan di hasil penelusuran.
Hal ini sangat penting dalam menjaga kredibilitas dan keandalan situs web, karena tanggal yang tidak akurat atau ketinggalan zaman dapat menyebabkan kebingungan dan menghalangi pengunjung potensial.
Baik Google maupun penerbit memiliki peran dalam memastikan tanggal yang benar ditampilkan di SERP.
Penghubung pencarian Google, Danny Sullivan, menautkan ke dokumentasi Google tentang pengaruh tanggal baris dalam hasil pencarian yang menyatakan bahwa Google tidak bergantung pada satu faktor tanggal, tetapi menggunakan beberapa faktor untuk menentukan perkiraan terbaik kapan sebuah halaman diterbitkan atau diperbarui.
Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi penerbit untuk mengikuti praktik terbaik Google untuk tanggal artikel guna membantu algoritme Google menemukan dan memproses informasi secara akurat.
Praktik terbaik untuk tanggal artikel di hasil pencarian Google meliputi penggunaan elemen , tag lastmod, tag pubdate, dan tag article:published_time.
Selain tag HTML ini, menjaga konten tetap segar juga dapat meningkatkan kemungkinan Google menampilkan tanggal yang benar.
Penerbit juga harus menghindari sinyal yang membingungkan, seperti menampilkan beberapa tanggal pada halaman yang sama, dan sebagai gantinya mengikuti panduan Google untuk memiliki satu tanggal dan waktu yang jelas dan terlihat di antara judul dan teks artikel.
Meskipun Google sedang berupaya meningkatkan kemampuannya untuk mendeteksi dan menampilkan tanggal artikel, namun tetap disarankan bagi para penerbit untuk mengikuti praktik terbaik ini.
Memastikan tanggal yang benar ditampilkan di hasil pencarian sangat penting dalam menjaga kredibilitas dan keandalan situs web, dan pada akhirnya, menarik pengunjung potensial.
Sumber
Mengapa ini penting: Saat kita meningkatkan produksi konten, penting untuk memberikan sinyal yang jelas kepada Google mengenai tanggal publikasi konten. Hal ini membantu Google memahami kapan konten dibuat dan menghindari kesalahpahaman. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa konten Anda diindeks dengan benar dan mendapatkan visibilitas yang layak.
baca juga
- Cerita Klien
- MUVERA Jurus Rahasia Google Biar Search Makin Pinter & Cepet
- Bikin Cluster SEO Cara Ngebangun Otoritas Tanpa Ribuan Artikel
- Taktik SEO Lokal Tanpa Google Maps, Gimana Tetap Ranking Buat Wilayah Tertarget
- SEO untuk Video, Cara Ranking YouTube dan Google Sekaligus
Pengguliran Berkelanjutan
Fitur Continuous Scroll telah diimplementasikan sepenuhnya untuk semua penelusuran desktop, sehingga pengguna dapat menggulir daftar penelusuran dengan lancar hingga hasil ke-60, daripada harus mengklik satu per satu halaman.
Google berpendapat bahwa hal ini berpotensi meningkatkan keterlibatan pengguna dengan hasil pencarian organik yang memiliki peringkat lebih rendah karena menggulir lebih mudah daripada mengklik ke halaman kedua.
Fitur itu sendiri sedang disempurnakan secara terus menerus karena perkembangan dan fitur baru terus ditemukan lebih dalam di situs ini. Perubahan ini tidak mempengaruhi metodologi pelacakan peringkat
karena jumlah hasil tetap tidak berubah. Untuk menyelaraskan dengan pendekatan Google di Search Console, fitur ini dirancang untuk memberikan hasil pencarian yang lebih komprehensif.